ShopeePay Talk Berbagi Tips Branding Produk Lokal ShopeePay Talk Berbagi Tips Branding Produk Lokal ~ Teknogav.com

ShopeePay Talk Berbagi Tips Branding Produk Lokal

Teknogav.com – ShopeePay menyelenggarakan webinar ShopeePay Talk secara rutin setiap bulannya. Pada episode kelima di bulan Februari, tema yang diangkat adalah “Pikat Hati Masyarakat dengan Produk Lokal”. Tema tersebut membahas cara produk lokal, khususnya produk kecantikan mendapat perhatian masyarakat sehingga bisa bersaing dengan produk skala internasional. Narasumber dari Garis Temu dan Secondate serta Putri Caya yang merupakan seorang influencer hadir untuk berbagi tips dan inspirasi mereka.

Gerakan untuk bangga akan produk lokal terus digaungkan, masyarakat pun makin memiliki awareness terhadap produk lokal yang berkualitas. Tren ini pun terus tumbuh dan dapat terus dipicu dengan tepatnya strategi inovasi, kemudahan akses pembelian, marketing dan branding. Selain kebanggaan, masyarakat termotivasi untuk menggunakan produk lokal juga karena harganya yang terjangkau.

“Kami berharap ShopeePay bisa mendorong lebih banyak bisnis lokal untuk tumbuh lebih besar melalui informasi yang dibagikan kali ini. ShopeePay juga memberikan dukungan dari layanan, program dan kampanye yang dihadirkan,” ucap Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

Strategi Marketing dan Branding Brand Lokal

Selama beberapa tahun terakhir, produk kecantikan merupakan produk lokal yang tumbuh pesat di Indonesia. Produk lokal mampu menunjukkan perkembangan yang menjanjikan melalui kualitas dan harga yang bersaing walau digempur beragam brand dan produk internasional. Hal ini pun tak lepas dari strategi marketing dan branding yang baik dari produk lokal. Perspektif mengenai produk kecantikan lokal di Indonesia pun dipaparkan oleh pada narasumber.

para narasumber di ShopeePay Talk episode ke-5
Baca juga: Tips Bisnis Waralaba Memanfaatkan Teknologi Pembayaran Digital ShopeePay

“Kesadaran dan tren untuk menggunakan produk lokal secara bertahap sudah terbentuk. Hal ini seiring dengan kreativitas yang dilakukan brand lokal dalam memperkenalkan dan mendekatkan brand-nya dengan masyarakat. Di era media sosial seperti sekarang ini, sudah menjadi keharusan untuk ‘memanusiakan; brand yang dimiliki. Namanya saja “media” dan “sosial”, bukan hanya media saja, harus ada sisi sosialnya juga,” ucap Giorrando Grissandy, CEO Garis Temu.

Menurut Giorrando Grissandy, cara memanusiakan brand yang dimiliki ini menjadi bagian penting dalam menciptakan competitive advantage. Hal tersebut membedakan brand lokal dengan pesaingnya. Faktor utama dalam menarik perhatian masyarakat adalah dengan menciptakan konten atau informasi menarik yang relatable dan shareable.

Sementara itu Gita Amelia, Co-Founder Secondate Beauty mengungkap bahwa telah melihat peluang produk kecantikan lokal yang cukup besar di Indonesia. Produk dari brand lokal dipilih masyarakat karena berkualitas baik dengan harga terjangkau.

 “Setiap inovasi produk Secondate Beauty berusaha untuk memperhatikan seluruh aspek penting. Hal ini menjadikan produk Secondate Beauty bukan hanya sebagai produk kecantikan, namun juga sebagai identitas dari penggunanya,” ucap Gita.

Baca juga: ShopeePay Berbagi Tips Fotografi Kuliner dari Food Blogger

Hal senada pun diungkapkan oleh Putri Caya, Beauty & Lifestyle influencer, bahwa antusiasme masyarakat terhadap brand lokal terus meningkat. Produk lokal tersebut khususnya adalah produk kecantikan. Peningkatan ini seiring dengan makin banyaknya kehadiran brand kecantikan lokal di Indonesia. Kualitas produk dengan brand lokal tersebut pun setara dengan kualitas internasional yang tak perlu diragukan.

“Saya percaya kehadiran brand lokal dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau dapat memperbesar peluang bisnis,” ucap Putri Caya.

Tips Menarik Perhatian Masyarakat Bagi Brand Lokal

Berdasarkan diskusi dari para narasumber tersebut, berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan pemilik brand lokal untuk menarik perhatian masyarakat.

  1. Bagikan rasa bangga atas keunggulan dan kualitas produk dari brand yang dimiliki. Cari tahu mengenai tren untuk menciptakan strategi komunikasi yang relevan. Sampaikan pesan yang konsisten mengenai keunggulan produk tersebut sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Tonjolkan juga mengenai daya saing yang tak kalah dengan produk internasional.
  2. Perkenalkan brand dengan strategi komunikasi yang matang dan tepat sasaran. Tentukan pesan utama yang akan disampaikan di seluruh program, konten, kampanye sampai promo. Perlu kreativitas untuk mempromosikan produk dalam persaingan yang ketat dengan brand internasional. Kemas promosi secara menarik agar ciri khas brand melekat di hati masyarakat.
  3.  Inovasi dan adaptasi terus dilakukan sesuai minat dan kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Ciptakan produk yang sesuai minat dan kebutuhan masyarakat, serta perluas jangkauan produk menggunakan teknologi. Tambah channel penjualan ke ranah online dan adopsi permbayaran digital. Hal ini sesuai dengan tren masyarakat saat ini yang serba digital, sehingga bisa mendekatkan brand lokal dengan mereka.

Baca juga: Brand Marketing Con. By Niagahoster Siap Berbagi Tips Keberhasilan Bisnis

Berbagai tema menarik akan terus dihadirkan ShopeePay Talk untuk berbagi informasi dari perspektif bisnis yang ringan, trendy dan membuka wawasan. ShopeePay dapat digunakan dari aplikasi Shopee yang bisa diunduh secara gratis di Google Play dan App Store.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email