Alibaba Group Hattrick Tempati Posisi Ketiga Pasar IaaS Global Alibaba Group Hattrick Tempati Posisi Ketiga Pasar IaaS Global ~ Teknogav.com

Alibaba Group Hattrick Tempati Posisi Ketiga Pasar IaaS Global

Teknogav.com – Perusahaan penelitian global Gartner merilis laporan terkini yang berjudul Market Share: IT Services Worldwide 2020. Pada laporan tersebut terdapat susunan peringkat pemain industri Infrastructure as a Service (IaaS) atau infrastuktur sebagai layanan. Alibaba Group mempertahankan posisinya di peringkat ketiga terbesar dunia untuk layanan IaaS dan peringkat pertama di Asia Pasifik. Prestasi ini telah diraih Alibaba Group selama tiga tahun berturut-turut.

angsa pasar IaaS global Alibaba Group pada tahun 2020 mencapai 9,5%, angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 8,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Alibaba Group juga mencetak prestasi di berbagai industri IaaS global. 

pangsa pasar IaaS secara global

Baca juga: Minimalkan Latensi, AWS Hadirkan Lokasi Edge Networking Pertama di Indonesia

Pada sektor pendidikan Alibaba Group menempati posisi pertama, dengan pangsa pasar 24,3% di tahun 2020. Angka tersebut mengalami kenaikan dari 18,8% di tahun 2019. Jezz Zhang, Presiden Alibaba Cloud Intelligence mengungkapkan bahwa laporan Gartner merupakan pengakuan dari upaya Alibaba Group menyediakan solusi pembelajaran digital.

Prestasi Alibaba Group di sektor industri yang lain pun cukup gemilang. Posisi ketiga berhasil ditempati untuk industri perbankan dan sekuritas, utilitas seperti air dan listrik, serta ritel.

Kiprah Alibaba Cloud Secara Global

Alibaba Cloud merupakan tulang punggung teknologi dan intelegensi digital dari Alibaba Group. Strategi global untuk mengembangkan eksistensi perusahaan di seluruh dunia dengan meningkatkan infrastruktur dan jaringan global menjadi komitmen dari Alibaba Cloud. Komitmen tersebut pun dapat terlihat pada laporan tahunan Gartner. 

Baca juga: Alibaba Prediksi Tren Percepatan Riset Obat-obatan dan Vaksin dengan AI

Rencana penambahan investasi senilai Rp406 triliun (sekitar USD28 miliar) telah diumumkan Alibaba Group tahun lalu untuk tiga tahun mendatang. Tujuan investasi itu untuk membangun struktur cloud yang fokus pada teknologi seperti chip, jaringan, server dan sistem operasi.

Jaringan operasi Alibaba Cloud mencakup 69 zona dan tersedia di 23 wilayah yang melayani jutaan pelanggan di seluruh dunia. Sebanyak 38% perusahaan dari daftar Fortune Global 500 didukung oleh Alibaba Cloud. Lebih dari 80 akreditasi keamanan dan kepatuhan penyedia cloud publik ini diniliki oleh Alabab Cloud di seluruh dunia.

Baca juga: Inisiatif Pelatihan Digital Alibaba Cloud, Dukung Program Kartu Prakerja

Layanan teknologi dan platform cloud publik dari Alibaba Cloud menopang berbagai ekosistem Alibaba. Ekosistem Alibaba ini mencakup e-commerce, logistic, solusi pembayaran sampai pengelolaan rantai pasokan. Alibaba Cloud turut mensukseskan Festival Belanja Global 11.11 Alibaba tanpa ada downtime satu detik pun. Nilai transaksi festival tersebut mencapai Rp1.075 triliun atau sekitar USD74,1 miliar hanya dalam 11 hari.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email