Qualcomm Snapdragon 720G Dukung Kinerja OPPO Reno4 di Indonesia Qualcomm Snapdragon 720G Dukung Kinerja OPPO Reno4 di Indonesia ~ Teknogav.com

Qualcomm Snapdragon 720G Dukung Kinerja OPPO Reno4 di Indonesia

Teknogav.com - OPPO memang kerap kali menghadirkan spesifikasi berbeda pada seri yang sama di negara yang berbeda. Kali ini OPPO Reno4 yang akan diluncurkan pada Agustus nanti memiliki prosesor berbeda dari versi negara lain. Jika di beberapa negara lain Reno4 dibekali dengan Snapdragon 765G, maka di Indonesia harus puas dengan Snapdragon 720G. Strategi penerapan spesifikasi yang berbeda di negara berbeda memang kerap dilakukan produsen smartphone untuk menyesuaikan pasar di negara tersebut. Alasan OPPO menggunakan Snapdragon 720G untuk pasar Indonesia agar pengguna tak membayar lebih untuk fitur 5G yang belum bisa dipakai.

Tak perlu bersedih dengan adanya penurunan spesifikasi pada Reno4 di Indonesia, Snapdragon 720G tetap akan menunjang kinerja smartphone tersebut. Prosesor ini akan mendampingi kinerja Reno4 dalam menjalankan fitur-fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang terintegrasi. OPPO berharap Reno4 bisa menjadi perangkat fotografi smartphone di kelasnya. Hal ini dilakukan dengan membekali teknologi pencitraan yang inovatif dengan fitur kamera terkini. Keandalan kinerja dan fitur Reno4 tentu saja juga didukung antarmuka ColorOS 7.2 yang mengemas sistem operasi Android 10.

OPPO Reno4

Qualcomm Snapdragon 720G dan 30W VOOC 4.0

fitur-fitur Qualcomm Snapdragon 720G
Seperti telah diungkapkan sebelumnya, Reno4 versi Indonesia menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G. Produksi chipset ini dilakukan dengan proses 8 nm, cukup disayangkan ya karena Snapdragon 765G menggunakan proses 7 nm. Kendati demikian, baik Snapdragon 720G maupun Snapdragon 765G sama-sama menggunakan semikonduktor Low Power DDR4X. Jika melihat hasil benchmark, kinerja single-core Snapdragon 765G mengalami peningkatan 4% dibandingkan Snapdragon 720G. Sedangkan pada multi-core peningkatannya 5%. Jadi tak usah terlalu bersedih ya, toh hanya selisih sedikit.
perbandingan Snapdragon 720G dan Snapdragon 765G (sumber: nanoreview.net)
Bandingkan dengan Reno3 Pro yang menggunakan MediaTek P95 saja yuk, biar terasa ada peningkatan pada kinerja Snapdragon 720G. Nah, kali ini Snapdragon 720G memiliki peningkatan kinerja single-core sekitar 46%, sedangkan untuk multi-core peningkatannya sekitar 26%. Perbandingan kinerja antara MediaTek P95 dan Snapdragon 720G ini dilakukan menggunakan GeekBench.  Pada pengujian menggunakan Manhattan, kinerja Snapdragon 720G ini mengalami peningkatan sekitar 40% dibandingkan MediaTek P95.
Perbandingan kinerja Reno4 dan Reno3 Pro
Nah, sudah mulai terhibur kan jika membandingkan Reno4 dengan Reno3 Pro, agar lebih senang, mari beralih ke teknologi pengisian daya. Reno4 sudah mengandalkan VOOC 4.0 untuk mengisi daya menggunakan catu daya sampai 5V/6A 30 W. Teknologi tersebut bisa mengisi baterai berkapasitas 4015 mAh dari kondisi kosong sampai 50% hanya dalam waktu 20 menit. Jika ingin mengisi baterai sampai 100% penuh, maka dibutuhkan waktu 57 menit.
Fitur VOOC 4.0

AON Smart Sensor

AON Smart Sensor
Sensor pintar yang ditingkatkan dengan kecerdasan buatan atau AI-enhanced smart sensor digunakan untuk mendukung Smart Spying Prevention yang melindungi privasi. Konsumsi daya sensor ini rendah dan menggunakan algoritma pengenalan cerdas. Sensor ini juga dapat memperluas fungsi pada fitur Smart Always On, Smart AirControl dan Smart Rotation.

