GBG Intelligence Center Dukung Compliance Institusi Perbankan dan Cegah Fraud GBG Intelligence Center Dukung Compliance Institusi Perbankan dan Cegah Fraud ~ Teknogav.com

GBG Intelligence Center Dukung Compliance Institusi Perbankan dan Cegah Fraud


Teknogav.com – GBG Intelligence Center adalah platform terkini dari GBG yang mendukung organisasi melakukan proses validasi dan verifikasi secara lebih baik. Platform ini juga bisa menilai profil, peprilaku dan tujuan individu atau entitas lain di berbagai aplikasi dan perangkat. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengubah data mentah menjadi intelijen data untuk mendeteksi penipuran dan meningkatkan akurasinya.

Solusi GBG

Platform GBG Intelligence Center adalah salah satu dari modul utama platform GBG Digital Risk Management & Intelligence. GBG merupakan spesialis teknologi intelijen lokasi, fraud dan compliance, serta identitas global. Perusahaan ini membantu suatu organisasi untuk memvalidasi dan memverifikasi identitas dan lokasi pelanggan mereka secara cepat. Selain itu juga dapat mendeteksi perilaku mencurigakan, mengelola compliance, dan mencegah fraud.

Penggunaan Platform GBG Intelligence pada Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan dapat memangaatkan platform GBG Intelligence Center untuk meningkatkan kecerdasan data dan verifikasi identitas, sehingga mempercepat proses persetujuan. Apalagi seiring dengan peningkatan permintaan perbankan digital dan layanan keuangan lain di Indonesia. Data BPS menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penggunaan layanan perbankan sampai 67,2% di Q4 tahun 2020 dari tahun ke tahun. Peningkatan permintaan tersebut tentu saja menuntut kegesitan lembaga keuangan agar dapat memanfaatkan layanan di tahun 2021.

Platform Intelligence Center memudahkan Lembaga Keuangan untuk menambah solusi baru untuk mempersigap Lembaga Keuangan unntuk meningkatkan kepercayaan nasabah. Pertahanan dari pelaku kejahatan pun bisa diperkuat dengan 9 tindakan pencegahan penipuan tambahan dari GBG Intelligence Center.  Kemampuan tersebut disajikan dengan terkoneksinya GBG Intelligence Center dengan teknologi dan mitra data. Berikut ini adalah 9 kemampuan pada platform GBG, yaitu:

  • Autentikasi dokumen
  • Keamanan endpoint
  • Pencocokan identitas
  • Verifikasi identitas
  • Penilaian alamat email dan IP
  • Penilaian kredit digital
  • Penilaian seluler
  • Validasi alamat
  • Verifikasi biometrik
Baca juga: Fitur Face Login Sekarang Bisa Digunakan Seluruh Akun DANA

pimg border="0" data-original-height="519" data-original-width="921" src="https://3.bp.blogspot.com/-So9e73Tlirg/YBOTq2sc5AI/AAAAAAAACPI/fVtEr9CXPhEowdOVNzfW-svQDqhS9hCzACLcBGAsYHQ/s16000/12.JPG" />
contoh penggunaan GBG Intelligence Center pada proses pengajuan kartu kredit atau pinjaman

Contohnya adalah ketika seorang calon nasabah mengajukan pembuatan kartu kredit. Platform ini akan melakukan verifikasi identitas karena terhubung ke Dukcapil, SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) dan DJP (Direktorat Jenderal Pajak). Pemrosesan pengajuan akan dilakukan otomatis dari data calon nasabah. Pemeriksaan data dilakukan secara otomatis, demikian juga dengan nilai fraud, sehingga dapat mempercepat proses persetujuan. Penerapan layanan ini dapat mempercepat pengajuan kartu kredit dan juga pinjaman.

Baca juga: Kofax dan GovTech Dukung AIA Sediakan Fitur Sign with SingPass

Selain itu, platform ini juga memberikan akses on-demand ke berbagai solusi untuk mengatasi berbagai jenis penipuan baru. Penipuan tersebut mencakup penipuan identitas, pencurian identitas, rekayasa sosial, kejahatan siber dan lain-lain. Perusahaan pengguna platform GBG Intelligence Center akan mendapat lisensi dan mengaktifkan kemampuan sesuai kebutuhan. Proses danpat dirancang dan dijalankan sesuai kebutuhan perusahaan menggunakan Workflow Manager sehingga meningkatkan efisiensi deteksi penipuan.

