Riset Counterpoint Tunjukkan Ponsel Nokia Paling Terpercaya Riset Counterpoint Tunjukkan Ponsel Nokia Paling Terpercaya ~ Teknogav.com

Riset Counterpoint Tunjukkan Ponsel Nokia Paling Terpercaya


Teknogav.com - Counterpoint melakukan penelitian mengenai peringkat kepercayaan berdasarkan empat pilar, yaitu perangkat lunak, keamanan, kualitas, dan perangkat yang direkomendasikan perusahaan. Pilar-pilar ini terdiri dari berbagai pembobotan kriteria dengan analisis perbandingan yang dilakukan pada brand smartphone Android terdepan. Hasil penelitian ini dituangkan dalam laporan berjudul “Nokia Phone Pimpin Peringkat Kepercayaan berdasarkan Perangkat Lunak, Pembaruan Keamanan dan Kualitas Pembuatan”.

“Pandemi COVID-19 telah membuat dunia semakin terhubung secara digital dari sebelumnya. Smartphone menjadi perangkatkan yang selalu menyala dan terhubung. Pengguna pun menjadi semakin rentan terhadap serangan siber yang jumlahnya semakin meningkat dan berbahaya. Hal ini menyebabkan pembaruan perangkat lunak dan keamanan bagi smartphone Android menjadi aspek sangat penting,” catat Peter Richardson, VP dan Direktur Penelitian Counterpoint.

Baca juga: Android 10 Tiba di Nokia 5.1 Plus, Ini Fitur-fitur Andalannya 

Akibat pandemi, ada perubahan dalam lingkungan kerja dengan semakin banyak orang bekerja jarak jauh. Situasi ini membutuhkan solusi keamanan tingkat enterprise untuk keamanan data, memblokir malware dan mencegah hal-hal seperti serangan phishing. Selama dua tahun berturut-turut, ponsel Nokia berada di peringkat teratas dalam menyediakan pembaruan perangkat lunak dan keamanan yang komprehensif. Ponsel ini juga memiliki pangsa portofolio tertinggi yang direkomendasikan untuk penggunaan enterprise.

Pangsa versi sistem operasi Android dalam portofolio OEM (Sumber: Counterpoint Research White Paker“Nokia Phones Lead the Trust Rankings based on Software, Security Updates and Build Quality”)

Kinerja ponsel Nokia terus menjadi daya saing dibandingkan brand smartphone lain dalam ekosistem Android. Sejumlah 98% brand smartphone Android masih menawarkan pembaruan perangkat lunak dan keamanan yang tak konsisten, bahkan tak memberikan sama sekali. OnePlus juga cukup baik dengan menyediakan pembaruan perangkat lunak dengan lebih cepat ke seluruh perangkatnya yang sedang dijual di pasar. Posisi ini diikuti oleh Samsung dan realme. 

Baca juga: Kini Android 10 Sudah Tersedia untuk Nokia 6.1 Plus

Pada pasar smartphone yang padat, setiap pabrikan berusaha untuk memberikan diferensiasi penawaran mereka dari pesaing. Perbedaan ini dari segi desain, kualitas pembuatan, ukuran layar dan jumlah kamera, banyak brand menggunakan jurus ini untuk melakukan diferensiasi. Perangkat lunak yang dijalankan smartphone juga pertimbangan yang penting. Konsumen harus berharap perangkat lunak diperbarui secara rutin untuk menjamin menjauhkan potensi kerentangan keamanan. Fitur-fitur pun diberikan segera setelah tersedia.

Pangsa Jumlah Security Patch untuk pabrikan teratas(Sumber: Counterpoint Research White Paker“Nokia Phones Lead the Trust Rankings based on Software, Security Updates and Build Quality”)Add caption

“Beberapa brand fokus menjaga produk selalu diperbarui, sedangkan lainnya mengeluarkan pembaruan perangkat lunak dan keamanan setelah penundaan cukup lama. Pembaruan perangkat lunak dan keamanan yang rutin tak hanya membantu memberikan pengalaman penggunaan perangkat keseluruhan. Langkah ini juga membantu perangkat mempertahankan nilainya seiring berjalannya waktu, ucap Ritesh Bendre, Global Content Manager Counterpoint.

Baca juga: Penuhi Komitmen, HMD Global Hadirkan Android 10 di Nokia 4.2 

Sejumlah 10 pabrikan smartphone teratas ternyata tidak memiliki strategi jelas yang menginformasikan ke konsumen mengenai pembaruan untuk perangkat mereka. Masalah ini sangat penting seiring dengan kebutuhan masa pakai smartphone yang lebih lama dan bisa diandalkan. Nokia dan OnePlus sudah mengambail langkah tepat dalam hal ini.

Skor uji ketahanan smartphone Nokia (Sumber: Counterpoint Research White Paker“Nokia Phones Lead the Trust Rankings based on Software, Security Updates and Build Quality”)
“Pilar kualitas pembuatan dievaluasi dalam beberapa kriteria. Kriteria ini termasuk kekokohan produk, pengukuran kekuatan, jatuh dan bentur, digunakan dan gores, uji suhu, kelembaban dan cairan. Semua dilakukan dengan pengamatan secara kualitatif dan kuantitatif. Ponsel Nokia melalui uji lebih keras dibandingkan rata-rata industri. Kami menyimpulkan ponsel Nokia dapat bertahan lama,,” ucap Tarun Pathak, Associate Director Counterpoint.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email