Review Lenovo ThinkPad X395, Kerja Lancar dan Aman di Lapangan Review Lenovo ThinkPad X395, Kerja Lancar dan Aman di Lapangan ~ Teknogav.com

Review Lenovo ThinkPad X395, Kerja Lancar dan Aman di Lapangan


Teknogav.com – Seri Thinkpad memang sudah sejak lama menjadi andalan bagi profesi yang sering di lapangan karena ketangguhannya. Lenovo ThinkPad X395 merupakan salah satu laptop yang bisa diandalkan untuk bekerja di medan keras karena sudah lolos uji standar militer. Baterainya pun dapat bertahan cukup lama, sehingga tak perlu khawatir daya cepat terkuras. Selain dibekali ketangguhan dari segi fisik, prosesor yang diusung pun canggih dan sistem keamanannya pun kokoh. Yuk simak reviewnya.

Ketangguhan Thinkpad yang legendaris telah menjadi andalan para insinyur dan peneliti di lapangan. Pengujian 12 standar kelas militer MIL-STD-810 dan 200 pemeriksaan kualitas dilakukan untuk memastikan laptop bisa beroperasi di kondisi ekstrem. Tentu saja para pekerja kantoran seperti bagian TI maupun pebisnis pun juga bisa mengandalkan laptop ini. Apalagi berbagai keamanan tingkat enterprise dan fitur-fitur yang memudahkan untuk tetap terhubung tersedia pada Lenovo ThinkPad X395 ini.

Kelengkapan

Paket Lenovo ThinkPad X395 terdiri dari unit laptop dan adapter beserta kabel, serta buku panduan dan kartu garansi.
kelengkapan isi paket Lenovo ThinkPad X395

Kinerja Prosesor dan Grafis

AMD Ryzen 7 PRO 3700U menjadi mesin pemroses andalan pada Lenovo ThinkPad X395 ini. Prosesor tersebut memiliki empat inti dan 8 thread dengan kecepatan clock sekitar 2,3 GHz. Kecepatan tersebut dapat di-boost sampai 4 GHz. Kode U pada prosesor menunjukkan varian yang biasa digunakan pada laptop tipis. Varian PRO pada prosesor memiliki kelebihan dalam hal manajemen dan keamanan, termasuk enkripsi memori penuh. Produksi prosesor ini masih menggunakan teknologi 12 nm, sementara AMD sudah memiliki seri Ryzen Pro dengan teknologi 7 nm. TDP (Thermal Design Power) prosesor adalah 15 watt yang ditujukan untuk laptop kelas menengah.

RAM yang digunakan untuk mendukung kinerja prosesor adalah DDR4-2400 dengan pengendali memori dual-channel terintegrasi. Media penyimpanan laptop ini menggunakan SSD yang mendukung akses ke data yang tersimpan dengan cepat, demikian juga saat membuka aplikasi. Pada laptop yang kami uji coba ini kapasitas yang tersedia cukup lapang, yaitu 512 GB.

Grafis laptop ini didukung kartu grafis AMD Radeon Vega 10 dengan 10 inti dan kecepatan sampai 1400 MHz. Prosesor grafis ini mendukung penyuntingan gambar, foto dan video, serta bermain game terasa mulus. Dari segi audio, tersedia speaker ganda berkekuatan 1 W yang didukung teknologi Dolby Audio Premium dan mikrofon dual array far-field.

Keamanan

Keamanan pun dijamin juga dengan penggunaan sensor sidik jari untuk login. Sementara itu privasi pun didukung oleh Thinkshutter pada kamera yang memungkinkan untuk mencegah pemantauan dari kamera secara tidak disadari. Pada sisi kanan laptop juga tersedia slot security-lock Kensington yang memudahkan mengunci laptop di meja agar tidak mudah dicuri.

Desain

Lenovo ThinkPad X395
Layar laptop ini berukuran 13,3 inci, dengan bingkai yang tipis di sisi kiri dan kanan. Sementara bingkai di bagian atas dan bawah cukup tebal. Pada bingkai bagian atas, disematkan kamera dengan ThinkShutter, yaitu switch untuk menutup lensa webcam. Nah kerennya lagi layar laptop ini bias diputar sampai membuka 180 derajat.
ThinkShutter pada Lenovo ThinkPad X395
Layar bisa diputar sampai 180 derajat
Desain Lenovo ThinkPad X395 cukup ringkas dengan dimensi 31,19 x 21,72 x 1,69 cm. Dimensi tersebut lebih kecil dibandingkan Lenovo Ideapad S340. Bobot Lenovo ThinkPad X395 pun tergolong ringan untuk laptop yang tahan banting, hanya 1,28 kg saja, sehingga nyaman untuk dibawa-bawa.
cover Lenovo ThinkPad X395
Bagian punggung layar atau cover atas laptop ini tampak berwarna hitam dengan ciri khas logo ThinkPad di pojok kanan atas. LED berwarna merah pada bagian titik huruf i pada tulisan ThinkPad tampak menyala saat laptop digunakan. Logo Thinkpad ini juga terpampang cukup besar pada sandaran tangan kanan di bawah keyboard.
desain keyboard Lenovo ThinkPad X395 dan sekitarnya
Keyboard laptop ini memiliki desain tombol yang nyaman untuk digunakan mengetik. Susunannya pun cukup standar, hanya ada sedikit perbedaan pada penempatan tombol Fn, Ctrl dan PrintScreen yang posisinya sejajar dengan spasi. Keyboard ini juga aman dari tumpahan air dengan perlindungan Spill Resistant.

