ShopeePay Berbagi Tips Fotografi Kuliner dari Food Blogger ShopeePay Berbagi Tips Fotografi Kuliner dari Food Blogger ~ Teknogav.com

ShopeePay Berbagi Tips Fotografi Kuliner dari Food Blogger



Teknogav.com - ShopeePay berbagi tips bagi para pelaku usaha untuk dapat terus mengembangkan bisnis selama pandemi di acara ShopeePay Talk. Setiap bulan ShopeePay Talk digelar ShopeePay dengan berbagai tema menarik untuk berbagi insight dengan pelaku usaha. Tema yang diusung pada ajang ShopeePay Talk kali ini adalah ‘Pertajam Skill, Maksimalkan Hasil’. Pemilihan tema ini untuk membahas berbagai keahlian yang diperlukan wirausahawan agar dapat terus mengembangkan bisnis dan meraup keuntungan.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk membantu dan berkembang bersama para mitra usaha. ShopeePay ingin mengupas lebih dalam berbagai keterampilan yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk mendorong pertumbuhan bisnis secara digital melalui ShopeePay Talk. Upaya ini juga menjadi langkah lanjutan kami dalam mndorong konsumsi dalam negeri. Kami juga ingin berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi nasional dengan UMKM sebagai tuas ekonomi,” ucap Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

Baca juga: ShopeePay Gandeng Xendit untuk Jangkau Lebih Banyak Merchant

Bedi Zubaedi, Presiden Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (APKULINDO)

“Setelah melewati masa sulit selama awal pandemi, kini kami melihat bisnis makan dan minuman (F&B) mulai menunjukkan tren peningkatan. Semua orang memilih untuk di rumah saja dan terbentuklah kebiasaan baru. Bagi pemilik usaha yang sebelumnya cukup berjualan secara offline, kini harus berinovasi untuk menjangkau masyarakat yang masih membatasi kegiatan fisik. Menjual makanan dalam bentuk frozen adalah salah satu inovasi yang cerdas untuk menjangkau mereka, ucap Bedi Zubaedi, Presiden Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (APKULINDO).

Baca juga: Transaksi ShopeePay dengan YouTap Melonjak Lima Kali Lipat

Pandemi turut menjadi pemicu meningkatnya berbagai layanan online. Bedasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penjualan online tertinggi berada di sektor manakan dan minuman. Peningkatan ini mencapai 1070%. Fakta ini menjadi alasan kuat pentingnya beradaptasi dengan teknologi dan berinovasi dalam penjualan. Inovasi ini seperti menjual produk dalam bentuk makanan beku sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin makan di rumah. Produk makanan beku harus dikemas secara menarik sehingga dibutuhkan foto produk yang kreatif untuk menarik minat pembeli.

Rifqi Mohammad A.S., CEO dan pendiri NoMi-NoMi Delight.

“NoMi-Nomi Delight berinovasi menghadirkan varian ramen halal dalam bentuk frozen agar bisa menjangkau dan melayani para pelanggan kami di rumah. Inovasi ini memberikan keuntungan ganda. Kami optimis dapat terus bertahan ke depannya,” ucap Rifqi Mohammad A.S., CEO dan pendiri NoMi-NoMi Delight.

Tips Fotografi Membuat Foto Produk Menarik

Contoh foto makanan

Tak hanya sebatas diskusi, ShopeePay Talk pun memberikan tips dengan mendemonstrasikan cara mendapatkan foto yang menarik. Tips ini disampaikan dan diperagakan oleh Windy Iwandi, Food Blogger dengan akun Instagram @Foodirectory. Berikut ini adalah lima tips fotografi dari Windy.

  1. Pencahayaan yang cukup merupakan kunci utama fotografi, dan usahakan memperoleh penerangan alami dari sinar matahari. Jadi bersahabatlah dengan jendela di mana sinar matahari bisa langsung melewatinya. Jika sulit, maka bisa juga memanfaatkan sinar lampu.
  2. Beri kesan bersih dengan memilih latar belakang yang netral atau satu warna seperti putih, cokelat atau motif kayu. Hal ini agar foto lebih fokus pada penataan produk makanan di atas meja. Pemotretan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan peralatan di rumah seperti kain sebet, peralatan makan atau nampan kayu.
  3. Kamera smartphone pun kini bisa diandalkan untuk memotret jika tak mempunyai kamera canggih seperti DSLR. Pelajari mode dan fitur kamera di smartphone tersebut. Bisa juga menonton tutorial dan tips yang ada di internet.
  4. Close up atau pemotretan jarak dekat penting untuk memperlihatkan detail makanan. Hal ini agar pesan dari makanan tersebut bisa disampaikan dengan baik. Usahakan foto tidak blur saat memotret dengan metode ini.
  5. Sunting foto secukupnya seperti dengan membuat warna makanan lebih hidup dan tetap alami. Beberapa aplikasi penyuntingan yang bisa digunakan mencakup Light Room, Snap Seed, VSCO, dan lain-lain.
Windy Iwandi, Food Blogger dari @Foodirectory

“Fotografi merupakan keterampilan yang sangat penting bagi semua lini bisnis, yang menuangkan cerita menjadi foto penuh makna. Bagi bisnis kuliner online, foto produk makanan yang menggugah selera sangatlah krusial. Hal ini untuk menarik minat konsumen agar membeli,” tutup Windy.

Baca juga: Transaksi dengan Youtap di Drive-Thru McDonalds Naik 4 Kali Lipat 

ShopeePay Talk berusaha untuk terus bermanfaat dan memberikan masukan positif bagi pelaku usaha, terutama di masa-masa sulit. Penggunaan ShopeePay dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play dan App Store. Sementara itu bagi merchant yang ingin bisa menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran dapat memindai QRcode berikut ini.


Share:

Artikel Terkini

Follow by Email