QlueThermal, Solusi Terapkan Protokol Kesehatan di Hunian dan Lingkungan Kerja QlueThermal, Solusi Terapkan Protokol Kesehatan di Hunian dan Lingkungan Kerja ~ Teknogav.com

QlueThermal, Solusi Terapkan Protokol Kesehatan di Hunian dan Lingkungan Kerja


Teknogav.com – Qlue merupakan perusahaan penyedia ekosistem smart city di Indonesia. Berbagai solusi yang diberikan Qlue ternyata sangat membantu dalam menghadapi dinamika akibat pandemi COVID-19. Roda perekonomian dapat tetap berputar dengan dukungan pengintegrasian solusi smart city dengan kebutuhan di masa pandemi. Hal ini termasuk kebutuhan untuk mematuhi protokol kesehatan yang ternyata dapat dipenuhi oleh solusi-solusi dari Qlue.

Demi menerapkan protokol kesehatan, operasional bisnis kini semakin minim sentuhan dan tatap muka langsung. Kecenderungan pasar ini mampu dibaca Qlue dan dijadikan landasan dalam menciptakan inovasi dan mengembangkan solusi yang berkelanjutan.   Berbagai layanan yang ditawarkan Qlue dapat menghadirkan dimensi baru bagi dunia usaha tersebut.

“Situasi bisnis pada tahun 2020 penuh dengan dinamika akibat pandemi COVID-19. Kondisi ini membuat digitalisasi dan pemanfaatan solusi smart city di Indonesia semakin krusial dalam keberlangsungan usaha. Kami menyadari bahwa kami harus membantu pemerintah dalam memerangi COVID-19 dengan solusi-solusi terdepan. Hal ini mendorong kami berinovasi dan bekerja keras memberikan dampak positif kepada Indonesia,” ucap Rama Raditya, founder dan CEO Qlue.

Solusi-solusi Qlue

Salah satu inovasi Qlue adalah QlueThermal yang mendukung penerapan protokol kesehatan di masa pandemi. Solusi ini mendeteksi suhu tubuh dan masker secara otomatis dengan akurasi lebih dari 95%. Pengembangan solusi ini terus dilakukan dengan pengintegrasian dengan QlueDashboard dan aplikasi pihak ketiga yang dimiliki klien. Solusi ini pun bisa digunakan untuk mencatat kehadiran tanpa sentuhan, pengendalian akses dan integrasi dengan RFID.

Baca juga: AWS Paparkan Contoh-contoh Penerapan Machine Learning Pada Transformasi Digital

penerapan QlueThermal

QlueThermal merupakan perangkat deteksi suhu  yabg sangat akurat dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT) dan dashboard. Solusi ini dapat memeriksa suhu, mengenali wajah, melakukan verifikasi dua langkah, dan mendeteksi masker. Pengendalian akses pun bisa terintegrasi dengan solusi ini, sehingga akses bisa diberikan setelah lolos persyaratan hasil deteksi. Salah satu perusahaan yang telah menerapkan solusi ini adalah Pertamina di perkantoran dan juga kilang minyak.

Baca juga: Interkom Comelit Padukan Komunikasi dan Sistem Keamanan pada Smart Home

Berbagai solusi baru dikembangkan Qlue sebagai prioritas dalam menghadapi pandemi. Pada aplikasi pelaporan warga QlueApp, tersedia enam kategori laporan baru terkait COVID-19. Qlue juga menjadi mitra strategis Pilkada Watch. 

“Tahun ini, kami mencoba untuk fokus pada pengembangan solusi lain yang sudah kami rencanakan dalam Roadmap. Solusi tersebut termasuk Smart Environment yang difokuskan untuk memperbaiki kualitas udara dan       Smart Traffic Management untuk meningkatkan mobilitas di perkotaan. Kami juga sedang mengembangkan platform untuk mempermudah penggunaan solusi AI Qlue agar bisa dijangkau pelaku bisnis skala kecil hingga besar. Semua sesuai kebutuhan masing-masing,” ucap Andre Hutagalung, Co-founder dan CTO Qlue.

Baca juga: Qlue Optimalkan Big Data Demi Efisienkan Tata Kota dan Perusahaan

Pencapaian Qlue

Qlue telah meraih pencapaian yang signifikan di ulang tahun ke-5. Pencapaian tersebut mencakup penerapan solusi smart city yang tersebar di 58 kota di Indonesia dan memiliki lebih dari 133 klien. Solusi Qlue telah dimanfaatkan berbagai sektor, termasuk properti, rumah sakit, retail, perbankan, perhotelan, industri hiburan, sampai instansi pemerintah. Sektor publik, seperti BUMN dan pemerintah daerah masih mendominasi pemanfaatan solusi Qlue yaitu sebesar 70%, dan sector swasta sebesar 30%. 

pertumbuhan bisnis Qlue

Pertumbuhan bisnis Qlue pada tahun 2020 meningkat 70% dibandingkan tahun sebelumnya. Rama optimis Qlue dapat mempertahankan pertumbuhan bisnis yang signifikan di masa mendatang. Qlue juga menerapkan strategi ekspansi ke luar negeri yang fokus pada pasar Malaysia, Jepang dan Singapura.

“Potensi pasar smart city secara global pada tahun 2025 diprediksi bisa mencapai USD820 miliar dengan prediksi pertumbuhan 14,8% per tahun. Besarnya potensi pasar tersebut kami respon dengan mengimplementasikan solusi smart city di negara maju seperti Jepang. Ini membuktikan teknologi buatan Indonesia mampu bersaing di level internasional. Kami berharap Qlue bisa menginspirasi startup lokal untuk menjadi pemain global demi membawa Indonesia ke panggung dunia,” lanjut Rama.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email