VMware dan Samsung Bekolaborasi Dukung Operator Telekomunikasi Sediakan Layanan 5G VMware dan Samsung Bekolaborasi Dukung Operator Telekomunikasi Sediakan Layanan 5G ~ Teknogav.com

VMware dan Samsung Bekolaborasi Dukung Operator Telekomunikasi Sediakan Layanan 5G

Teknogav.com - VMware dan Samsung Electronics Co., Ltd. berkolaborasi untuk mendukung para operator telekomunikasi mempercepat peluncuran 5G dan ketersediaan layanan berbasis 5G. Langkah ini dilakukan dengan mengoptimalkan seluruh portofolio Samsung, yang mencakup Core, Edge, RAN dan lain-lain melalui VMware Telco Cloud Platform. Pengoptimalan tersebut baik di lingkungan containerized network functions (CNFs) maupun virtualized network functions (VNFs).

“Perkembangan jaringan 5G yang inovatif dan terbuka makin marak dalam mentransformasikan lanskap industri saat ini. Samsung dan VMware melihat peluang dan tingginya nilai yang dapat dicapai dengan menyuguhkan solusi berkelas carrier. Hal ini akan memudahkan operator telekomunikasi berkecimpung dalam teknologi cloud native dan menghadirkan fungsi serta layanan jaringan di jaringan 5G. Penyediaan ini bisa dilakukan secara efisien dengan dukungan automasi,” ucap Wonil Roh, Senior Vice President and Head of Product Strategy, Networks Business di Samsung Electronics.

Jaringan cloud native dapat menyediakan layanan masa kini dengan cepat berkat jaringan cloud-first yang sudah terotomatisasi. Pengelolaan dan operasional pun menjadi lebih simpel dengan biaya yang bisa ditekan. Hal ini menjadi penting bagi operator telekomunikasi agar bisa lebih fleksibel dan efisien dalam memberikan layanan bagi industri-industri vertikal.

Baca juga: VMware 5G Telco Cloud Platform Siap Fasilitasi Aplikasi-Aplikasi Teknologi Canggih

Desain jaringan end-to-end yang lebih baik dapat mempercepat siklus inovasi yang menjadi tujuan kemitraan antara Samsung dengan VMware. Kemitraan ini juga mendukung kegesitan yang dibutuhkan jaringan 5G. Operator telekomunikasi bisa menggelar jaringan software-defined 5G yang bersifat cloud native menggunakan VMware Telco Cloud Platform. Proses penyampaian layanan dan aplikasi ke seluruh telco cloud yang lokasinya tersebar pun bisa dilakukan lebih cepat berkat platform tersebut. 



Platform dari VMware memungkinkan pelaksaan operasional secara konsisten, pengelolaan siklus hidup yang terintegrasi dan automasi berlapis. Tingkat performa, skalabilitas dan keandalan pun tetap terjaga layaknya operator telekomunikasi pada umumnya.

VMware dan Samsung sedang bekerja bersama-sama dalam laboratorium Samsung untuk mengoptimalkan dan mempercepat kesiapan berbagai layanan Samsung VNFs dan CNFs. Layanan tersebut mencakup 5G Core, Analytics, MEC, Management, vRAN dan lain-lain dengan dukungan VMware Telco Cloud Platform. Proses onboarding dan layanan-layanan siap 5G bisa digelar pada VMware Telco Cloud Platform. Hal ini dimungkinkan dengan mengintegrasikan Samsung VNFs dan CNFs dengan program VMware Ready for Telco Cloud. Harapannya program tersebut bisa mendukung operator telekomunikasi mempercepat waktu sampai peluncuran siap dilakukan dan waktu sampai menghasilkan pendapatan perusahaan.

Baca juga: VMware Gandeng NVIDIA Kembangkan Next-Gen Hybrid Cloud dan AI

“Infrastruktur yang mendukung 5G nantinya akan bergantung pada solusi VNFs dan CNFs yang disampaikan platform-platform mutakhir. Platform-platform tersebut mencakup software-defined telco and edge cloud platforms. Kami sangat antusias dapat berkolaborasi bersama Samsung dalam menghadirkan solusi-solusi berkelas carrier melalui pendayagunaan portofolio VMware Telco Cloud secara optimal. Operator telekomunikasi pun dapat meraih setiap momentum 5G yang hadir, sekaligus mampu mendukung mereka dalam bertransformasi menjadi inovator-inovator teknologi terkemuka,” ucap Shekar Ayyar, executive vice president and general manager, Telco and Edge Cloud Business Unit, VMware.

Patrick Filkins, analis riset senior di IDC mengatakan bahwa investasi 5G diprediksi akan terus meningkat secara global. Seiring dengan hal tersebut operator telekomunikasi diharapkan terus mengembangkan fokus cakupan bisnisnya, tak hanya menghadirkan Enhanced Mobile Broadband (eMBB). Mereka diharapkan juga dapat menjangkau sampai penyediaan Ultra-Reliable Low-latency Communications (URLLC) dan Massive Machine-type Communications (mMTC).  Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan infrastruktur core, edge dan RAN yang canggih. Jadi operator sebaiknya mempertimbangkan pengadopsian arsitektur-arsitektur canggih yang cloud native agar bisa efisien dan simultan mendukung layanan-layanan mutakhir tersebut.

Baca juga: Kinerja Keuangan Kuartal Kedua Tahun Fiskal 2021 VMware Memuaskan

“Pengadopsian arsitektur-arsitektur canggih yang cloud native bisa menghadirkan layanan lebih gesit, mendukung pertumbuhan inovasi yang cepat dan optimalisasi menyeluruh. Operator telekomunikasi dapat melakukan adopsi tersebut demi memenuhi kebutuhan pelanggan di masa kini dan masa depan. Kolaborasi antara VMware dan Samsung menggambarkan cara kepemimpinan mereka di kancah 5G. Kami melihat kemitraan ini akan sangat menguntungkan operator telekomunikasi terutama dengan makin gencarnya strategi untuk memodernisasi infrastruktur jaringan di kalangan mereka saat ini,” ucap Patrick.

Share:

Artikel Terkini