OPPO A54 Tampilkan Warna Stylish dan Penuhi Standar IPX4 OPPO A54 Tampilkan Warna Stylish dan Penuhi Standar IPX4 ~ Teknogav.com

OPPO A54 Tampilkan Warna Stylish dan Penuhi Standar IPX4

Teknogav.com – OPPO berusaha melakukan penyegaran pada lini seri A mereka di tahun 2021 dengan menghadirkan OPPO A54. Beberapa keandalan yang ditawarkan smartphone ini adalah layar dengan desain single punch-hole dan sertifikasi IPX4. Aryo Meidianto A., PR Manager OPPO Indonesia mengatakan bahwa OPPO A54 ini ditargetkan untuk kalangan muda.

Sesuai sasaran pasar OPPO A54, yaitu pengguna muda, maka smartphone ini menggunakan desain yang modern. Konfigurasi tiga kamera pada kamera belakang ditempatkan pada bingkai persegi di sudut kiri atas punggung smartphone. Tampilan stylish diberikan pada bagian pemisah antara kamera dan flash dengan warna yang berbeda dari warna smartphone. OPPO A54 ini tersedia dalam pilihan warna Crystal Black dan Starry Blue.

Baca juga: OPPO Hadirkan A53 dengan Memori Lebih Besar dan A33

Kekokohan OPPO A54 ditunjang rangka tengah berketebalan 0,2 mm yang dipadukan dengan bingkai alumunium. Struktur perangkat pun dioptimalkan dengan menempatkan pelalt logam tipis di bagian penutup depan. Teknologi electroplating dengan penyemprotan tiga lapis digunakan pada bingkai smartphone untuk menghasilkan gradasi yang halus.

gradasi warna OPPO A54

Desain dan Tampilan

Dimensi OPPO A54 cukup ramping dengan ketebalan 8,4 mm dan bobot sekitar 192 gram. Layar OPPO A54 berukuran 6,51 inci dengan desain single punch hole sehingga rasio layar-ke-bodi sampai 89,2%. Teknologi layar menggunakan Liquid Crystal Display (LCD) dengan resolusi 1600 x 720 piksel dan refresh rate 60 Hz. Berbagai teknologi yang terdapat pada OPPO Reno5 F juga dihadirkan pada OPPO A54 ini. Tampilan menu pada smartphone ini menggunakan antarmuka ColorOS 7.2 yang mengemas sistem operasi Android 10.

Demi mencegah ketegangan mata, tampilan layar OPPO A54 dilengkapi fitur Eye Comfort yang mengurangi cahaya biru. Fitur ini bisa diaktifkan dan dimatikan secara manual atau dengan pengaturan secara terjadwal. Tersedia juga fitur AI Smart Backlight yang mempelajari kebiasaan pengguna dalam menyesuaikan pencahayaan latar dan mencatat kecerahan sesuai selera pengguna. Fitur ini memudian akan menyesuaikan kecerahan layar otomatis sesuai preferensi dan waktu yang sudah dipelajari dari perilaku pengguna.

Baca juga: OPPO A52, Smartphone Rp2 Jutaan dengan Paket Data Melimpah

Ketika berada di bawah terik matahari, visibilitas layar dapat otomatis disesuaikan oleh fitur Sunlight Screen. Penyesuaian ini dilakukan dengan meningkatkan kecerahan layar sampai 14,5% atau setara 500 nits. Sedangkan di kondisi  pencahayaan rendah atau malam hari, tersedia fitur Moonlight Screen untuk mengurangi tingkat kecerahan sampai 2 nits. Hasilnya tampilan layar akan lebih lembut dan tak silau di mata.

Kamera

Seperti telah disinggung sebelumnya OPPO Q54 dibekali dengan konfigurasi tiga kamera. Konfigurasi tersebut mencakup kamera utama 13 MP, kamera makro dan kamera bokeh dengan masing-masing resolusi 2 MP. Kamera tersebut dibekali dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang mendukung anak muda mengekspresikan diri melalui media sosial.
kamera pada OPPO A54
Salah satu fitur pada kamera adalah Dazzle Color yang menggunakan algoritma AI untuk meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar. Fitur ini dapat menangkap gambar yang cemerlang dan kaya warna. Selain itu tersedia juga fitur AI Scene Recognition yang bisa mengenali 23 suasana secara otomatis. Saat malam hari, bisa mengaktifkan fitur Ultra Night Mode secara manual untuk menyesuaikan pencahayaan di bagian gelap secara otomatis.

Pemotretan secara panorama dengan sudut 180° juga bisa dilakukan untuk menangkap gambar lebih luas. Bagi anak muda yang mengutamakan penampilan, nah fitur AI Beautification 2.0 tersedia di kamera depan dan juga belakang. Fitur ini bisa mengukur cahaya sekitar dan memberi efek untuk mempercantik sesuai warna kulit orang Indonesia.

Kamera juga bisa mengenali teks dengan menggunakan fitur Photo Translator yang didukung Google Lens, OCR (Optical Character Recognition). Teks akan dikenali saat difoto dan akan diterjemahkan melalui Google Translate yang didukung lebih dari 120 bahasa di seluruh dunia.

Kinerja OPPO A54

Chipset yang digunakan pada OPPO A54 adalah MediaTek Helio P35 yang cepat, didukung AI dan hemat daya. Kinerja prosesor didukung oleh RAM LPDDR4X dengan kapasitas 4 GB. Jika dibandingkan teknologi sebelumnya, LPDDR4X memiliki peningkatan kinerja puncak 10% lebih tinggi.