Smart Spying Prevention

Fitur Smart Spying Prevention
Sensor pintar dengan AI akan mengidentifikasi dan hanya memperbolehkan pengguna yang membuka layar. Jika smartphone dipegang oleh orang lain, maka konten notifikasi pesan akan disembunyikan Reno4 untuk melindungi privasi pengguna. Wah, nampaknya orang yang suka menghianati pasangannya cocok nih menggunakan smartphone ini. Semua pesan akan aman, tak bisa diintip orang lain.

Algoritma yang dibangun untuk mencegah pelanggaran privasi selaras dengan sensor canggih yang digunakan. Secara otomatis, sensor akan menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan. Berikut ini adalah metodenya:
  • Ketika sensor hanya mendeteksi satu wajah, maka kamera akan menyala unttuk mengidentifikasi wajah pemiliknya, jika sesuai, maka seluruh pesan ditampilkan.
  • Ketika terdeteksi lebih dari satu wajah atau tak ada wajah terdeteksi, maka pemberitahuan akan ditampilkan tetapi tanpa tampilan konten.

Smart Air Control

Interaksi  pada Reno4 dapat dilakukan tanpa menyentuh layar dengan fitur Smart Air Control. Halaman layar dapat digulirkan ke arah atas dan bawah pada beberapa aplikasi populer seperti Facebook, Instagram, TikTok dan YouTube. Panggilan telepon pun bisa dijawab tanpa menyentuh layar, sehingga intensitas sentuhan pada layar dapat dikurangi, cocok ya dengan situasi pandemi. Reno4 juga merupakan smartphone OPPO pertama dengan full-screen gesture di lini seri ini.

Smart Always On Display

Reno4 dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang sedang menatap layar, sehingga tak perlu khawatir layar mati saat memperhatikan layar tanpa menyentuhnya. Pengalaman yang ditingkatkan ini dapat dirasakan berkat keberadaan fungsi "Smart Always On Display". Kerja sensor pun tetap bisa lebih baik pada cahaya rendah berkat adanya algoritma pencerahan khusus. Ini dimungkinkan walau tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux. Penyempurnaan kecerdasan buatan pada smart sensor dapat berfungsi sangat baik.


ColorOS 7.2

Antarmuka ColorOS 7.2 memberikan personalisasi tersendiri pada sistem operasi Android 10, yang tentu saja sudah mendukung fitur Dark Mode. Fitur ini bisa diterapkan juga pada beberapa aplikasi pihak ketiga yang belum mendukung mode ini.

AI APP Preloading

ColorOS dapat meprediksi aplikasi yang akan digunakan pengguna melalui algoritma AI, sehingga bisa membukanya lebih cepat. Seiring dengan waktu penggunaan smartphone, AI APP Preloading akan semakin cepat AI mempelajari kebiasaan pengguna. AI APP Preloading ini pun tak mengonsumsi daya baterai, sehingga aplikasi di smartphone bisa terbuka lebih cepat tanpa boros baterai.

Anti-Fragmentation Engine

Fragmentasi memori fisik dan virtual dioptimalkan menggunakan gabungan langkah-langkah yang dilakukan Anti-Fragmentation Engine. OPPO mengklaim mengembangkan teknologi ini secara independen. Teknologi ini menyajikan pengalalman sistem operasi mulus tanpa jeda, bahkan setelah digunakan dalam waktu lama.

Super Power Saving Mode

Super Power Saving Mode
Penghematan daya dilakukan dengan pendekatan seluruh sistem, mencakup penyesuaian frekuensi CPU dan cahaya latar, termasuk penghematan daya untuk setiap aplikasi. Pada Super Power Saving Mode, ada enam aplikasi yang bisa ditampilkan di layar Home atau Beranda. Secara default, aplikasi tersebut termasuk Telepon, Pesan dan Jam, tetapi pengguna bebas menentukan aplikasi apa saja yang ada di dalamnya.

Ketika sisa baterai hnya 10% dan 5% akan muncul pesan pop-up yang meminta pengguna mengaktifkan mode Super Saving Mode. Saat berada di mode ini sisa baterai 5% masih bisa digunakan memakai WhatsApp 1,5 jam dan menelepon 1 jam lebih.

Super Night Time Standby

Kebiasaan tidur pengguna akan dipelajari oleh fitur Super Night Time Standby untuk mengoptimalkan masa pakai baterai.

Icon Pull Down Gesture

Seluruh ikon aplikasi di layar Beranda (Home) dapat ditata agar bisa dibuka hanya dengan satu tangan. Ketika menggeser layar ke arah atas di bagian tepi kiri atau kanan, maka ikon aplikasi akan mengecil ke setiap sudut. Ikon-ikon aplikasi ini jadi mudah dijangkau dengan posisi ibu jari yang tetap berada di layar.

