XL Axiata Optimalkan Jaringan dengan Ericsson Cognitive Software XL Axiata Optimalkan Jaringan dengan Ericsson Cognitive Software ~ Teknogav.com

XL Axiata Optimalkan Jaringan dengan Ericsson Cognitive Software

Teknogav.comEricsson Cognitive Software adalah platform big data multi-vendor dan multi teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI). Platform ini berfungsi untuk meningkatkan pengalaman jaringan dengan kinerja dan skalabilitas yang andal. Keandalan platform ini diiringi rasionalisasi biaya operasional (OPEX), peningkatan loyalitas pelanggan dan peningkatan EBITDA (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi).

XL Axiata akan menggunakan solusi Cognitive Software yang disediakan layanan optimisasi jaringan dari Ericsson untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Pengaturan platform dilakukan modul berbeda untuk bekerja secara mulus di seluruh siklus jaringan, yang mencakup perencanaan, rancangan, penyetelan dan optimasi. Penerapan platform akan proaktif mengaudit jaringan dan memantau Ericsson Radio Network dalam menyediakan informasi. Selain itu juga memberi perhatian khusus terkait kapasitas dan kinerja jaringan.

Baca juga: Indosat Ooredoo Gandeng Ericsson Terapkan Teknologi Otomatisasi, ML dan AI

 AI Intelligent Transportation Traffic

Layanan optimisasi jaringan tersebut akan diterapkan XL Axiata di seluruh daerah terpadat di Indonesia, termasuk Jabodetabek dan Jawa Tengah. Jaringan yang tercakup dalam optimasi adalah 2G, 3G, 4G dan VoLTE dengan penilaian dan rekomendasi kualitas transport di wilayah-wilayah tersebut.

“Kami perlu menanamkan analitik dan machine learning (ML) dalam alat perencanaan, perancangan dan optimasi. Langkah ini untuk mewujudkan visi kami dalam membangun jaringan yang paling hemat biaya sehingga memberikan pengalaman pelanggan terbaik. XL Axiata sudah memulai Zero Touch Operations sejak 2020. Kami yakin kerjasama dengan Ericsson dapat mendukung ambisi kami,” ucap I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Baca juga: Dukung Implementasi 5G, Ericsson Luncurkan Standalone NR dan Solusi Cloud

Layanan optimisasi Ericsson mencakup pemakaian Cognitive Planning, Cognitive Tuning dan Cognitive Optimization. Kemampuan tersebut menjamin perluasan kapasitas secara proaktif dan keandalan jaringan sebagai dasar menyajikan pengalaman terbaik bagi pelanggan XL Axiata. Berikut ini adalah penjelasan dari setiap layanan tersebut:

  • Cognitive Planning berfungsi untuk memprediksi kebutuhan ekspansi
  • Cognitive Tuning berfungsi untuk mengatasi kebutuhan drive test dan memberi wawasan unik yang bisa memberikan gambaran pelanggan di mana saja. Layanan ini memberikan rekomendasi yang sangat akurat, termasuk wawasan kompetitif dari data crowdsourced pelanggan.
  • Cognitive Optimization berfungsi untuk mendiagnosis secara mendalam, mendeteksi secara proaktif, dan menyelesaikan masalah kinerja
Baca juga: Ericsson Cloud RAN Buka Peluang Bisnis dan Beragam Penggunaan 5G

“Ericsson Cognitive Software akan memperkuat tekad kuat XL Axiata untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan dan keunggulan operasional. Solusi ini akan mengurangi biaya operasional dan kompleksitas serta memberikan pengalaman jaringan ke generasi selanjutnya. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata dalam perjalanan transformasi ini,” ucap Jerry Soper, Country Head Ericsson Indonesia.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email