Kinerja Keuangan Kuartal Kedua Tahun Fiskal 2021 VMware Memuaskan Kinerja Keuangan Kuartal Kedua Tahun Fiskal 2021 VMware Memuaskan ~ Teknogav.com

Kinerja Keuangan Kuartal Kedua Tahun Fiskal 2021 VMware Memuaskan


Teknogav.com - VMware, penyedia perangkat lunak kelas enpterprise baru-baru ini merilis laporan keuangan kuartal kedua tahun fiskal 2021 mereka. Laporan tersebut menunjukkan pertumbuhan pendapatan 9% dari tahun sebelumnya (yoy) menjadi USD2,88 miliar. Sementara itu pendapatan dari SaaS dan subskripsi tumbuh 44% yoy, yaitu sebesar USD631 juta yang merupakan 22% dari total pendapatan.

“Kami berhasil melakukan eksekusi dengan baik di tengah situasi yang tak menentu seperti sekarang ini. Pada kuartal kedua tahun fiskal 2021, kami mencetak kinerja finansial yang memuaskan. Kami berharap strategi Any Cloud, Any Application, Any Device yang kami terapkan menghadirkan solusi bagi seluruh pelanggan. Mereka pun bisa menghadapi tantangan-tantangan teknologi dan meraih pencapaian yang melebihi target bisnis mereka,” ucap Pat Gelsinger, CEO VMware.

Pendapatan gabungan dari subskripsi, SaaS dan lisensi adalah USD1,35 miliar atau mengalami peningkatan 11% dari kuartal kedua tahun fiskal 2020. Sementara gabungan pendapatan subkripsi, SaaS, lisensi dan perubahan sekuensial pendapatan subskripsi, SaaS, dan lisensi yang belum diterima naik 12% yoy.

“Kinerja kami di kuartal kedua mencerminkan kekuatan kami di lini produk Subskripsi dan SaaS yang kami tawarkan. Bisnis di lini ini mengalami pertumbuhan sampai 44% year-over-year. Kami akan terus mempercepat sejumlah inisiatif produk di sepanjang masa tahun berjalan ini. Komitmen ini diharapkan mampu mendukung pelanggan dalam menyempurnakan transformasi digital mereka. Selain itu juga memacu pertumbuhan bisnis di lini produk Subskripsi dan SaaS kami,” ucap Zane Rowe, executive vice president dan CFO, VMware.

Arus kas operasional VMware mencapai USD719 juta dan arus kas bebas mencapai USD643 juta. RPO naik 17% menjadi USD10,3 miliar yoy. Terjadi peningkatan total pendapatan perubahan sekuensial pada total pendapatan yang belum diterima sebesar 2%.

Penghasilan Bersih GAAP dan Non-GAAP

Penghasilan bersih dari GAAP di kuartal kedua 2021 ini mencapai USD447 juta atau USD1,06 per lembar saham yang terdilusi jika dihitung dari USD5,3 miliar. Sedangkan pada kuartal kedua tahun fiskal 2020, pendapatan bersih GAAP ini adalah USD5,30 miliar atau USD12,47 per saham yang terdilusi.

Selama kuartal kedua tahun fiskal 2021, pendapatan bersih non-GAAP mengalami peningkatan 18% per lembar saham terdilusi. Jumlah pendapatan non-GAAP tersebut adalah USD766 juta atau USD1,81 per lembar saham. Jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun fiskal 2020, angka tersebut adalah USD650 juta atau USD1,53 per lembar saham yang terdilusi.

Penghasilan operasi GAAP dan Non-GAAP

Pada kuartal kedua tahun fiskal 2021 ini, pendapatan operasi GAAP mencapai USD534 juta atau naik 15% secara yoy. Sementara itu penghasilan operasi non-GAAP mencapai USD950 juta atau naik 20% yoy.

Strategi multi-cloud VMware

Sejumlah peningkatan di platform cloud dan ekosistem dihadirkan VMware untuk terus mengembangkan strategi multi-cloud. Berikut ini adalah solusi-solusi yang disediakan VMware.
  • VMware Cloud on Dell EMC generasi kedua adalah layanan infrastructure as-a-service (IaaS) yang simpel, semakin aman dan berskalabilitas tinggi. Layanan ini bisa digunakan pada lokasi data center on-premise atau edge.
  • Google Cloud VMware Engine, layanan pihak pertama terintegrasi dengan dukungan end-to-end untuk bermigrasi dan menjalankan lingkungan VMware di Google Cloud. Azure VMware Solution generasi mendatang, solusi pihak pertama yang dirancang, dibangun dan didukung Microsoft.
  • VMware Cloud on AWS yang disertai kapabilitas baru sehingga nilai ekonominya meningkat. Solusi ini bisa memenuhi kebutuhan modernisasi aplikasi, keberlangsungan bisnis dan resiliensi, serta migrasi cloud.
  • Oracle Cloud VMware Solution, yaitu lingkungan cloud native terdedikasi berbasis VMware. Solusi ini digunakan untuk mendukung perusahaan mengalihkan produksi beban kerja VMware ke Oracle Cloud Infrastrukture.
  • VMware Telco Cloud digunakan DISH untuk menyediakan 5G pertama di dunia dengan cloud-native Open Radio Access Network. Platform ini memadukan efisiensi pada lingkungan telco cloud, public cloud dan private cloud dengan lokasi tersebar. Solusi ini juga menyediakan komputasi edge yang konsisten dan latensi rendah.
  • Radio Access Networks tervirtualisasi untuk mempercepat penerapan jaringan LTE dan 5G di masa depan. Solusi ini didukung platform perangkat lunak terintegrasi hasil kolaborasi VMware dengan Intel.
  • Sejumlah akuisisi teknologi pun dilakukan VMware yang mencakup:
    • Lastine yang merupakan pelopor dalam hal penelitian anti malware, deteksi dan respon jaringan menggunakan teknologi AI. Teknologi tersebut diintegrasikan ke NSX untuk menyajikan kapabilitas firewall internal yang lengkap sehingga membuka banyak peluang untuk NSX. Selain itu juga diharapkan dapat mempercepat perwujudan Intrinsic Security bagi pelanggan.
    • The True Visibility Suite dari Blue Medora, baik tim dan produknya akan mendukung VMware vRealize Operations. Akuisisi ini dilakukan untuk menyediakan visibilitas dan wawasan pada lingkungan data center dan hybrid cloud pelanggan yang luas.
    • Datnum untuk mengembangkan VMware Cloud on AWS’ Site Recovery yang menyediakan solusi pemulihan bencana kelas dunia hemat biaya.
  • VMware vSphere BitFusion merupakan fitur yang terintegrasi pada VMware vSphere 7. Fitur ini menyediakan infrastruktur elastis secara on-demand pada aplikasi AI dan machine learning (ML).

Penghargaan dari Analis

  • Peringkat pertama dunia di bidang cloud system dan service management software berdasarkan perhitungan IDC selama tahun 2019.
  • Peringkat pertama dunia di bidang IT automation and configuration management (ITACM)  berdasarkan perhitungan IDC selama tahun 2019.
  • Leader dalam hal Unified Endpoint Management pada Gartner Magic Quadrant tahun 2020. Predikat ini diraih tiga kali berturut-turut. Laporan Gartner tersebut menyebutkan bahwa VMware terdepan dalam keseluruhan bidang atas visi dan kapabilitas dalam mengeksekusi dan visi paling menyeluruh.
  • Leader di “The Forrester Wave: Infrastructure Automation Platforms, Q3 2020” dengan skor tertinggi pada 22 kriteria yang dinilai Forrester.
Share:

Follow by Email