Pemerintah Gandeng DANA dan IT Del Dukung UMKM di Sumatera Pemerintah Gandeng DANA dan IT Del Dukung UMKM di Sumatera ~ Teknogav.com

Pemerintah Gandeng DANA dan IT Del Dukung UMKM di Sumatera

Teknogav.com – Pemerintah terus berusaha menggenjot laju pertumbuhan ekonomi kreatif dan digital dengan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha tersebut terus dilakukan dengan menggandeng berbagai pihak untuk bersama-sama mewujudkannya. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggiatkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dalam serangkaian kegiatan.

Kegiatan ‘Roadshow UMKM Siap Digital’ merupakan bagian dari Gerakan Nasional tersebut yang digelar di berbagai provinsi. Penyelenggaraan Roadshow dilakukan Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM). Roadshow kali ini dilakukan Kemenko Marves dan Kemenkop UKM di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Kawasan tersebut telah ditetapkan pemerintah sebagai destinasi pariwisata super prioritas. 

Baca juga: Grab Toba Siap Dampingi Wisatawan Mengeksplorasi Danau Toba dan Sekitarnya

Partisipasi DANA dan IT Del Dukung UMKM di Toba

Dompet digital DANA dan Institut Teknologi Del (IT Del) turut berpartisipasi dalam ‘Roadshow UMKM Siap Digital’ tersebut. Dukungan diberikan DANA melalui teknologi yang terus dikembangkan dan edukasi dalam penggunaannya. Tema edukasi yang digelar dalam bentuk pelatihan adalah ‘UMKM Siap Digital’. Pelatihan diselenggarakan di tiga lokasi, yaitu Dairi, Samosir, dan Toba.  Sementara itu IT Del berperan sebagai akselerator penyelenggaraan digitalisasi UMKM/IKM di wilayah Toba. 

Prof. Ir. Togar M. Simatupang, Rektor IT Del dan Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Office DANA

DANA mendukung IT Del sebagai akselerator dengan menyelenggarakan program alih pengetahuan. Tujuan program tersebut adalah untuk membangun pemahaman mahasiswa terhadap dunia kerja, peluang, dan potensi industri digital. IT Del dan DANA juga berkolaborasi untuk mengembangkan e-retribusi yang menargetkan delapan kabupaten di sekitar Danau Toba. Pengembangan teknologi dan penerapan e-retribusi tersebut akan dilakukan oleh DANA. Kerjasama antara IT Del dan DANA dituangkan dalam Nota kesepahaman kedua belah pihak.

“Sudah saatnya pelaku bisnis kreatif UMKM/IKM di daerah Toba untuk go digital dengan produk-produk lokal yang berpotensi untuk terus dikembangkan. Mereka merupakan bagian dari kekuatan ekonomi digital nasional. Kami siap berkolaborasi menjadi akselerator transformasi digital bagi para UMKM/IKM di Toba,” ucap Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph. D., Rektor IT Del.

Baca juga: Huawei Dukung Percepatan Transformasi Digital IT Del Sumatera Utara

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA mengungkapkan bahwa teknologi DANA terus dikembangkan untuk mempercepat digitalisasi UMKM. Fitur-fitur DANA Bisnis dapat dioptimalkan oleh para UMKM/IKM yang merupakan mitra DANA Bisnis. Mereka dapat bergabung dalam ekosistem DANA yang terus berkembang dan sinergis. DANA juga melakukan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi bisnis mereka dan mendukung pengurusan izin usahanya.

DANA mendukung sinergi multiple-helix antara pemerintah pusat dan daerah, dunia pendidikan, pelaku industri dan komunitas. Gerakan gotong royong nasional #BanggaBuatan Indonesia merupakan bentuk dari sinergi tersebut.  Di Sumatera Utara ada lebih dari 5.500 jumlah pengguna DANA Bisnis, termasuk UMKM di Toba. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 18 ribu pengguna DANA Bisnis di Sumatera.

Baca juga: DANA Dukung Pemulihan Pariwisata dengan Membantu UMKM Go Digital

"Kami optimistis mereka dapat meningkatkan kualitas produk dan layanannya, menciptakan kebutuhan pasar yang baru dan memperluas jangkauan usaha. Mereka juga bisa mempercepat respon pasar, semua hal tersebut adalah dasar penting bagi keberlanjutan suatu bisnis. Semua itu dapat dilakukan dengan dukungan para pemangku kepentingan dan ekosistem ekonomi digital secara keseluruhan,” ucap Agustina. 

Kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi dan DANA dipandang Tua Pangaribuan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Toba sebagai sinergi strategis. Sinergi tersebut memberikan solusi bagi UMKM/IKM di kawasan Toba untuk bertahan dan bangkit dari pandemi.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email