io2 Block Express EBS Volumes, SAN Pertama untuk Cloud io2 Block Express EBS Volumes, SAN Pertama untuk Cloud ~ Teknogav.com

io2 Block Express EBS Volumes, SAN Pertama untuk Cloud

Teknogav.com – Amazon Elastic Block Store (EBS) telah menjadi komponen penting EC2 sejak diluncurkan pada tahun 2008. Kini tersedia enam pilihan volume HDD dan SDD, masing-masing dirancang untuk melayani use case khusus dan memberikan sejumlah kinerja tertentu. Kini AWS menawarkan io2 Block Express EVS Volumes yang menyediakan throughput lebih tinggi. Ini adalah Storage Area Network (SAN) pertama yang dibangun untuk cloud.

Pada awal tahun AWS juga telah meluncurkan io2 volume dengan durabilitas 100 kali lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan versi io1 sebelumnya, maka io2 ini memiliki 10x IOPS/GiBs. IOPS maksimal pada io2 ini bahkan empat kali makksimal IOPS pada gp2 dan gp3. Volume io2 sangat cocok untuk aplikasi dengan kebutuhan I/O yang tinggi dan sensitif terhadap latensi. Tuntutan kebutuhan ini juga termasuk kinerja tinggi dan beban kerja kritis bisnis.

Baca juga: Amazon EBS gp3 Volumes Mungkinkan Pengaturan Kinerja Terpisah dari Penyimpanan

Kendati demikian, tetap saja ada pelanggan yang membutuhkan IOPS lebih banyak lagi untuk tuntutan beban kerja yang lebih tinggi. Tentu saja mereka bisa menggabungkan beberapa io2, tetapi akan lebih sulit dikelola dan mendapatkan kinerja yang dibutuhkan. AWS pun memperkenalkan io2 Block Express yang dirancang untuk memberikan kinerja lebih tinggi lagi.

Layanan ini dibangun pada arsitektur EBS Block Express baru yang memanfaatkan beberapa protokol komunikasi canggih. Pengimplementasian protokol komunikasi canggih ini sebagai bagian dari AWS Nitro System. Io2 Block Express akan memberikan sampai 256K IOPS dan troughput 4000 MBps, serta ukuran volume maksimum 64 TiB. Seluruhnya dengan latensi I/O bervariasi rendah sub-milidetik. Throughput diatur dengan skala proporsional pada 0,256 MBps per IOS yang diprovisioning, sampai maksimum 4000 MBPs per volume. 

Baca juga: AWS Ungkap Pencapaian Tahun 2020 dan 8 Tips Kunci Reinvent   

Pengaturan dapat dilakukan 1000 IOPS per GiB penyimpanan, dua kali lipat dari sebelumnya. Peningkatan ukuran volume dan throughput yang lebih tinggi berarti tak perlu lagi menggunakan beberapa volume EBS bersama-sama, sehingga mengurangi kompleksitas dan overhead pengelolaan.
Layanan ini dapat memberikan kinerja luar biasa untuk beban lerja Apache Cassandra, Microsoft SQL Server, Oracle dan SAP HANA. Selain itu juga bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi pemrosesan transaksi seperti sistem reservasi pesawat dan perbankan yang dahulu membutuhkan penggunaan Storage Area Network (SAN) yang mahal dan tidak fleksibel. 

Baca juga: Habana Gaudi dan AWS Trainium, Prosesor Pelatih Model ML Andalan  

Pada tahun 2021 nanti, AWS akan menambahkan fitur-fitur SAN tambahan. Fitur-fitur tersebut mencakup Multi-Attach, I/O Fencing, Fast Snapshot Restore dan Elastic Volumes.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email