Di bawah keyboard, terdapat trackpad dengan tombol klik khas ThinkPad. Fungsi trackpad tentu saja memudahkan dalam menunjuk sesuatu pada layar atau memudahkan penyuntingan, baik foto maupun video. Pada sebelah kanan trackpad terdapat sensor sidik jari yang menunjang keamanan dan kemudahan untuk login tanpa harus mengetik kata sandi.
Posisi Track Point, Trackpad dan sensor sidik jari
Nah, kerennya ThinkPad X395 juga dilengkapi dengan Track Point berwarna merah yang posisinya di antara huruf G, H dan B. Fungsi Track Point ini untuk memindahkan atau mengarahkan kursor dengan lebih presisi, cocok untuk menggunakan CAD atau perancangan desain.

Konektivitas

sisi kiri Lenovo ThinkPad X395
Port dan slot yang disediakan laptop ini cukup lengkap dan disematkan pada sisi kiri, kanan dan belakang laptop. Pada sisi kiri, dari belakang ke depan terdapat port USB tipe-C, USB tipe-C, native ethernet port, USB 3.1 Gen 1, HDMI dan jack audio headphone/mikrofon. Port USB tipe-C pertama tersebut berfungsi sebagai port daya.
sisi kanan Lenovo ThinkPad X395
Beralih ke sisi kanan, dari belakang ke depan terdapat Kensington lock slot, USB 3.1 Gen 2 dan smart card reader. Di bagian belakang terdapat satu slot, yaitu micro SD reader yang untuk mengeluarkannya perlu ditusuk dengan pin. Rasanya desain micro SD reader ini kurang praktis dibandingkan card reader pada laptop lama yang tak membutuhkan alat bantu tambahan.
sisi belakang Lenovo ThinkPad X395
Konektivitas nirkabel pada Lenovo ThinkPad X395 ini didukung oleh Wi-Fi 2x2 802.11ac dan Bluetooth® 5.0. Kecepatan transfer Bluetooth terasa mulus dan cepat, serta mudah untuk dipasangkan dengan perangkat Bluetooth lainnya.

Benchmark

Pengujian Lenovo ThinkPad x395 dilakukan dengan beberapa aplikasi benchmark. Aplikasi pertama yang tim Teknogav.com gunakan adalah PC Mark 10 dengan skor 3278. Skor tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan HP EliteBook 735 G6 dengan skor 3225 yang memakai prosesor sama.

Nilai Essential yang diraih laptop ini sangat tinggi, yaitu 7584, padahal batas untuk masuk dalam kerja baik hanya 4100. Skor ini pun di atas nilai yang diraih HP EliteBook 735 G6 yang besarnya 6177. Parameter Esesential ini menunjukkan keandalan dalam mengerjakan tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian lengkap skor yang diraih Lenovo ThinkPad X395.
Benchmarking Lenovo ThinkPad X395 dengan PC Mark 10

