Epson Hadirkan Berbagai Inisiatif dan Jajaran Produk Pendukung Edukasi Epson Hadirkan Berbagai Inisiatif dan Jajaran Produk Pendukung Edukasi ~ Teknogav.com

Epson Hadirkan Berbagai Inisiatif dan Jajaran Produk Pendukung Edukasi


Teknogav.com - Pandemi COVID-19 yang melanda dunia, mengharuskan dunia pendidikan menerapkan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Para pendidik, baik guru maupun dosen memiliki tantangan dalam menyampaikan materi ajarnya, karena model interaksi dengan siswa tentu saja berbeda. Epson berkomitmen untuk terus mendukung dunia pendudukan melalui berbagai produk dan inovasi. Selain menyediakan produk-produk yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar, Epson juga menggelar berbagai inisiatif guna mendukung dunia pendidikan.

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, terjadi transisi dalam edukasi seiring dengan dihentikannya kegiatan belajar mengajar di sekolah dan universitas. Pada Maret 2020, mulai diterapkan kegaitan belajar mengajar dari rumah. Berbagai sarana untuk pembelajaran daring darurat pun dipersiapkan, seperti penggunaan WhatsApp dan aplikasi video conference. Kemudian pada Juli 2020, sekolah-sekolah mulai mempersiapkan pembelajaran online secara permanen.

Inisiatif Epson untuk Edukasi

Ketika pembelajaran jarak jauh diterapkan, tentu saja ada banyak tantangan yang muncul. Salah satunya adalah kesiapan guru dan muridnya dalam menggunakan teknologi yang menjadi sarana belajar mengajar. Di beberapa daerah, bahkan ada guru yang terpaksa mengajar menggunakan handie talkie. Sebanyak 97% sekolah ternyata mengalami masalah dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh. Sementara 3% lainnya sudah menerapkan perpaduan pembelajaran fisik dan virtual sejak sebelum pandemi.

Pada umumnya 31% masalah pada pembelajaran jarak jauh disebabkan konsentrasi karena kegiatan yang dilakukan satu arah. Kemudian diikuti masalah teknologi sebesar 24%, keterbatasan gambar 18%, dan media yang terbatas 17%. Sisanya adalah waktu yang dibutuhkan untuk persiapan sebesar 6% dan pembelajaran pasif sebesar 4%. Demi mengatasi kendala-kendala yang ada, Epson pun membuat beberapa inisiatif dalam edukasi, yaitu:
  1. Berkolaborasi dan bermitra dengan konsultan edukasi dan asosiasi
  2. Menciptakan solusi untuk pembelajaran jarak jauh
  3. Webinar edukasi untuk sekolah-sekolah
  4. Training ke sekolah-sekolah dan memotivasi guru
Kemitraan yang dijalin Epson antara lain dengan Komunitas Guru TIK & KKPI (Kogtik), Hiper 40, Center for Edukation Regulations & Development Analysis (Cerdas), Sekolahmu, Ikatan Guru Indonesia (IGI), FGTIKKNAS, Rahasia Guru dan lain-lain.

Selama periode April-September 2020, Epson telah menggelar webinar edukasi bagi para guru, kepala sekolah, asosiasi guru dan lain-lain. Jumlah webinar yang sudah digelar ada 50 dengan 25 ribu partisipan. Epson mendatangkan psikolog untuk memotivasi guru-guru saat webinar demi membantu guru mencerdaskan anak didik. Sekolah-sekolah sangat tertarik dan termotivasi dengan solusi edukasi Epson, karena bisa membantu sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika memasuki kenormalan baru di bidang edukasi adalah ruang fisik, motivasi siswa dan kolaborasi. Pada ruang fisik akan ada pergeseran ruang belajar yang membuat kapasitas siswa di kelas lebih sedikit. Kemudian pengajaran oleh satu guru bisa dilakukan di beberapa kelas sekaligus dengan bantuan teknologi Epson. Selain itu juga ada perpaduan ruang kelas, yaitu virtual dan fisik. Beberapa teknologi yang bisa digunakan untuk ruang kelas adalah layar yang besar dan interaktif, printer MFP, Doc Camera Visualizer, perangkat pintar dan video conference.
pengajaran di beberapa ruang kelas sekaligus oleh satu guru
Para siswa pun akan termotivasi dengan kebiasaan baru, interaksi dan metode pembelajaran baru. Antara orang tua dan pemimpin sekolah pun harus bisa berklaborasi mendukung satu sama kali. Edukasi pun bisa dilakukan di rumah dan sekolah.

Produk-produk Epson untuk Edukasi

pembelajaran menggunakna proyektor interaktif EB-1485Fi
Pembelajaran jarak jauh dua arah yang lebih interaktif dan atraktif bisa dilakukan menggunakan proyektor interaktif Ultra short Throw yang sudah dilengkapi fitur-fitur canggih. Guru bisa mengajar menggunakan proyektor interaktif EB-1485Fi dengan memanfaatkan aplikasi Easy Interactive Tools yang terhubung dengan aplikasi video conference dua arah. Ketika guru mengajar di depan kelas pada bidang proyeksi, siswa bisa melihat dan merespon di saat yang sama.

Epson juga menyediakan perangkat tambahan, yaitu Epson Document Camera ELPDC21 yang berfungsi sebagai kamera yang mendokumentasikan materai yang diberikan guru saat mengajar. Materi tersebut kemudian dapat dikirm melalui email atau dicetak dengan printer multifungsi Epson WF-C579R. Ini adalah printer multifungsi yang bisa mencetak, memindai, mengopi dan faksimili dengan ADF.

Printer Epson WF-C579R ini hemat, bisa diandalkan dan berkecepatan tinggi. Teknologi yang digunakan printer ini adalah inkjet dengan kepala cetak inti yang presisi. Printer ini ramah lingkungan dengan tinta yang bisa didaur ulang, selain itu juga meminimalkan penggantian tinta. Epson juga menyediakan Epson Remote Service untuk melihat banyak halaman yang dicetak dan sisa tinta. Kemampuan tersebut memungkinkan untuk menyiapkan stok atau mengingatkan sekolah yang menggunakan printer, layanan ini juga bsia mengingatkan jika terjadi eror.

“Epson berusaha menciptakan produk dan inovasi tanpa henti, serta akan terus menyediakan solusi baru yang menyediakan untuk dunia pendidikan. Perlu waktu untuk mensosialisasikan solusi baru edukasi ke seluruh indonesia, apalagi di indonesia ada 260 ribu sekolah. Semoga hal ini bisa tersampaikan ke sektor pendidikan,” ucap Zanipar SA Siadari, Senior Product Marketing Manager Visual Instrument & Printer Epson Indonesia.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email