Jenius QR Dukung Pembayaran di Merchant Offline secara Contactless Jenius QR Dukung Pembayaran di Merchant Offline secara Contactless ~ Teknogav.com

Jenius QR Dukung Pembayaran di Merchant Offline secara Contactless


Teknogav.com - Bank BTPN melalui Jenius kembali meluncurkan inovasi untuk membantu pembayaran ke merchant offline di masa new normal secara contactless. Inovasi ini adalah fitur Jenius QR untuk melakukan pembayaran dengan QR code. Pembayaran dengan QR code ini juga menggunakan sistem QRIS untuk bisa melakukan pembayaran lintas bank atau dompet digital. Sistem QRcode memungkinkan untuk bertransaksi langsung tanpa sentuhan, sehingga mencegah risiko penularan virus.

Pada transaksi menggunakan uang tunai, kartu debit dan kartu kredit terjadi perpindahan fisik uang atau kartu antara pelanggan dan kasir. Di masa Covid-19 masih mengancam, tentu hal tersebut sangat berisiko. Kehadiran Jenius QR akan menghindari risiko tersebut sehingga mendukung kenyamanan bertransaksi ala masyarakat digital savvy Indonesia.

Waasi Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN
“Jenius mendengar kebutuhan digital savvy akan cara pembayaran yang mudah dan simpel melalui proses kokreasi. Salah satu kebutuhan tersebut adalah layanan transaksi non-tunai, sehingga kami memperkenalkan Jenius QR sebagai metode pembayaran baru secara non-tunai. Transaksi pun lebih simpel, cerdas dan aman,” ucap Waasi Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN.

Sama dengan aplikasi perbankan lain yang sudah mendukung pembayaran dengan QRcode, transaksi dengan Jenius QR akan langsung memotong saldo aktif. Kelebihannya tentu saja terintegrasi dengan berbagai fitur aplikasi Jenius lainnya, termasuk moneytory yang baru-baru ini diluncurkan. Semua transaksi yang dilakukan dengan Jenius QR terhubung langsung dengan saldo aktif dan otomatis dicatat dalam Moneytory.
Keunggulan Jenius QR
Jenius berusaha memahami perilaku masyarakat digital savvy dengan melakukan studi terhadap 307 masyarakat digital savvy Indonesia. Penelitian dituangkan dalam laporan “Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa digital savvy di wilayah Jabodetabek mulai beralih menggunakan pembayaran non-tunai dalam bertransaksi di masa new normal.

“Kebutuhan digital savvy berkembang begitu dinamis. Jenius pun ingin terus hadir memberikan solusi life finance yang semakin simpel, cerdas, dan aman melalui proses kokreasi dan kolaborasi. Semoga fitur baru ini dapat bermanfaat dan mendukung ekosistem pembayaran non-tunai dan integrasi ekonomi digital di Indonesia,” lanjut Waasi.
Jenius QR bisa digunakan di seluruh jaringan QRIS
Para digital savvy dapat menggunakan Jenius QR untuk bertransaksi di jaringan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Penggunaan QRIS memungkinkan untuk bertransaksi lintas layanan dompet digital seperti DANA, GoPay, OVO, ShopeePay dan lain-lain. Pembayaran ke merchant yang menggunakan QRIS perbankan seperti CIMB Niaga dan Pemata pun bisa dengan mudah dilakukan secara gratis. Transaksi yang dijalankan tanpa kontak tentu saja menjamin pengguna untuk terhindar dari risiko penularan penyakit.

Minimal pembayaran yang bisa dilakukan dengan Jenius QR adalah Rp10 ribu dan maksimal Rp2 juta. Pembayaran berlaku di semua merchant yang sudah menerapkan pembayaran dengan QRIS, termasuk toko dan restoran. Cara pembayaran cukup mudah, cukup memindari QR code yang biasanya diletakkan di kasir atau tempat pembayaran.
Keamanan berlapis Jenius QR
Keamanan pembayaran dengan QRIS pun berlapis, karena aplikasi Jenius dilengkapi dengan pengamanan menggunakan biometrik sidik jari, pengenalan wajah dan PIN. Jenius juga menyediakan fitur untuk melakukan autentikasi transaksi dengan memasukkan kata sandi setiap ingin melakukan pembayaran. Limit untuk transaksi pun bisa diatur sesuai kebutuhan.

Jenius terus berinovasi dan melakukan edukasi bagi I dengan tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengguna. Pada ulang tahun Jenius ke-4 di bulan Agustus nanti, Jenius juga siap mengumumkan begitu banyak inovasi lain bagi teman Jenius.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email