Quick Return Bubble

fitur Quick Return Bubble
Informasi game yang berjalan pada latar belakang akan ditampilkan pada gelembung ikon di layar atau Quick Return Bubble. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat melakukan hal lain saat dalam tahap menunggu dalam game. Waktu respawn atau aksi pemain yang hidup kembali setelah dibunuh dapat dilihat pada gelembung tersebut. Jika ingin kembali ke game, cukup ketuk gelembung tersebut. Saat ini fitur tersebut menduknug game, Mobile Legend, AOV dan PUBG.

Gravity Wallpaper

Gravity Wallpaper memberikan efek dinamis wallpaper yang dipengaruhi cara memegang perangkat. Wallpaper tersebut bisa bergerak layaknya ditarik gravitasi.

OPPO LAB

OPPO LAB merupakan platform yang memudahkan kolaborasi engineer perangkat lunak OPPO dengan pengguna untuk menciptakan fitur-fitur inovatif. Fitur-fitur yang belum dirilis secara resmi dapat dicoba dan memberikan masukan pada fitur tertentu atau berbagi ke pengguna lain.
  • Decision Spinner untuk membantu mengambil keputusan dengan memutar roda. Spinner ini dilengkapi berbagai pertanyaan seperti "Apa yang kita makan hari ini?" dan "Kemana kita pergi akhir pekan ini?". Bisa juga membuat pertanyaan sendiri dengan pilihan jawabannya. 
  • Lab Ringtone untuk membuat nada dering dapat dilakukan dengan menyesuaikan gaya, nada dan ritme pada panel slide yang mudah dioperasikan. Nada dering yang sudah dibuat bisa dipakai pada panggilan, disimpan ke telepon atau dibagikan melalui platform media sosial.
Demikianlah beberapa fitur yang mendukung kinerja OPPO Reno4. Sampai saat ini belum ada konfirmasi apakah OPPO Reno4 Pro akan hadir atau tidak di Indonesia.

Spesifikasi OPPO Reno4

Dimensi
16,3 mm × 73,9 mm× 7,7 mm
Bobot
165 gram
Layar
AMOLED 6.4''
Dual Punch-hole Display
screen ratio: 20:9;
resolution FHD+: 2400 x 1080;
PPI: 409
Protection
Front: Corning® Gorilla® Glass 5
Back: Corning® Gorilla® Glass 3
Platform
Qualcomm Snapdragon 720G SoC, 2,3 Ghz,
proses pabrikasi 8 nm
RAM
LPDDR4x 8 GB
Media Penyimpanan
128 GB (dapat ditambah dengan micro SD sampai 256 GB)
Jaringan
4G, VoLTE supported
SIM Card
Dual Nano SIM Card
Pengisian daya cepat
30W VOOC 4.0
4015 mAh (penuh dalam 57 menit)
Sensor sidik jari
Hidden Fingerprint Unlock 3.0
Kamera Belakang
48MP High-Definition Main Camera, 1/2" Sensor, F1.7
8MP Ultra Wide-Angle Camera, 1/4" Sensor, F2.2
2MP Macro Camera, 1/5" Sensor, F2.4
2MP Mono Camera, 1/5" Sensor, F2.4
Kamera Depan
32MP Single Camera, 1/2.74" Sensor, F2.4
Fitur Sensor Smart AON Depan
Smart Spying Prevention
Smart Air Control
Smart Always on Display
Fitur Kamera Belakang 
Ultra Steady Video 3.0
Ultra Dark Mode
Ultra 108MP Clear Image
AI Color Potrait Mode
Monochrome Video
Slow Motion : 960fps@720P, 480fps@1080P, 240fps@720P, and 120fps@1080P
Fitur Kamera Depan
Ultra Steady Video
Ultra Night Selfie
AI Color Potrait Mode
Slow Motion : 240fps@720P and 120fps@1080P
Front Ultra Steady Video : work with most filters at 30fps@720P and 30fps@1080P, and with bokeh and beautification at 30fps@720P
Antarmuka
ColorOS 7.2 berbasis Android 10
Fitur-fitur Sistem Operasi
Super Power Saving Mode
Super Night Time Standby
Icon Pull Down gesture
Quick Return Bubble
Gravity Wallpaper
OPPO LAB
Warna
Space Black/Galactic Blue
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email