Atasi Risiko Kerentanan yang Diungkap Trend Micro, SHAREit Rilis Patch Atasi Risiko Kerentanan yang Diungkap Trend Micro, SHAREit Rilis Patch ~ Teknogav.com

Atasi Risiko Kerentanan yang Diungkap Trend Micro, SHAREit Rilis Patch

Teknogav.com – Pada 15 Februari 2021 lalu, Trend Micro mengungkapkan bahwa mereka menemukan kerentanan pada aplikasi SHAREit. Kerentanan tersebut berisiko dieksploitasi membocorkan data sensitif pengguna, mengeksekusi kode dengan sewenang-wenang, dan kemungkinan untuk melakukan eksekusi kode jarak jauh. Laporan tersebut ditulis oleh Echo Duan dan Jesse Chang yang keduanya merupakan analis ancaman keamanan pada smartphone.

Beberapa eksperimen pun dilakukan Trend Micro untuk menguji eksploitasi tersebut dapat dilakukan. Aplikasi SHAREit akan mengaktifkan izin bagi pihak ketika untuk memanfaatkan akses read/write pada data penyedia konten. Developer juga menyediakan ruang penyimpanan yang besar dalam root path sehingga seluruh file dalam folder /data/data<package> dapat dengan bebas diakses. Selain itu SHAREit juga memungkinkan pihak lain untuk menimpa file yang ada dalam aplikasi SHAREit.

Baca juga: SHAREit Antusias Sambut Pertumbuhan Pengguna Konten Digital di Negara Berkembang

SHAREit merupakan aplikasi yang memungkinkan untuk mentransfer dan mengunduh berbagai jenis file, termasuk Android Package (APK). Kerentanan tersebut berkaitan dengan fitur ini. Trend Micro juga menyebutkan bahwa dahulu kerentanan SHAREit juga dimanfaatkan untuk mengunduh dan mencuri file dari perangkat pengguna.

Trend Micro telah memberitahukan kepada Google mengenai kerentanan tersebut dan memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk rutin memperbarui aplikasinya. Selain itu disarankan juga agar pengguna menggali informasi mengenai suatu aplikasi dengan membaca review dan artikel sebelum mengunduhnya.

Baca juga: Tips Mengenali Crypto Mining dan Cara Mengatasinya

Berkaitan dengan laporan dari Trend Micro, SHAREit pun merilis patch pada 18 Februari 2021 untuk mengatasi risiko kerentanan yang diungkap. Langkah tersebut merupakan hasil dari investigasi yang segera dilakukan SHAREit pada tanggal 15 Februari 2021. SHAREit mengungkapkan juga bahwa keamanan aplikasi mereka dan data pengguna merupakan hal yang penting bagi mereka. Perlindungan keamanan dan privasi pengguna merupakan komitmen dari SHAREit. Demi mengantisipasi berbagai ancaman keamanan, SHAREit juga melakuakn pembaruan aplikasi secara rutin.

SHAREit merupakan perusahaan yang berbasis di Singapura dan dimiliki oleh Smart Media4U Technology Pte. Ltd. Layanan yang disediakan SHAREit mencakup pertukaran data, streaming konten digital dan gaming. Platform ini dapat digunakan secara online dan offline. Wilayah cakupan dari SHAREit mencakup Asia Pasifik, Afrika, Timur Tengah dan main-main.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email