Inisiatif Pelatihan Digital Alibaba Cloud, Dukung Program Kartu Prakerja Inisiatif Pelatihan Digital Alibaba Cloud, Dukung Program Kartu Prakerja ~ Teknogav.com

Inisiatif Pelatihan Digital Alibaba Cloud, Dukung Program Kartu Prakerja


Teknogav.com – Kartu Prakerja merupakan program yang diprakarsai pemerintah Indonesia untuk mengembangkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja. Program ini ditujukan bagi para pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai dampak pandemi. Alibaba Cloud terus mendukung infrastruktur digital untuk Kartu Prakerja dan pelatihan talenta digital di Indonesia.

Kesenjangan antara kecakapan para pencari kerja dengan kecakapan yang dibutuhkan industri merupakan masalah utama bursa tenaga kerja di Indonesia. Program Kartu Prakerja membangun ekosistem yang memudahkan setiap orang mengakses pelatihan untuk menambah keterampilan atau mengasah kemampuan yang ada. Satu tahun sejak diluncurkan, Kartu Prakerja sudah membantu lebih dari 7,9 juta orang yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Mereka mendapat kucuran dana pelatihan dan insentif tunai untuk meningkatkan kecakapan dan pelatihan digital di 1.700 bidang pekerjaan.

Baca juga: DANA Jadi Mitra Pelaksana Program Kartu Prakerja

“Program Kartu Prakerja memungkinkan angkatan kerja yang berada di daerah terpencil mendapatkan pelatihan yang sama dengan penduduk di kota besar. Kami menggandeng platform digital yang menawarkan pelatihan dari Lembaga Pelatihan di marketplace mereka,” ucap Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif Manajeman Pelaksana Kartu Prakerja.

Alibaba Cloud memberikan dukungan teknologi bagi pemerintah Indonesia pada program Kartu Prakerja. Selama setahun ini, solusi cloud dan teknologi digital Alibaba Cloud memungkinkan lancarnya akses jutaan orang Indonesia ke situs program Prakerja. Hal ini dengan memanfaatkan teknololgi cloud-native Alibaba Cloud dan kemampuan autoscaling, sistem keamanan dan jaringan Alibaba Cloud sejak tahun tahun 2020. Teknologi tersebut mencakup Analytic DB, Data Lake Analytics (DLA) dan Alibaba Cloud Container for Kubermetes.

Baca juga: Pencairan Dana Insentif Program Kartu Prakerja Sudah Bisa Dilakukan DANA

“Dukungan kami terhadap Program Kartu Prakerja sejalan dengan komitmen jangka panjang Alibaba Cloud kepada masyarakat Indonesia. Kami yakin akan pentingnya talenta digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Tekad kami adalah menawarkan teknologi, keahlian, dan pengalaman terdepan kami. Upaya ini demi terus konsiten berkontribusi pada pelatihan tenaga kerja di Indonesia,” ucap Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Program Kartu Prakerja ini bekerja sama dengan 165 lembaga pelatihan, lima mitra pembayaran, tujuh platform digital dan tiga portal pekerjaan. Harapannya pada tahun 2021, partisipasi masyarakat pada program Kartu Prakerja terus meningkat.

Komitmen Alibaba Cloud Kembangkan Talenta Digital

Pada tahun 2021 ini, Alibaba Cloud berkomitmen untuk memberikan pelatihan bagi lebih dari 50 ribu talenta digital lokal. Upaya ini dilakukan sebagai kontribusi pada pengembangan bisnis dan masyarakat di Indonesia. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Alibaba Cloud bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia untuk pelatihan talenta digital. Beberapa di perguruan tinggi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT (I-TECH)
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA)
  • Universitas Prasetiya Mulya

Kerja sama tersebut sudah dilakukan sejak awal tahun 2020. Tahun ini Alibaba Cloud akan membina setidaknya 50 ribu talenta digital dengan pengetahuan dan keahlian untuk mendukung kebutuhan transformasi digital. Pengetahuan dan keahlian tersebut mencakup teknologi berbasis cloud, kecerdasan buatan (AI), dan analitik data.

Baca juga: Huawei Indonesia Dukung Edukasi dengan Learn ON dan Program Insentif 

“Kami percaya transformasi digital tidak hanya untuk kemajuan teknologi, tapi juga untuk perkembangan sumber daya manusia. Kerja sama dengan universitas, inkubator, dan para mitra akan terus dilakukan untuk meluncurkan lebih banyak program pelatihan digital di seluruh Indonesia. Program tersebut akan diselenggarakan pada tahun 2021 dan seterusnya,” lanjut Leon Chen.

Selain itu, Alibaba Cloud juga memiliki inisiatif pelatihan digital lain, yaitu sebagai berikut:

  • Alibaba Cloud Academy yang mencakup pelatihan atau kursus umum yang diselenggarakan secara gratis mengenai teknologi cloud-native
  • