Telkomsel Gandeng Huawei Tingkatkan Jangkauan Dalam Ruangan di Gedung Tinggi Telkomsel Gandeng Huawei Tingkatkan Jangkauan Dalam Ruangan di Gedung Tinggi ~ Teknogav.com

Telkomsel Gandeng Huawei Tingkatkan Jangkauan Dalam Ruangan di Gedung Tinggi

Teknogav.com – Huawei Indonesia berkolaborasi dengan Telkomsel untuk mengembangkan inovasi berupa antenna high-gain narrow beam. Solusi ini menyediakan jaringan yang bisa menjangkau sampai ke titik-titik di area dalam ruangan dengan cara mendukung antena-antena luar ruangan. Penggunaan solusi ini ditujukan untuk meningkatkan jangkauan di dalam ruangan dan menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Solusi antenna high-gain narrow beam sudah mulai dikembangkan sejak kuartal pertama tahun 2020. Pengembangan dilakukan Huawei dan Telkomsel melalui serangkaian penelitian dan diskusi bersama untuk meningkatkan cakupan jaringan dalam ruangan secara signifikan. Peningkatan cakupan tersebut akan mengatasi kendala jangkauan jaringan yang lemah akibat letak sistem indoor yang tersebar.

Baca juga: XL Axiata Optimalkan Jaringan dengan Ericsson Cognitive Software

Penerapan solusi ini dapat dilakukan di gedung-gedung bertingkat, termasuk apartemen, gedung perkantoran dan gedung pencakar langit. Antena canggih ini akan meningkatkan rasio gain antara sinyal yang dipancarkan dan diterima. Proses konfigurasi beam di lokasi-lokasi BTS di luar ruangan juga lebih fleksibel.


 Akhmad Madces, VicePresident of Network Planning and Engineering Telkomsel memaparkan bahwa kolaborasi mereka dengan Huawei adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Langkah tersebut dilakukan melalui penyempurnaan jangkauan jaringan dalam ruang dengan penerapan operasional yang efektif dan efisien. 

Baca juga: Indosat Ooredoo Gandeng Ericsson Terapkan Teknologi Otomatisasi, ML dan AI

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan jaringan broadband sampai menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Jangkauan tersebut termasuk area-area dengan lalulintas komunikasi dalam ruang yang tinggi dan dengan cakupan yang luas. Telkomsel berkomitmen untuk terus mendukung masyarakat dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dalam keseharian mereka. Hal ini dilakukan melalui ketersediaan konektivitas digital yang prima,” ucap Akhmad.

Komitmen yang sama pun disampaikan oleh Zhang Jianwei, Vice President of Antenna Business Unit of Huawei's Wireless Network. Antena high-gain ditujukan untuk meningkatkan kualitas jangkauan jaringan dalam ruangan. Solusi tersebut juga akan membantu Telkomsel menghemat biaya modal atau capital expenditure (capex) dan biaya operasional atau operational expenditure (opex). Hal ini demi mengoptimalkan efektivitas biaya dan berbagai manfaat lainnya. Manfaat tersebut mencakup makin cepatnya pembangunan dan time-to-market.

Baca juga: Dukung Implementasi 5G, Ericsson Luncurkan Standalone NR dan Solusi Cloud

“Huawei akan terus melakukan inovasi di bidang solusi jaringan dengan berlandaskan pada kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Komitmen ini bertujuan membantu pelanggan membangun jaringan yang efisien dan berkinerja tinggi. Hal ini untuk menghadirkan pengalaman yang prima dan memuaskan bagi pengguna,”  ucap Zhang Jianwei.

Share:

Artikel Terkini