9 Aplikasi Zoho Workplace Layani Bisnis Lebih Cepat dan Kolaboratif 9 Aplikasi Zoho Workplace Layani Bisnis Lebih Cepat dan Kolaboratif ~ Teknogav.com

9 Aplikasi Zoho Workplace Layani Bisnis Lebih Cepat dan Kolaboratif

Teknogav.com - Zoho Workplace merupakan perangkat lunak yang mengitegrasikan kolaborasi, produktivitas dan komunikasi dalam proses bisnis. Perangkat lunak ini berpusat pada fitur lengkap email bisnis dan aplikasi perkantoran dengan 9 aplikasi yang saling terkait erat. Kesembilan aplikasi ini dibangun pada model data umum dan dukungan AI untuk memudahkan menangani bisnis lebih cepat dan kolaboratif.

Platform terpadu dengan multi-alur komunikasi disediakan Zoho Workplace untuk membuat pelanggan dapat bekerja lebih baik dan lebih efektif. Aplikasi-aplikasi dalam platform tersebut mencakup email, messaging, audio dan video conferencing, serta cloud office suite dengan shared file storage. Seluruh aplikasi tersebut dilengkapi dengan AI, mesin pencari dan layanan lain.

 “Tidak bisa dipungkiri cara bekerja kini sudah berubah, dan Workplace telah berkembang menyesuaikan perubahan. Platform kolaborasi harus bisa memfasilitasi hasil bisnis yang lebih baik, bukan hanya memperbaiki produktivitas. Kantor atau tempat kerja, berdiri sendiri dalam menjalani visi dan fungsi untuk mencapai kebutuhan bisnis saat ini yang luas. Kebutuhan ini bisa dipenuhi integrasi pre-built dengan aplikasi bisnis canggih dan konteks serta kontinuitas di seluruh aplikasi, alat dan departemen,” ucap Gibu Mathew, Vice President dan GM Zoho Corp. Asia Pasifik.

Baca juga: Kolaborasi Cloud Tingkatkan Produktivitas untuk Kesuksesan Bisnis

Kebutuhan Solusi Terpadu untuk Kebutuhan Bisnis

Zoho dan Beagle Research melakukan studi bersama yang digelar selama pandemi Covid-19 terhadap perusahaan di Amerika Utara. Data studi mengungkapkan 54% karyawan perusahaan yang jumlah karyawannya lebih dari 500 orang merasa aplikasi yang digunakan sulit untuk diintegrasikan. Sejumlah 40% dari total karyawan perusahaan besar yang karyawannya lebih dari 4000 orang pun merasa ribet bekerja dengan multi-platform.

Kesimpulan studi tersebut adalah adanya kebutuhan solusi terpadu untuk menyederhanakan proses kompleks, karena kurang komprehensif dan terintegrasinya solusi saat ini. Solusi untuk kebutuhan bisnis ini termasuk migrasi data, kreasi konten, kolaborasi kontekstual, komunikasi dan pencarian. 

“Kami membutuhkan solusi terpadu untuk akses yang lebih mudah, yang mudah dipahami, dan juga terjangkau, Zoho memenuhi semua itu. Pilihan yang datang di saat yang tepat, dengan adanya pandemi yang membuat semua orang bekerja di rumah. Kami merasa siap dan mampu menerima budaya Work From Home tanpa takut dengan Zoho Workplace. Layanan tersebut memberikan visibilitas lebih baik. Kami sebagai tim bisa mengkomunikasikan ide-ide lebih baik kepada klien,” ucap Renee Tan, pendiri dan Head of Business Development Hashtaqs Pte Ltd. 

Baca juga: Sajikan Platform Terpadu, Zoho Workplace Suite Capai 15 Juta Pelanggan  

tampilan dashboard eDiscovery

Inovasi pada Zoho Workplace mendukung alur kerja khusus, dan memperdalam konteks dunia usaha pada alat komunikasi, security dan privasi aplikasi. Produk-produk ini dapat disesuaikan untuk audit dan kontrol, serta menjalankan automasi menggunakan AI yang diterapkan di seluruh produk. Berikut ini adalah 9 aplikasi Zoho Workplace yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu komunikasi, kontinuitas dan kenyamanan.
 

Komunikasi Sesuai Konteks

  • Mail menyediakan control panel komprehensif dengan eDiscovery, Backup dan Recovery. Pengguna juga kini bisa melakukan panggilan voice atau video dan menyunting lampiran dengan Zoho Writer langsung dari Zoho Mail. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan paket yang bisa disesuaikan, penyimpanan fleksibel dan platform integrasi ekstensif. Selain itu tersedia juga sertifikati S/MIME, MFA, pengaturan email, login alert dan pengendalian spam.
  • Cliq bisa digunakan untuk chek in/out di platform bisnis chat, menyesuaikan status, dan memeriksa status pesan yang sudah dibaca. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk terhubung dengan tim melalui panggilan audio dan grup video, serta berkolaborasi dengan stakeholder eksternal.
  • Meeting  untuk membuat jadwal rapat sekali atau berulang dan mengatur peringatan email dari web dan smartphone. Kini aplikasi ini didukung 16 bahasa dan terintegrasi dengan Zoho Booking, CRM, Projects, dan aplikasi Zoho lainnya.

Kontinuitas

  • Connect merupakan platform intranet sosial yang terintegrasi dengan sistem informasi SDM, yaitu Zoho People. Aplikasi ini bisa memoderasi konten dan modul dengan izin dan kebijakan pengguna juga domain yang disesuaikan dan SSO berbasis SAML.
  • Writer yang ditingkatkan. Fitur-fiturnya mencakup. mengkonversi dokumen menjadi fillable form, membatasi visibilitas komen, wawasan dari dokumen terkait dan mengaktifkan asisten berbasis AI.

Kenyamanan

  • Show merupakan perangkat lunak presentasi online dengan fitur koleksi organization-wide slide dan data linking, sehingga bisa terhubung langsung dengan slide
  • Sheet kini memiliki fitur untuk mengakses fungsi terakhir untuk mencari dan mencocokkan, serta mengkonversi gambar menjadi spreadsheets. Selain itu juga bisa melakukan visualisasi data historis dengan grafik, membuat drop-downs dengan predefined values.
  • WorkDrive kini disertai fitur search terpadu dan TrueSync untuk mengakses file tanpa khawatir akan space di hard drive. Aplikasi ini juga menyediakan admin panel komprehensif, customer report untuk memantau kegiatan tim, dan terintegrasi dengan Zoho Directory.
  • ShowTime mendukung branding dan white-labeling untuk mengatur peran dan keuntungan dalam tim training dan mengumpulkan wawasan dari pelatihan. 

Baca juga: Dukung Perusahaan Kembali Bangkit, Zoho BackToWork Gratis Sampai Akhir 2020 

 

Harga dan Ketersediaan

Zoho Workplace dibanderol mulai dari USD3 per pengguna per bulan untuk versi standar. Sedangkan untuk versi profesional dibanderol USD6 per pengguna per bulan. Informasi mengenai Zoho Workplace juga bisa dilihat pada situs resmi Zoho.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email