Arylic, Audio Streamer Bagi Pehobi Home-Audio Arylic, Audio Streamer Bagi Pehobi Home-Audio ~ Teknogav.com

Arylic, Audio Streamer Bagi Pehobi Home-Audio


Teknogav.com - Perkembangan teknologi pada umumnya, dan perkembangan dunia internet pada khususnya, tak disangkal telah membawa perubahan kepada nyaris seluruh segi kehidupan. Dunia audio pun  tak lepas dari disrupsi digital sebagai dampak perkembangan internet. Generasi kelahiran tahun 2000-an dan setelahnya boleh jadi akan asing dengan album lagu dalam bentuk CD (compact disc) maupun kaset. Saat ini sudah lebih banyak orang yang beralih ke layanan streaming untuk menikmati musik. Yuk, simak perangkat audio streamer Arylic yang layak dicoba kalangan home-audio.

Tren Layanan Streaming

Layanan streaming musik online saat ini mungkin telah menjadi pilihan sebagian besar penikmat musik. Salah satu layanan streaming musik online yang populer adalah Spotify, yang berlimpah dengan koleksi musik berbagai genre dan zaman.  Koleksi-koleksi lagu vintage yang tidak pernah terbayang bakal menemukan rilisan fisiknya pun kemungkinan besar bisa ditemui di Spotify. Koneksi internet berkecepatan tinggi pun menawarkan kualitas streaming musik yang semakin variatif. Joox dan Deezer, misalnya, merupakan salah satu layanan streaming musik berbayar yang menyediakan layanan streaming musik kualitas tinggi. 

Baca juga: Berbagai Program JOOX Siap Temani Pecinta Musik Secara Gratis 

Perkembangan layanan streamer bagi kalangan home-audio pun cukup membuat perubahan-perubahan dalam perangkat pemutar musiknya. Kemudahan pemakaian dan bentuk yang simple dan stylish menjadi salah satu faktor yang seringkali menjadi pertimbangan. Koneksi smartphone ke perangkat pemutar musik di rumah juga menjadi salah satu titik yang mengalami banyak perkembangan. Cara menghubungkan perangkat pun bisa berbagai macam, salah satunya adalah menggunakan Bluetooth. 

Sayangnya koneksi smartphone ke perangkat pemutar musik melalui Bluetooth masih mengalami beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan koneksi tersebut adalah penggunaan kompresi (codec) dalam transmisi sinyal audionya. Walaupun teknik kompresi ini terus dikembangkan, tapi tetap masih terkompresi secara lossy (ada data yang hilang). Kekurangan transmisi Bluetooth lainnya adalah jangkauan pancar-terimanya yang cukup terbatas.

 

Teknologi Audio Streamer Arylic

Perangkat Audio Streamer, sebenarnya bukan teknologi yang baru. Sonos dan Bluesound mungkin merupakan sebagian brand yang sudah mengaplikasikan teknologi ini ke perangkat audio mereka sejak lama. Arylic mungkin tergolong brand baru di bidang ini, namun ditawarkan dengan harga yang sangat bersaing. 

Baca juga: Kini Speaker Sonos Sajikan YouTube Music

koneksi yang tersedia pada audio streamer

Perbedaan utama dari perangkat audio streamer semacam ini adalah ketersediaan antena Wi-Fi untuk koneksi LAN. Perangkat audio streamer Arylic dikendalikan penuh melalui aplikasi gratis bernama 4STREAM yang disediakan oleh providernya. Aplikasi ini bisa diunduh dari Google Play Store dan App Store. Pengendalian audio streamer dapat dilakukan dari smartphone melalui aplikasi tersebut selama smartpone dan audio streamer berada di jaringan yang sama. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengubah volume, equalizer, memilih lagu, berpindah layanan dan lain-lain.

Aplikasi 4STREAM sudah mengakomodasi layanan streaming musik komersial populer seperti Spotify, Napster, Amazon Music, Deezer, bahkan TIDAL dan QOBUZ. Selain itu tersedia juga internet radio dan iHeartRadio. 

aplikasi 4STREAM

Bagi pengguna Spotify, maka cukup login dengan akun Spotify untuk mengakses koleksi lagu-lagu di Spotify menggunakan aplikasi 4STREAM. Lantunan musik bisa dinikmati melalui audio streamer ke speaker jika smartphone dan audio streamer berada di jaringan Wi-Fi yang sama. Jika memiliki beberapa modul audio streamer yang diletakkan di beberapa ruangan di rumah, semuanya bisa diatur mandiri melalui satu smartphone.

Arylic juga menyediakan begitu banyak macam produk, tak hanya produk siap pakai, tetapi juga dalam bentuk modul atau DIY board. Ketersediaan modul tersebut memungkinkan untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan lebih jauh, dengan audio streamer ini sesuai kebutuhan. Banyak modul dengan berbagai spesifikasinya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pemrograman EQ pun bisa dilakukan menggunakan software ACP Workbench. Perangkat lunak tersebut dapat digunakan untuk mengatur cut-off frequency, equalizer dan lain-lain, sebaiknya gunakan juga peralatan ukur yang memadai.

Baca juga: Review Google Nest Mini, Pemahaman Bahasa Sempurna Siap Kendalikan Smart Home

modul audio streamer Arilyc


Ketersediaan Produk

Beberapa modul Arylic, maupun produk jadinya bisa dibeli melalui e-commerce Tokopedia. Berikut ini adalah beberapa produk yang bisa dijajal untuk dibeli:

Klik untuk membeli Arylic 2.0 Audio Streamer

Klik untuk membeli Arylic 2.1 Audio Streamer

Klik untuk membeli Arylic A50 2.0 Audio Streamer

Nah, bagi yang ingin menikmati musik melalui Audio Streamer, selamat mencoba ya!

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email