Datascrip Berkolaborasi dengan Eaton Hadirkan Solusi Power Management Bagi Perusahaan Datascrip Berkolaborasi dengan Eaton Hadirkan Solusi Power Management Bagi Perusahaan ~ Teknogav.com

Datascrip Berkolaborasi dengan Eaton Hadirkan Solusi Power Management Bagi Perusahaan


Teknogav.com – Setelah beberapa waktu lalu menggandeng Synnex Metrodata Indonesia, kini Eaton menjalin kerja sama dengan pt. Datascrip untuk menghadirkan solusi power management mereka di Indonesia. Kondisi listrik yang tak stabil dan sering padam di Indonesia menimbulkan banyak risiko. Kerugian perusahaan dan pelanggannya cukup besar ketika operasional terganggu akibat mati listrik, bisa jutaan sampai miliaran rupiah bahkan mengorbankan jiwa. Berpijak pada hal tersebut maka dibutuhkan solusi power management yang mumpuni agar seluruh kegiatan dapat berjalan lancar.

Pentingnya Power Management

Penggunaan power management sangat bermanfaat untuk berbagai perusahaan atau instansi yang membutuhkan pasokan listrik terus menerus, bahkan 24 jam sehari. Sektor tersebut mencakup telekomunikasi, kesehatan, perbankan, penyiaran, manufaktur, transportasi, dan perhotelan. Contohnya pada operator telekomunikasi yang bisa tetap menyediakan jaringan bagi pelanggannya tanpa terputus jika pasokan listrik tak terhenti. Nyawa pun bisa tertolong jika matinya listrik di rumah sakit tidak menghentikan kerja alat penopang hidup pasien. 

Baca juga: Huawei Tawarkan Solusi Listrik yang Efisien dan Ramah Lingkungan

solusi power management Eaton

Kestabilan listrik yang terjaga menggunakan power management juga menjaga alat-alat elektronik dari risiko kerusakan akibat lonjakaan atau penurunan tegangan. Salah satu cara untuk mengelola pasokan listrik adalah menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS). Solusi ini gapa mengatasi mati listrik atau gangguan lainnya seperti lonjakan atau penurunan teganan. Ketika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba, alat ini akan memasok daya dan juga berfungsi sebagai stabilizer.

Eaton Penyedia Solusi Power Management

UPS memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mematikan peralatan elektronik secara normal atau mengalihkan daya dari arus listrik utama ke genset. Proses tersebut dapat dilakukan tanpa mengehentikan kegiatan operasional. Nah, Eaton merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang dikenal dengan solusi UPS mereka yang efisien.

Solusi power management Eaton

“Padamnya aliran listrik pasti menimbulkan kerugian bagi perusahaan, instansi dan industri, baik gangguan operasional hingga risiko kerusakan peralatan yang ditimbulkan. Eaton merupakan perusahaan global yang telah dikenal ahli dalam pengelolaan energi listrik. Teknologi UPS yang dihadirkan Eaton melalui pt. Datascrip menjadi jawaban kebutuhan pengelolaan energi khususnya di perusahaan/instansi dengan critical loads tinggi,” ucap Sylvia Lionggosari ,Business Unit Director pt.Datascrip.

Baca juga: Eaton 9PX UPS, Solusi Power Management Era Digital dan IoT

Kolaborasi Eaton dengan pt. Datascrip diresmikan dengan penandatanganan kerja sama pada Rabu, 25 November 2020 untuk menghadirkan solusi power management. Solusi power management yang dihadirkan bertujuan untuk memenuhi critical loads di perusahaan dan instansi di Indonesia.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Datascrip dalam menghadirkan solusi power management untuk kebutuhan critical loads perusahaan/instansi di Indonesia. Teknologi UPS dari Eaton tidak hanya menjamin mencegah terjadinya downtime equipment, juga dapat meningkatkan efisiensi, andal dan tahan lama,” ucap Isabel Chong, Eaton Country Manager untuk Singapura, Indonesia dan Malaysia. 

Penandatanganan kerja sama antara pt. Datascrip dan Eaton

Keandalan UPS Eaton

Perusahan-perusahaan yang membutuhkan critical loads dan daya tinggi mencakup operator telekomunikasi, data center, rumah sakit, perbankan dan manufaktur. Datascrip memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan tersebut dengan menghadirkan solusi UPS Eaton yang efisien, aman, andal dan menjamin produktivitas. Berikut ini adalah beberapa teknologi canggih yang terdapat pada UPS Eaton.

  • HotSync Paralleling yang berfungsi menjaga kesabilan daya dan mencegah terjadinya downtime equipment. Ketika dalam sistem UPS paralel ada satu sistem UPS bermasalah, maka teknologi ini akan otomatis mensinkronisasi penyesuaian daya dengan cepat.
  • Advanced Battery Management (ABM) memperpanjang umur baterai dua kali lebih lama dari baterai biasa. Teknologi ini otomatis mengatur waktu pengisian sebelum daya habis dan memastikan baterai dalam kondisi penuh.
  • Energy Saver System (ESS) akan menangguhkan daya UPS ketika tak dibutuhkan sehingga sangat efisien sampai 99%. Teknologi ini juga menjamin peralihan dari mode By Pass ke mode Konversi Ganda UPS hanya dalam 2 mili detik. Selain itu teknologi ini juga memaksimalkan efisiensi energy saat beban listrik rendah dan mencegah downtime equipment. Teknologi Variable Management Modul System (VMSS) pun dibekali pada UPS Eaton.

Data riset Gartner mengungkapkan bahwa biaya listrik terus meningkat, energi berada di peringkat kedua setelah tenaga kerja. UPS Eaton juga bisa dijadikan distribusi sumber daya energi terdistribusi melalui solusi Eaton EnergyAware sehingga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Solusi tersebut dapat membantu perusahaan mengoptimalkan sumber listrik dari UPS secara lebih efisien. Operator distribusi energi bisa mengatur energi dalam satu kesatuan dengan pengelolaan banyak aset di satu gedung atau lingkungan sekitar.

Solusi Power Management Eaton

Solusi Eaton EnergyAware memungkinkan pengendalian waktu dan jumlah daya yang akan disalurkan. Biaya tagihan listrik dapat diturunkan dengan menggunakan solusi tersebut ketika beban puncak dari sumber energi utama. Penghasilan tambahan bisa diperoleh dengan mendistribusikan energi ke lingkungan sekitar. 

Baca juga: Huawei Bahas Pentingnya Solusi TIK pada Industri Tenaga Listrik

Baterai Lithium-ion digunakan pada solusi Eaton EneryAware. Kelebihan dari baterai jenis ini adalah masa pakai yang lebih panjang atau delapan kali siklus baterai VRLA. Baterai VRLA sendiri masih digunakan pada teknologi UPS lama. Lithium-ion lebih ramah lingkungan karena mengurangi siklus penggantian baterai, penggunaan listrik lebih optimal dengan memanfaatkan perangkat penyimpanan energi ini. Biaya tagihan listrik perusahaan pun bisa lebih rendah. 

Eaton adalah perusahaan pengelolaan energi pertama yang menggabungkan teknologi baterai Lithium-ion dengan UPS berkapasitas 1.200 KW di tahun 2020 ini. Penerapan tersebut dilakukan pada sektor teknologi informasi dan telekomunikasi di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email