Kini Telegram Bisa Impor Riwayat Chat Messenger Lain Termasuk WhatsApp Kini Telegram Bisa Impor Riwayat Chat Messenger Lain Termasuk WhatsApp ~ Teknogav.com

Kini Telegram Bisa Impor Riwayat Chat Messenger Lain Termasuk WhatsApp


Teknogav.com- Sejak WhatsApp mengumumkan kebijakan baru, banyak pengguna berbondong-bondong beralih ke layanan messenger lain, salah satunya adalah Telegram. Momen tersebut pun dimanfaatkan Telegram untuk menambahkan kemampuan baru mengimpor riwayat chat dari WhatsApp. Tak hanya riwayat chat pada WhatsApp, pengguna Telegram juga bisa mengimpor riwayat chat dari KakaoTalk dan Line. Fitur tersebut ditujukan agar pengguna tidak kehilangan percakapan lama ketika ingin beralih layanan berkirim pesan.

Baca juga: Facebook Ingin Kirim Pesan Bisa Lintas Aplikasi 

Telegram menambahkan fitur baru ini pada Telegram untuk iOS versi 7.4 yang diluncurkan pada  27 Januari 2021. Sementara itu untuk Android, fitur baru ini dihadirkan pada 28 Januari 2021. Chat dapat diimpor dari WhatsApp ke Telegram versi terkini dan melanjutkan percakapan jika pengguna WhatsApp tersebut sama-sama memiliki akun Telegram.

pembaruan pada versi Telegram 7.4 dan 7.4.1 terkini

Penambahan fitur tersebut berdampak pada peningkatan jumlah pengguna Telegram yang semakin besar. Kini pengguna aktif layanan tersebut telah mencapai lebih dari 500 juta di seluruh dunia. Asal mula dari beralihnya pengguna ini adalah kebijakan privasi WhatsApp yang baru yang mengarah ke soal privasi. Belakangan, pengenalan kebijakan baru tersebut ditunda WhatsApp dan menegaskan bahwa kebijakan tersebut tidak mempengaruhi keamanan chat konsumer atau data profil.

Baca juga: Tips Optimalkan Keamanan dan Privasi WhatsApp 

Bagi pengguna yang beralih dari WhatsApp ke Telegram, kemampuan untuk mengambil riwayat chat ke messenger yang baru tentu memperlancar pengalihan. Proses impor berlaku berdasarkan chat-by-chat, namun berlaku untuk chat individu maupun percakayan grup, setidaknya pada proses impor dari WhatsApp. 

cara eksport riwayat chat pada WhatsApp

Jika ingin mengimpor chat dari layanan pengiriman pesan Facebook pada iOS, buka percakapan yang relevan. Kemudian ketuk grup atau nama kontak dari bagian atas chat untuk membuka informasinya di layar. Setelah itu pilihan “Export Chat” akan terbuka pada Share Sheet di iOS, dan terlihat opsi untuk memilih Telegram. Cukup piliha chat Telegram untuk mengimpor pesan tersebut. Sementara itu di Android, opsi “Export Chat” pada WhatsApp dapat ditemukan di menu “More”. Menu tersebut dapat dibuka dengan menekan tombol tiga titik di pojok kanan atas chat.

Baca Juga: Tips Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan dan Registrasi Ulang 

Setiap pesan yang diimpor ke dalam chat akan memiliki label “Imported” kecil yang menunjukkan waktu pengiriman aslinya. Ketika pesan tersebut dibawa ke Telegram, pesan dapat terlihat ke seluruh partisipan chat. Tersedia pilihan untuk mengimpor riwayat chat di WhatsApp dengan atau tanpa file gambar. Pesan yang diimpor tampil secara berukuran sesuai pesan tersebut diimpor, bukan berdasarkan urutan pengiriman aslinya.

Telegram mendukung riwayat chat yang diimpor bersama dengan berbagai fitur berguna lain untuk layanan pengiriman pesan. Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk mengatur volume untuk partisipan voice chat secara individu. Selain itu tersedia juga fitur untuk melaporkan “fake groups or channels” yang berupaya untuk meniru orang atau organisasi ternama.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email