DANA Gunakan Jurus 3D untuk Digitalisasi UMKM DANA Gunakan Jurus 3D untuk Digitalisasi UMKM ~ Teknogav.com

DANA Gunakan Jurus 3D untuk Digitalisasi UMKM


Teknogav.com -  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Dompet digital DANA berkomitmen untuk terus mendorong UMKM go-digital dengan jurus 3D.  Jurus tersebut mencakup DANA Bisnis yang mengakomodasi dan mengakselerasi UMKM untuk go digital. DANA Bisnis adalah fitur yang disediakan bagi dunia usaha untuk mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Dua jurus lainnya adalah UMKM akan ‘Didampingi’ dan ‘Dipromosikan’ oleh DANA.  

Pemberdayaan fitur DANA Bisnis memang terus dilakukan DANA di kalangan dunia usaha dari berbagai skala. Langkah ini merupakan perwujudan komitmen DANA dalam menghadirkan dunia usaha, khususnya UMKM. Di era yang serba terhubung secara digital, DANA Bisnis dapat mempercepat adopsi teknologi untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing UMKM. 

Baca juga: DANA Dukung Pemulihan Pariwisata dengan Membantu UMKM Go Digital

“DANA menyadari betapa pentingnya menjaga keberlangsungan serta mengembangkan sektor UMKM, terutama di saat-saat sulit seperti sekarang. Perlu adanya perubahan mindset dari semua pihak termasuk pelaku UMKM dengan beralih dari cara-cara konvensional menjadi digital. Hal ini agar mereka bisa beradaptasi dengan berbagai tantangan dan dinamika yang terjadi,” ucap Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Saat ini sudah ada 200 ribu UMKM di berbagai daerah yang memanfaatkan DANA Bisnis, meningkat 58% sejak peluncurannya tahun 2019. Berdasarkan wilayah, 55% dari total mitra DANA Bisnis berlokasi di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur. Sebanyak 61% mitra DANA Bisnis tersebut menjalankan usaha restoran, pakaian dan convenience store.

Keuntungan DANA Bisnis dan Cara Pendaftaran

DANA Bisnis memungkinkan pelaku usaha mendapat pembayaran dari pelanggannya menggunakan QRIS. Fitur ini ditujukan bagi pemiliki usaha yang memiliki bisnis online dan offline. Mitra DANA Bisnis pun bisa menarik dana secara real-time dan memperoleh laporan transaksi terkini. Selain itu tersedia juga fitur nearby di aplikasi DANA yang mempromosikan usaha mereka sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Berbagai kemudahan DANA Bisnis pun ditunjang dengan adanya pendampingan melalui video edukasi. 

Informasi lebih lanjut mengenai DANA Bisnis dapat dilihat di https://microbisnis.dana.id/ atau melalui aplikasi DANA. Pendaftaran dapat dilakukan dengan melengkapi profil usaha yang disertai alamat dan foto toko atau produk. Pengguna DANA tak perlu membayar biaya pendaftaran maupun administrasi lainnya untuk bisa menggunakan DANA Bisnis ini. Persetujuan dilakukan dalam waktu 2 x 24 jam jika persyaratan sudah dipenuhi. 

Upaya DANA Memajukan UMKM

Demi mempercepat digitalisasi UMKM, DANA juga terus menerus berinisiatif dan bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan fitur-fitur khusus, pelatihan dan seminar, serta roadshow ke daerah-daerah untuk mendorong peningkatan inklusi digital. Upaya tersebut dilakukan untuk menjaring lebih banyak pelaku usaha untuk bergabung ke dalam ekosistem digital melalui DANA Bisnis. 

Baca juga: GrabAndong, Moda Transportasi Pemikat Wisatawan Yogyakarta

Kolaborasi DANA dan ekosistem adalah untuk menghadirkan solusi yang inklusif dan adaptif. Hal ini dilakukan agar UMKM dapat menghadapi beragam kondisi sekaligus meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka, serta menjadi komitmen DANA.  Komitmen tersebut adalah mendukung target pemerintah menjadikan dua juta UMKM terhubung dengan ekosistem digital hingga akhir tahun 2020,” lanjut Vince.

Selama masa pandemi DANA sudah melakukan edukasi ke berbagai daerah untuk membantu digitalisasi UMKM di daerah tersebut. Beberapa daerah yang sudah dikunjungi mencakup Banyuwangi, Lombok dan Minahasa Utara. 

Baca juga: DANA Bersama Jajaran Instansi Pemerintah Gelar Webinar ‘Transformasi Digital UMKM’

Upaya DANA dalam memajukan UMKM pun berbuah manis dengan mendapat penghargaan tahunan Marketing Awards 2020. Kategori penghargaan tersebut adalah ‘The Best in Social Marketing’ atas program ‘DANA Sahabat UMKM’. DANA juga mendapatkan penghargaan kategori ‘The Best Market Driving Company’ atas upaya mewujudkan Indonesia Cashless Society.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email