Inspirasi Kado Natal Bagi Anak Berdasarkan Analisis Kaspersky Safety Kids Inspirasi Kado Natal Bagi Anak Berdasarkan Analisis Kaspersky Safety Kids ~ Teknogav.com

Inspirasi Kado Natal Bagi Anak Berdasarkan Analisis Kaspersky Safety Kids



Teknogav.com
– Anak-anak biasanya telah membuat wishlist Natal selama periode bulan November. Kaspersky pun menganalisis metadata anonim yang disediakan sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids di periode tersebut. Hasil analisis tersebut mengungkap minat anak-anak yang paling besar dari hasil penelusuran tertinggi. Kategori penelusuran tertinggi adalah  game, musik, shop dan shopping, mainan, kartun, layanan dan platform, karakter, hobi dan aktivitas.sampai konsol game.

Perayaan Natal dan tahun baru biasanya identik dengan hadiah untuk anak-anak. Bagi orang tua yang ingin membelikan hadiah, Kaspersky menyarankan orang tua untuk memperhatikan minat anak-anak di internet. Hal ini untuk memastikan hadiah yang diberikan sesuai keinginan anak di tahun ini. Orang tua bisa juga mengandalkan hasil penelitian yang dilakukan Kaspersky tersebut sebagai inspirasi. Metadata anonim pada penelitian Kaspersky diperoleh dari Kaspersky Safe Kids selama 25 Oktober sampai 25 November 2020. Data yang dianalisis mencakup permintaan pencarian lebih dari 100 kali dari anak-anak melalui Bing, Google, Mail.ru, Yahoo, Yadex dan YouTube.

Baca juga: AppsFlyer: Remarketing Aplikasi Penting untuk Pertahankan Pengguna dan Lifetime Value

Hasil Analisis Kaspersky Safe Kids

Daftar penelusuran teritinggi anak-anak

Jika dilihat dari persentase, maka minat tertinggi anak-anak ada pada game, yaitu sebesar 44% yang diikuti dengan musik sebesar 14%. Peringkat selanjutnya diduduki oleh toko dan belanja sebesar 10%. Porsi yang sama, yaitu sebesar 6% ditempati oleh kategori mainan, kartun, layanan dan program, serta karakter. Tak disangka justru porsi konsol game hanya 3%.

Baca juga: Gunakan Adjust Automate, Melsoft Games Tingkatkan Efisiensi Pengelolaan Kampanye

Pencarian game di internet tertinggi diduduki Roblox sebesar 23%, lalu diikuti oleh Among Us sebesar 21% dan Minecraft sebesar 20%. Kemudian game populer lainnya mencakup Gacha Life sebesar 16% dan Fortnite sebesar 11%.

Persentase game yang paling diminati

K-POP atau musik asal Korea ternyata berhasil menjuarai kategori musik dengan persentase 48%. Dua band favorit yang mendominasi K-POP adalah BTS sebesar 58% dan BLACKPINK sebesar 42%.

Baca juga: Pengguna JOOX Kini Bisa Nonton dan Berinteraksi Langsung dengan K-Pop 

Pada kategori mainan, LEGO memiliki porsi 51%, yang diikuti dengan Barbie sebesar 22%. Terkait dengan LEGO, biasanya anak-anak mencari LEGO edisi khusus yang berkaitan dengan permainan atau karakter favorit. Edisi LEGO yang paling diminati mencakup Among Us, Harry Potter, Star Wars, Ninjago, Technic, City, Friends dan Minecraft. Peringkat mainan berikutnya ditempati set Playmobil sebesar 11%, L.O.L Surprise! Dolls sebesar 8% dan 5 Surprise Mini Brands sebesar 8%.

Kecilnya minat konsol game dari penelusuran memang di luar dugaan. Pada kategori ini, Nintendo Switch menduduki posisi tertinggi, yaitu 42%. Posisi kedua ditempati PlayStation sebesar 36^ dan Xbox berada di posisi ketiga dengan persentase 22%. Pada Nintendo Switch game yang paling dicari adalah Mario, Animal Crossing dan The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Baca juga: Pre-order PlayStation 5 Sudah Dibuka di Urban Republic 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Kaspersky meyarankan orang tua agar mencari hadiah dari berbagai industri game, budaya pop Korea dan LEGO. Tentu saja selain memberikan hadiah, orang tua sebaiknya tetap menjaga hubungan interaksi dengan anak yang nyaman.

“Ada pepatah populer di internet - 'Google tahu lebih banyak tentangmu daripada ibumu', yang sepertinya terdengar masuk akal. Pengetahuan mengenai penelusuran anak-anak dapat membantu orang tua memahami kebutuhan mereka lebih baik, mempertimbangkan minat, dan menjadi teman yang baik. Tentu saja ini tidak hanya berlaku menjelang perayaan Natal tetapi sepanjang tahun,” ucap Anna Larkina, pakar analisis konten web Kaspersky.

Tips Membina Hubungan Anak dan Orang Tua dari Kaspersky

Berikut ini adalah saran Kaspersky untuk membina hubungan yang baik antara orang tua dan anak.

  • Jangan menghakimi jika anak banyak menghabiskan waktu di video game. Ketimbang membatasi jumlah waktu bermain, sebaiknya bantu anak memecahkan masalah jika mereka ternyata sedang bernasalah dengan sekolah atau kerabat lain.
  • Luangkan waktu untuk bermain game dan menonton serial bersama dengan anak. Lakukan hobi yang sama untuk meningkatkan hubungan
  • Instal solusi Kaspersky Safe Kids untuk memantau, melihat, dan menelusuri kegiatan online anak di berbagai perangkat, tanpa mengganggu ruang pribadi. Solusi ini juga menawarkan saran bermanfaat mengenai cara membantu anak-anak berperilaku aman saat online

Penelitian Kaspersky terkini mengenai minat anak-anak dan insprasi untu memberikan hadiah natal dapat dilihat lebih lanjut pada Kaspersky Daily.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email