Picu Kinerja Bisnis, XL Axiata Tingkatkan Data Analitik dengan Cloudera Picu Kinerja Bisnis, XL Axiata Tingkatkan Data Analitik dengan Cloudera ~ Teknogav.com

Picu Kinerja Bisnis, XL Axiata Tingkatkan Data Analitik dengan Cloudera

Teknogav.com - PT. XL Axiata Tbk., (XL Axiata) berupaya memaksimalkan kinerja bisnis dengan meningkatkan pemakaian data analitik menggunakan platform manajemen data cloud-agnostic dari Cloudera. Platform tersebut menyediakan teknologi data, analitik, artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML). Perpaduan teknologi tersebut akan menyajikan gambaran menyeluruh 360⁰ mengenai pelanggan, mengurangi churn, meningkatkan kinerja jaringan dan memicu inovasi.

Kerja sama antara XL Axiata dengan Cloudera merupakan bagian dari transformasi digital yang terus digalakkan manajemen XL Axiata. Saat ini XL Axiata mengandalkan Synapse, platform sharing di grup perusahaan yang memanfaatkan data untuk membangun budaya perusahaan. Fitur utama Synapse adalah qbo Insight yang merupakan alat percakapan layanan mandiri berbasis AI dari Unscrambl (mitra Cloudera). Platform Cloudera mentenagai fitur yang memungkinkan pengguna bertanya seputar bisnis untuk mendapatkan data yang dibutuhkan tersebut. Pertanyaan bisa berupa pendapatan, jumlah pelanggan, penggunaan dan konsumsi. Data pun bisa diperoleh setiap saat dan di mana saja.

Baca juga: Telkomsel dan OVO Menangkan Data Impact Awards yang Digelar Cloudera

“XL Axiata memiliki visi untuk menjadi penyedia konektivitas data yang paling dipilih pengguna di Indonesia dengan integritas tinggi. Kami dapat mengelola data secara lebih efektif menggunakan teknologi dari Unscrambl dan platform Cloudera. Pengguna (user) paling non-teknis sekalipun bisa mengakses data dan menggali insight yang diperlukan untuk mengambil keputusan berbasis data secara cepat. Kami berharap kemitraan strategis ini dapat mendorong kemajuan bisnis dan menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik bagi pelanggan kami,” ucap David Arcelus, Director & Chief Commercial Officer XL Axiata.

Sejumlah 90% pertanyaan yang diajukan bisa dijawab sistem Synapse dalam waktu kurang dari 5 detik, dan sisanya sekitar 1 menit. Kecepatan menjawab pertanyaan ini tergantung dari kompleksitas pertanyaan. Business user yang memerlukan data setiap saat dan di mana saja dapat memperoleh akses instan dari tool tersebut. Hal ini menjadikan tool tersebut sangat berguna saat pembatasan sosial yang diterapkan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19. Pengguna juga bisa melakukan analitik faktor hanya dalam hitungan detik menggunakan algoritma berbasis ML/AI.

Baca juga:  Cloudera Luncurkan CDP Private Cloud, Solusi Pengelolaan Data yang Fleksibel

“Pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan layanan yang signifikan bagi seluruh operator telekomunikasi di Indonesia. Permintaan tinggi ini menimbulkan tantangan untuk lebih cepat menghasilkan produk dan layanan yang customer-centric dan menarik di tengah pembatasan sosial. Kami bangga dapat mendukung XL Axiata mencapai demokratisasi data melalui platform Cloudera yang mendukung analisis multi-function, aman, governed, Platform ini merupakan open platform yang menyediakan fleksibilitas dan skalabilitas tinggi. Solusi ini telah mendorong XL Axiata senantiasa mengambil keputusan bisnis yang berdasarkan data dan insight-driven. Dukungan tersebut mempercepat menghasilkan produk dan layanan yang lebih disukai para pengguna di Indonesia,” ucap Fanly Tanto, Country Manager Cloudera Indonesia. 

Baca juga: Gunakan Platform Data Analytics Cloudera, Ini Tiga Fokus Bank Mandiri

Tool tersebut juga dapat mengurangi ketergantungan pada tim TI. Hampir semua departemen yang membutuhkan data menggunakan tool ini, sehingga menghasilkan satu single source of truth bagi keseluruhan organisasi. Investasi pun tak perlu dilakukan lagi pada data stack baru, cukup menggunakan ekosistem yang sudah ada, yaitu platform Cloudera. Data pun bisa dihadirkan untuk lebih dari 100 pengguna.

Share:

Artikel Terkini