Qualcomm Quick Charge 5, Isi Daya 50% Hanya 5 Menit Qualcomm Quick Charge 5, Isi Daya 50% Hanya 5 Menit ~ Teknogav.com

Qualcomm Quick Charge 5, Isi Daya 50% Hanya 5 Menit


Teknogav.com - Kini semakin banyak perusahaan teknologi memperkenalkan inovasi pengisian daya cepat karena meningkatnya kebutuhan daya untuk teknologi yang lebih canggih. Qualcomm Technologies, Inc. pun memperkenalkan Qualcomm Quick Charge 5 yaitu teknologi pengisian daya smartphone Android yang lebih cepat dan efisien dibanding versi sebelumnya.

Quick Charge 5 merupakan platform pengisian daya cepat yang mendukung pengisian dengan daya lebih dari 100 W pada smartphone. Kemampuannya untuk mengisi daya dari kosong sampai setengah penuh hanya membutuhkan waktu lima menit pada baterai berkapasitas 4500 mAh. Ini merupakan kemampuan pengisian daya smartphone tercepat saat ini.


Keunggulan dan Keamanan Quick Charge 5

fitur-fitur Qualcomm Quick Charge 5
Efisiensi Quick Charge 5 lebih tinggi 70% dibandingkan Quick Charge 4. Dukungan efisiensi ini berkat Qualcomm Battery Saver dan teknologi baru Qualcomm Smart Identification of Adapter Capabilities. Perpaduan teknologi tersebut juga meningkatkan siklus umur baterai pada perangkat dan meningkatkan pengamanan.

Keamanan yang tinggi juga dijamin teknologi Dual/Triple Charge, input voltase adaptif, INOV4, 12 voltase terpisah, proteksi arus listrik dan suhu. INOV adalah intelligent negotiaon for optimum voltage yang merupakan algoritma hasil pengembangan Qualcomm Technologies. Algoritma ini dirancang untuk memungkinkan perangkat portabel mengoptimalkakn penghantaran daya dengan menentukan tingkat daya yang dibutuhkan setiap saat.

Selain itu terdapat perlindungan dari tegangan input USB berlebih pada 25 V dan pengendalian daya eksternal yang melebihi 30 V. Saat bekerja, suhu Quick Charge 5 juga lebih dingin 10 derajat dibandingkan Quick Charge 4. Jika dibandingkan Quick Charge 1, penghantaran daya Quick Charge 5 mengalami peningkatan 10 kali lipat. Sedangkan jika dibandingkan dengan Quick Charge 4, maka kinerja pengisian daya Quick Charge 5 lebih cepat empat kali. Solusi ini juga mendukung penghantaran daya 20 volt dan baterai 2S (dua sel dalam satu rangkaian).

“Quick Charge 5, solusi pengisian daya kami yang paling cepat dan serbaguna akan memungkinkan pengguna menikmati perangkat mereka lebih lama. Tak perlu mengkhawatirkan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya. Kami dengan bangga memperluas portofolio teknologi kami dan membawa pengisian daya di atas 100W secara komersial, Kerja sama dengan para manufaktur dilakukan untuk menciptakan perangkat unggulan di industri dan menjawab kebutuhan konsumen. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman mobile yang lebih imersif dan mudah diakses,” ucap Ev Roach, VP Product Management dari Qualcomm Technologies, Inc.

Optimasi Quick Charge 5 dilakukan menggunakan Qualcom SMB1396 dan Qualcomm SMB1398 yang dirancang untuk memberikan efisiensi maksimum lebih dari 98%. Ini adalah power management integrated circuit (PMIC) tingkat premium generasi selanjutnya. Teknologi ini mendukung baterai 1SnP dan 2SnP, serta jalur input dengan kabel dan nirkabel. Selain itu juga bisa melakukan operasi adaptif berbasis sumber daya listrik (3 lvel buck dan DIV/2). Teknologi ini juga mendukung skalabilitas, baik primer maupun sekunder untuk menyediakan daya yang lebih tinggi. Rangkaian juga mendukung input voltase lebih dari 20 V untuk mengakomodasi tingkat daya paling tinggi, baik menggunakan kabel maupun nirkabel.

Ekosistem Quick Charge 5


Quick Charge sudah tersedia di lebih dari 1.200 smartphone, aksesori dan controller,  mulai dari adapter mobil sampai docking stations. Teknologi ini menggabungkan ekosistem pengisian daya ponsel dan laptop. Quick Charge 5 kompatibel dengan generasi sebelumnya yang mencakup Quick Charge 2.0, 3.0, 4, 4+ dan ponsel dengan platform Snapdragon.

“Solusi Quick Charge tersedia secara luas pada berbagai jenis ponsel. Generasi terbaru dari Quick Charge 5. Teknologi ini menyediakan kemampuan pengisian daya yang superior, membantu memperpanjang umur baterai pada perangkat dan mengurangi suhu panas yang dikeluarkan. Xiaomi selalu berkomitmen untuk memimpin pengadopsian teknologi baru secara proaktif dan mempercepat realisasi pengalaman yang semakin sempurna. Di masa depan, akan lebih banyak pengguna Xiaomi yang dapat menikmati pengalaman pengisian daya yang cepat, aman, dan superior dari Quick Charge 5,” ucap Zhang Lei, Vice President dan Hardware R&D General Manager Mi Phone di Xiaomi.

Quick Charge 5 adalah aksesoris terpisah yang memungkinkan pengisian daya yang bervariasi pada perangkat mobile. Solusi ini mendukung fungsi kemampuan pengisian daya lebih dari 100 W seperti dengan solusi 45 W sebelumnya. Pengguna tak harus membeli aksesori tambahan yang sudah disertifikasi Quick Charge pada seluruh perangkat. Pengoptimalan Quick Charge 5 dilakukan untuk mendapat manfaat dari teknologi USB-PD dan Type-C yang menjawab kebutuhan Android di masa depan.

Uji coba Quick Charge 5 sedang dilakukan dan diharapkan hadir pada perangkat komersil pada kuartal ketiga 2020.  Quick Charge 5 akan mendukung Snapdragon 865, 865 Plus dan platform Snapdragon mobile premium lain di masa depan. Informasi mengenai Quick Charge 5 ini bisa dilihat pada situs resmi Qualcomm atau pada tautan ini.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email