Turnitin Originality, Solusi Komprehensif Cegah Plagiarisme Demi Integritas Akademis Turnitin Originality, Solusi Komprehensif Cegah Plagiarisme Demi Integritas Akademis ~ Teknogav.com

Turnitin Originality, Solusi Komprehensif Cegah Plagiarisme Demi Integritas Akademis



Teknogav.com - Turnitin masih mengusung semangat mencegah plagiarime dengan meluncurkan Turnitin Originality. Ini adalah solusi integritas akademis yang komprehensif. Solusi ini menggabungkan fungsi pengecekan kesamaan teks Turnitin dengan fitur-fitur baru untuk menanamkan nilai keterampilan berpirikir orisinal. Sebelumnya Turnitin juga menyediakan sarana untuk membantu literasi digital dan memeriksa kredibilitas situs dengan NewsGuard.


Siswa akan didukung untuk mempelajari cara menghubungkan ide dan konsep dengan benar kepada orang lain dengan Turnitin Originality. Karya yang tidak orisinal akan dicegah dengan teknologi paling komprehensif dari solusi ini. Para instruktur pun bisa menanggulangi adanya kecurangan dari siswa.

Sekolah dan universitas yang kini beralih menggunakan pengajaran online bisa melakukan pendekatan holistik demi integritas akademik. Karya murid dan mahasiswa dapat ditinjau dengan Turnitin Originality untuk mengecek kemiripan dengan teks lain yang diketahui. Jika ada indikasi karya tersebut bukan hasil tulisan siswa pun bisa terdeteksi. Data tersebut memfasilitasi percakapan antara instruktur dan siswa mengenai cara menemukan dan mengekspresikan suara asli mereka.

“Pergeseran yang cepat ke pembelajaran online memberikan peluang berbeda untuk pelanggaran. Sementara pendekatan holistik untuk integritas akademik dianjurkan, ada kemungkinan kesenjangan akan muncul. Kita harus terus memperbarui perangkat pendukung dan langkah-langkah deteksi,” ucap Phill Dawson, Associate Professor & Associate Director dari Pusat Penelitian dalam Penilaian dan Pembelajaran Digital (CRADLE) di Deakin University.

Dua puluh tahun lalu, Turnitin telah mempelopori alat perbandingan teks tradisional. Alat tersebut bisa mendeteksi salin/tempel (copy/paste) yang mengarah pada plagiarisme atau kolusi. Sayangnya alat tersebut tak melengkapi institusi dengan teknologi yang memadai untuk mencegah bentuk kecurangan baru. Kini setiap institusi bisa mempunyai standar baru untuk menjunjung integritas akademis dengan dukungan solusi terpadu bagi siswa dan instrukturnya. Turnitin Originality bisa dimanfaatkan pendidik sebagai alat belajar mengajar dan mengajari siswa cara mengidentifikasi ketidakaslian konten sebelum menyerahkan makalah.

"Mendukung integritas akademik adalah proses berlapis dalam menetapkan ekspektasi, menyediakan alat bagi siswa sehingga mereka dapat memeriksa dan memperbaiki sendiri. Kemudian membantu fakultas dalam mengidentifikasi potensi kesalahan sehingga mereka dapat melakukan intervensi. Turnitin Originality memberi instruktur dan administrator kemampuan untuk mengidentifikasi berbagai potensi kesalahan dalam satu alat. Kemampuan ini memungkinkan contoh plagiarisme atau penulisan tidak autentik adalah momen yang bisa diajarkan, bukan menghukum,” ucap Jack Brazel, Head of Business Partnerships, Southeast Asia for Turnitin.
Share:

Artikel Terkini