Palo Alto Networks IoT Security Dukung Keamanan Layanan Kesehatan Palo Alto Networks IoT Security Dukung Keamanan Layanan Kesehatan ~ Teknogav.com

Palo Alto Networks IoT Security Dukung Keamanan Layanan Kesehatan

Teknogav.com - Palo Alto Networks IoT Security merupakan solusi keamanan Internet of Things (IoT) yang menyeluruh untuk industri kesehatan. Serangkaian kemampuan canggih pada solusi ini menguraikan kerumitan penerapan keamanan pada Internet of Medical Things (IoMT). Teknologi machine learning (ML) memperkuat kapabilitas untuk menghadirkan visibilitas, pencegahan dan enforcement pada solusi Palo Alto Networks IoT Security ini.

Peluang kehadiran layanan-layanan inovatif dan canggih dari berbagai industri semakin terbuka berkat IoT. Sayangnya seiring dengan kehadiran tersebut juga hadir pula risiko keamanan, termasuk di industri layanan medis. Data laporan riset Unit 42 mengungkapkan bahwa 83% peralatan pencitraan medis menggunakan sistem operasi lama. Sementara 51% ancaman keamanan sangat berkaitan dengan jenis peralatan tersebut. Hal tersebut tentu saja dapat mengurangi kualitas layanan kesehatan dan berisiko tercurinya data pasien.

Baca juga: Studi Palo Alto Networks: Kejahatan Siber Selama Pandemi Covid-19

Palo Alto Networks IoT Security memanfaatkan ML dan telemetri yang dikumpulkan bersama. Kemampuan tersebut dapat membuat profil perangkat di jaringan dengan cepat dan akurat, bahkan untuk perangkat yang belum dikenali sebelumnya. Rekomendasi penerapan kebijakan pun diperkuat teknologi ML sehingga tidak perlu menetapkannya secara manual. Solusi ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi IoT tanpa mengorbankan sisi keamanannya.

Baca juga: Kaspersky Gratiskan Produk Berlisensi Bagi Institusi Kesehatan Selama Enam Bulan

Para tim IT dan biomedis teknis  di rumah sakit berharap solusi ini semakin meningkatkan keamanan data dan pasien.  Solusi ini juga bisa menyediakan insight mendalam pada perangkat-perangkat kesehatan dan celah-celah kerentanan.

Fitur-fitur Keamanan Palo Alto Networks

Berbagai layanan keamanan Palo Alto Networks juga diintegrasikan pada solusi Palo Alto Networks IoT Security. Beberapa layanan yang terintegrasi tersebut adalah sebagai berikut:
  • Pemblokiran exploit dengan pencegaan intrusi
  • Pendeteksian dan pencegahan malware IoT dengan sandboxing
  • Penangkalan serangan IoT yang dilancarkan melalui web dengan keamanan URL dan DNS

Baca juga: Gambaran Keamanan Siber Tahun 2021 Prediksi Palo Alto Networks 

Selain itu tentu saja berbagai fitur-fitur keamanan canggih pun disediakan Palo Alto Networks untuk layanan kesehatan dan IoMT. Fitur-fitur canggih tersebut adalah sebagai berikut.

  • Analisa kemungkinan adanya kerentanan dan pendeteksian anomali dengan MDS2 Document Ingestion. MDS2 adalah Manufacturer Disclosure Statement for Medical Device Security. Ini adalah penyataan dari produsen peralatan medis mengenai fitur-fitur pada produks peralatan mereka yang terkait dengan keamanan. Fitur pada solusi Palo Alto Networks juga aan merekomendasikan kebijakan khusus bagi pengguna.
  • Operational Insights untuk memahami cara, waktu dan lokasi peralatan medis digunakan dalam jaringan. Visibilitas tersebut dimiliki tim insinyur biomedis sehingga dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya, meningkatkan layanan bagi pasien dan menghemat biaya pemeliharaan. Kemampuan ini juga dapat menjadi pertimbangan dalam perencanaan pembiayaan.
  • Pembaruan App-ID untuk mendukung kebutuhan medis dalam proses penelusuran dan penerapan keamanan yang semakin luas pada perangkat IoMT dan aplikasi.

“Pemanfaatan Internet of Medical Things (IoMT) secara optimal dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan, menyelamatkan banyak pasien, dan menghemat biaya. Sebaliknya jika penerapan sistem keamanannya tidak memadai, peralatan-peralatan tersebut dapat membawa potensi ancaman yang tidak kecil. Kami berkomitmen untuk menghadirkan visibilitas menyeluruh, analisis risiko mendalam, dan upaya pencegahan terintegrasi bagi industri layanan kesehatan. Pengguna pun dapat mengoptimalkan seluruh manfaat dari teknologi revolusioner ini. Risiko keamanan pasien dan datanya pun dapat dikurangi,” ucap Anand Oswal, senior vice president and general manager, Firewall as a Platform, Palo Alto Networks.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email