Pada benchmarking menggunakan PassMark, skor yang diperoleh untuk kinerja sistem adalah 2564. Sayangnya skor ini masih di bawah rata-rata 2792. Kendati demikian, skor ini masih lebih tinggi dibandingkan HP EliteBook 735 G6 yang meraih nilai 2413. Masih menggunakan PassMark, nilai CPU yang diperoleh adalah 7496, nilai ini di atas rata-rata 7179. Kendati demikian, ternyata nilai ini masih di bawah skor yang diperoleh HP EliteBook 735 G6, yaitu 7972.
Uji kinerja dengan PassMark
skor CPU Mark
Jika melihat daftar peringkat prosesor yang disusun PassMark, tampak kinerja AMD Ryzen 7 PRO 3700U cukup lumayan. Posisi prosesor tersebut di atas Intel Core i7-6700HQ dan Core i7-3630QM yang masing-masing memiliki kecepatan 2,6 GHz dan 2,4 GHz. Tetapi jika dibandingkan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 dan ke-8 ternyata AMD Ryzen 7 PRO 3700U masih di bawahnya. Peringkat prosesor ini masih di bawah Intel Core i7-7700HQ dan Intel Core i7-8750H.
peringkat dengan CPU Mark
Uji grafis dengan benchmarking PassMark menghasilkan skor 384 untuk 2D  dan 1014 untuk 3D. Sementara skor yang dihasilkan saat pengujian memori adalah 1587. Ketiga skor tersebut masih di bawah rata-rata, tetapi untuk skor memori masih lumayan tinggi dibandingkan HP EliteBook 735 G6.
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D
Uji RAM
Aplikasi benchmark Geekbench digunakan untuk menguji kerja inti prosesor. Hasilnya untuk single core memperoleh skor 3835, lebih tinggi jika dibandingkan dengan HP EliteBook 735 G6 yang meraih nilai 3532. Sementara untuk skor multi core adalah 9911, nilai ini lebih rendah jika dibandingkan nilai HP EliteBook 735 G6 yang memperoleh nilai 10249.
Uji CPU GeekBench 4
Uji Open CL Geekbench 4
Berikut ini adalah hasil pengujian perangkat keras menggunakan aplikasi CPU-Z
CPU-Z
Lenovo ThinkPad X395 dibanderol dengan harga Rp13,5 juta yang rasanya cukup sepadan dengan fitur-fitur yang diusungnya.

Kelebihan

Port yang tersedia pada laptop ini cukup lengkap, apalagi port daya menggunakan USB type-C. Hal ini memungkinkan penggunaan segala adapter dengan port USB type C untuk pengisian daya, tanpa harus mencari adapter khusus Lenovo.

Dimensi Lenovo Thinkpad X395 cukup tipis dan ringan, sehingga nyaman untuk dibawa bepergian. Ketangguhan seri ThinkPad pun tak perlu diragukan lagi. Kini pun fitur keamanan dan privasi senantiasa melengkapi laptop ini, mulai dari sensor sidik jari, sampai ThinkShutter. Keamanan tersebut pun sudah terintegrasi dengan Windows Hello yang terdapat pada sistem operasi Windows 10 Pro di laptop ini.

Kinerja prosesor AMD Ryzen PRO 7 3700U cukup luar biasa, demikian juga dengan grafis yang didukung AMD Radeon Vega 10. Apalagi kapasitas RAM yang sampai 16 GB, tentunya sangat mendukung kelancaran kinerja prosesor. Media penyimpanannya pun sudah menggunakan teknologi SSD dengan kapasitas 512 GB yang cukup lapang.

Desain tombol keyboard disusun dengan jarak yang mendukung kenyamanan mengetik. Posisi tombol daya pun terpisah, sehingga menghindari salah tekan saat mengoperasikan laptop. Kemudahan menunjuk dengan kursor tak hanya didukung oleh trackpad tetapi juga bisa menggunakan Trackpoint.

Kekurangan

Slot micro SD card pada bagian belakang layar memiliki desain seperti yang terdapat pada smartphone masa kini. Cara mengeluarkan tatakan micro SD card tersebut membutuhkan alat bantu pin, sehingga agak merepotkan jika tidak sedang membawa pin. Selain itu beberapa hasil benchmarking pun masih di bawah rata-rata.

Spesifikasi

Sistem OperasiWindows 10 Pro
ProsesorAMD Ryzen 7 PRO 3700U
Form FactorLaptop
MemoriDDR4 16 GB
Memori InternalSSD 512 GB
Layanan awanOneDrive
Layar13.3" FHD IPS (1920 x 1080, 300 nit)
GrafisAMD Radeon Vega 10
PortUSB 3.1 (Gen 1), USB 3.1 (Gen 2), 2 x USB-C (Gen 2), MicroSD card reader, jack audio headphone/mic combo, HDMI 2.0, native ethernet card, smart card reader
AudioDolby Audio™ Premium
Dual far-field noise cancelling microphones
WebcamHD 720p with ThinkShutter privacy cover
Optional: Hybrid Infrared (IR) with ThinkShutter
KeyboardSpill resistant
Top-load backlight with white LED lighting
Konektivitas
WWAN: Optional: Integrated Global Mobile Broadband LTE-A
WLAN: Intel® 9260 Wireless-AC 2 x 2 AX
LAN: Available via dongle only
Bluetooth® 5.0

Jenis Catu Daya
45 W atau  65W (untuk pengisian daya cepat)
Baterai48 Wh dapat bertahan sampai 14,5 jam
Dimensi311,9 mm x 217,2 mm x 16,9 mm (WxDxH)
BobotMulai dari 1,28 kg
WarnaHitam
AplikasiDolby Audio Premium, Lenovo Vantage, Microsoft Store, One Drive, Xbox Console Companion, Xbox Game Bar
Garansi1 tahun
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email