AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series Siap Tenagai ChromeBook AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series Siap Tenagai ChromeBook ~ Teknogav.com

AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series Siap Tenagai ChromeBook



Teknogav.com - AMD Ryzen 3000 dan AMD Athlon 3000 C-Series merupakan jajaran prosesor yang dibangun pada arsitektur Zen untuk Chromebook. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, maka kinerja prosesor ini lebih cepat sampai 178% untuk menjelajahi web. Sementara itu untuk kinerja multitasking dan pembuatan konten 212% lebih baik. Prosesor ini digunakan pada perangkat Acer, ASUS HP dan Lenovo yang diluncurkan pada Q4 2020. Dari sisi grafis, prosesor ini didampingi dengan built-in prosesor grafis AMD Radeon.

"Baik ketika pengguna sedang online, offline, dalam perjalanan atau di rumah, Chromebook berbasis prosesor AMD Ryzen dan Athlon memberikan perpaduan kinerja CPU, grafis dan keseluruhan yang dibutuhkan untuk tetap produktif.dan kemudahan dalam pembelajaran jarak jauh dan bekerja jarak jauh. Kami senang bisa bekerja sama dengan Acer, ASUS, Google, HP dan Lenovo untuk memperbanyak jumlah Chromebook yang ditenagai AMD,” ucap Saeid Moshkelani, senior VP dan GM Client Compute AMD. 

Baca juga: AMD Ryzen 5000 Series, Tingkatkan Kinerja Gaming dan Pembuatan Konten

AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series

Prosesor AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series dibangun pada arsitektur Zen yang tangguh dengan prosesor grafis AMD Radeon. Chromebook yang ditenagai AMD cepat dan responsif saat digunakan menjelajahi situs, multitasking atau streaming video. Jajaran prosesor ini memungkinkan desain Chromebook yang lebih tipis dan ringan. Selain itu juga hemat daya sehingga bisa memberikan daya baterai yang lebih lama. Peningkatan pun diberikan kemampuan konektivitas nirkabel WiFi 6 dan Bluetooth 5.

Berikut ini adalah beberapa peningkatan kinerja pada AMD Ryzen 7 3700C untuk Chromebook jika dibandingkan AMD Chromebook generasi sebelumnya..

  • Kinerja grafis sampai 251% lebih baik
  • Kinerja produktivitas office lebih cepat sampai 104%
  • Kinerja penyuntingan foto sampai 152% lebih baik
 Baca juga: AMD Ryzen 3000XT Terkini, Prosesor Desktop Tangguh Bagi Para Antusias

Model

Core / Threads

TDP

(Watt)

Frekuensi Boost/Dasar (GHz)

Jumlah inti GPU

Cache (MB)

AMD Ryzen™ 7 3700C

4C/8T

15 W

Sampai  4.0 / 2.3 GHz

10

6 MB

AMD Ryzen™ 5 3500C

4C/8T

15 W

Sampai  3.7 / 2.1 GHz

8

6 MB

AMD Ryzen™ 3 3250C

2C/4T

15 W

Sampai   3.5 / 2.6 GHz

3

5 MB

AMD Athlon™ Gold 3150C

2C/4T

15 W

Sampai  3.3 / 2.4 GHz

3

5 MB

AMD Athlon™ Silver 3050C

2C/2T

15 W

Sampai  3.2 / 2.3 GHz

2

5 MB

Kehadiran AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series di Sistem OEM

John Solomon, Vice President ChromeOS Google mengatakan bahwa Chromebook terus menjadi pasar yang berkembang pesat. Konsumen perangkat tersebut mencari desain menarik dan fitur terbaik untuk mendukung kerja, edukasi dan gaming menggunakan ChromeOS. Kemitraan Google dengan AMD yang menawarkan Chromebook berbasis prosesor Ryzen merupakan yang pertama. Hal ini memberikan pilihan yang lebih luas bagi konsumen dengan harga terjangkau. Prosesor ini menyajikan konektivitas super cepat, daya baterai yang bertahan lama dan kemampuan menangani beban kerja multitasking.

Lini produk Acer di pasar Chromebook yang akan datang akan menggunakan prosesor AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series. Acer Chromebook yang berbasis AMD baru ini akan menyajikan kinerja grafis yang lebih tinggi juga lebih responsif dan efisien. Para konsumen pun bisa mengerjakan berbagai hal dengan memanfaatkan berbagai aplikasi dan ekstensi di ekosistem Chrome. Hal ini diungkapkan James Lin, GM, Notebooks, IT Products Business, Acer Inc.

Baca juga: Prosesor Mobile AMD Ryzen Pro 4000 Series Sajikan Fleksibilitas Kerja

“Saat ini para pekerja menginginkan perangkat cloud-centric yang bertenaga, aman, dan mudah digunakan. Ini karena mereka beradaptasi dengan realitas baru bekerja dari rumah atau di kantor. Kami bangga atas kolaborasi berkelanjutan kami dengan AMD yang menawarkan fitur keamanan dan pengelolaan Chrome Enterprise yang canggih. Pengguna bisnis pun bisa melindungi endpoints dan menggabungkan pengelolaan,” ucap Andy Rhodes, global head of Commercial Personal Systems, HP. Inc.

Bagi konsumen tingkat perusahaan, HP akan menghadirkan Chromebook Enterprise HP Pro c645 baru yang bertenaga AMD Ryzen terkini. Perangkat tersebut mengemas daya mengesankan, keamanan tingkat perusahaan, fitur pengelolaan dan alat kolaborasi lancar untuk kebutuhan produktivitas bisnis.

“Sistem Lenovo yang ditenagai prosesor AMD dirancang untuk tuntutan laptop yang terus berubah. Perangkat ini akan menyeimbangkan kinerja luar biasa dengan portabilitas sehingga pengguna bisa menyelesaikan tugasnya secara jarak jauh dan dalam perjalanan. Kami bisa menawarkan pengalaman pengguna yang cepat dan responsif dalam desain laptop tangguh dan portabel berkat kemitraan dengan AMD," ucap Jerry Paradise, VP commercial porto folio PC & Smart Device di Lenovo.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email