OPPO juga menyediakan media penyimpanan yang cukup lapang dengan kapasitas 128 GB. Jika masih kurang, tersedia juga slot microSD untuk menambah  kapasitas sampai 256 GB. Kapasitas media penyimpanan yang lapang memberikan keleluasaan untuk menyimpan banyak file. Kinerja perangkat juga ditingkatkan oleh teknologi Oswap yang menggabungkan Z-RAM dan landswap speeding technologies. Teknololgi ini memanfaatkan ruang yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem dengan mengkompresi RAM ke EMC atau memanfaatkan ruang media penyimpanan.

Lima sensor suhu pun disematkan pada smartphone untuk mendeteksi sumber panas secara akurat. Kemudian dengan cerdas memilih skema pembuangan panas yang optimal. Penerapan disipasi panas dengan banyak lapisan dilakukan memanfaatkan lembaran grafit di bagian pennutup layer, rangka tengah, penutup belakang dan speaker. Pada rangka tengah digunakan bahan yang menghantarkan suhu tinggi. Semua lembaran tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan suhu perangkat.

Aplikasi dan game bisa merespon lebih cepat dengan menggunakan HyperBoost yang memperlancar pada setiap tingkat sistem. Teknologi HyperBoost tersebut akan memicu kinerja yang tersedia secara eksklusif untuk OPPO. Tiga kemampuan tersebut mencakup scenario-based acceleration, smart frame rate dan touch optimization. Dual channel memungkinkan untuk penggunaan koneksi Wi-Fi dan jaringan seluler secara bersamaan. Fitur tersebut akan menyajikan pengalaman online yang lebih stabil dan lancar.

Ketika mendengarkan video di YouTube atau aplikasi lain, fitur Black Screen Mode memungkinkan untuk tetap menjaalankan aplikasi walau layar dimatikan. Fitur ini tentu saja memberikan pengalaman dan kenyamanan baru. Secara efektif, fitur ini mencegah sentuhan yang tak disengaja dan lebih menghemat daya pada smartphone.

Baterai 5000 mAh

Sumber daya smartphone mengandalkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang mendukung pengisin daya melalui port USB tipe-C. Pengisian daya selama 60 menit mampu untuk mengisi daya dari kosong sampai 75% penuh. Dalam kondisi penuh, daya pada baterai mampu bertahan selama 2,2 hari dan melakukan panggilan telepon selama 25,4 jam. Ketika digunakan untuk menonton YouTube tanpa henti, maka bisa bertahan selama 19,9 jam.

Demi melindungi baterai dari risiko terbakar level V-0, baterai dilengkapi dengan proteksi arus berlebih dan tinta tahan api. Selain itu tersedia juga perlindungan untuk mencegah overcharge dan over-discharge, dan korsleting.

Perlindungan dengan Standar IPX4

OPPO A54 tahan air sesuai standar IPX4, sehingga cukup tangguh untuk penggunaan sehari-hari. Uji ketahanan yang dilakukan OPPO mencakup rain of pipe-swing test selama 10 menit. Hasilnya adalah tak terjadi kegagalan fungsi setelah 72 jam.

Selain itu OPPO A54 juga diperkuat dengan lima lapis perlindungan. Kekuatan smartphone ini sudah teruji oleh enam pengujian utama. Pengujian tersebut mencakup uji jatuh, air, radiasi, iklim, slight drop test dan kekuatan sinyal. Lebih dari 50 pengendalian proses produksi pun berhasil dilewati oleh OPPO A54. Kualitas smartphone juga teruji oleh lebih dari 130 uji keandalan yang ketat dan lebih dari 320 uji eksperimental.

Baca juga: Beli OPPO A15, Dapat Kuota Gratis Smartfren Sampai 384 GB

Aryo Meidianto A., PR Manager OPPO Indonesia mengumumkan harga OPPO A54

Harga dan Ketersediaan

Penjualan OPPO A54 dilakukan mulai 1 April 2021 dengan harga resmi Rp2.699.000. Bagi yang ingin membeli, bisa melalui jaringan OPPO Store di seluruh wilayah Indonesia atau berbagai e-commerce seperti berikut ini.

Tokopedia
https://invol.co/clvfba
Blibli
Lazada
Bukalapak
Shopee

Spesifikasi OPPO A54

Dimensi

Bobot

163,6 mm x 75,7 mm x 8,4 mm

sekitar 192 gram

Tampilan

6.51-inches Single Punch-hole Display

LCD 1600 x 720 piksel

Refresh Rate 60 Hz

Rasio layar ke bodi 89.2%

Sensor Sidik Jari

Posisi di samping

Chipset

Mediatek Helio P35

RAM

LPDDR4X 4 GB

Media Penyimpanan

128 GB, dapat ditambah dengan MircroSD sampai 256 GB

Kamera Utama

Kamera Utama 13 MP

Kamera Makro 2 MP

Kamera Bokeh 2 MP

Kamera Depan

16 MP

Baterai

Pengisian Daya

5000 mAh

18W Fast Charge

Antarmuka

ColorOS 7.2 berbasis Android 10

Warna

Crystal Black dan Starry Blue

Harga

Rp2.699.000


Share:

Artikel Terkini

Follow by Email