Kemampuan pada GBG Intelligence Center mencakup solusii panten milik GBG. Solusi tersebut mencakup Loqate untuk validasi alamat internasional dan greenID untuk verifikasi biometrik, wajah, dan identitas international. Selain itu GBG juga bekerja sama dengan mitra teknologi seperti CredoLab  untuk penilaian kredit secara digital. 

Dev Shiman, Managing Director GBG APAC

“Menu kemampuan di Intelligence Center dirancang untuk memenuhi persyaratan pencegahan fraud di ranah digital. Setiap kemampuan membawa ukuran pertahanan yang berbeda untuk perusahaan yang ingin berkembang di ruang online dan seluler. Tujuan kemampuan tersebut adalah untuk menyediakan intelijen data dan asosiasi data selengkap mungkin. Banyaknya lembaga keuangan yang dalam tahap transformasi digital, maka Intelligence Center penting untuk membantu perusahaan mempercepat proses terjun ke pasar. Mereka dapat melakukan transformasi sambil tetap mampu mengatasi ancaman penipuan digital,” ucap Dev Dhiman, Managing Director GBG APAC.


Penggunaan GBG Intelligence Center di Indonesia

Di Indonesia, terdapat tujuh perusahaan pengguna solusi onboarding digital Instinct dari GBG yang sudah menerapkan GBG Intelligence Center. Perusahaan tersebut mencakup bank BUKU 4 BUMN dan beberapa bank swasta besar, perusahaan pay-later dan perusahaan jasa keuangan konsumen. Di Australia, platform ini digunakan pada perusahaan pembangunan dan asuransi.

Perusahaan-perusahaan yang sudah bekerja sama dengan GBG

Perbankan tersebut telah menggunakan GBG Intelligence Center untuk mendukung portofolio layanan perbankan ritel mereka. Layanan tersebut mencakup pinjaman pribadi dan rumah, kartu kredit dan aplikasi pembiayaan kendaraan. Efisiensi onboarding konsumen baru meningkat sampai 85% berkat kemampuan pengambilan keputusan langsung menggunakan platform ini setelah sebelumnya dilakukan secara manual.

Baca juga: Pencairan Dana Insentif Program Kartu Prakerja Sudah Bisa Dilakukan DANA

GBG Intelligence Center memungkinkan bank untuk mengakses dan mengasimilasi data dari sumber-sumber data lain. Data tersebut termasuk dari gudang data internal bank untuk memperkirakan pendapatan. Sumber data eksternal diperoleh dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan SLIK. Data-data eksternal tersebut juga bisa dipakai untuk mendapatkan profil pemohon pinjaman yang akurat dan holistik.

contoh penggunaan GBG Intelligence Center

Sumber data juga diperoleh dari ASLI RI dan berbagai perusahaan telekomunikasi seperti Indosat, Telkomsel dan XL Axiata. Data tersebut digunakan untuk meningkatkan efisiensi pencegahan penipuan dan onboarding. Solusi manajemen fraud dari hulu ke hilir pada GBG Intelligence Center memudahkan perbankan dalam mengelola sekitar 5000 pendaftaran per hari. Platform GBG Intelligence Center tersebut dapat digunakan untuk mendukung perbankan di cabang konvensional maupun digital.

“Selain memberikan kemampuan pencegahan penipuan berlapis sesuai kebutuhan, GBG Intelligence Center juga meningkatkan efisiensi. Ini karena platform ini memungkinkan perusahaan keuangan menyatukan sejumlah besar data ke dalam satu platform. Koneksi ke Digital Risk Management, Intelligence Platform GBG dan ekosistem mitra, memungkinkan lembaga keuangan mengubah data menjadi insights dan intelligence. Mereka pun dapat membuat keputusan lebih baik,” ucap Dhiman.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email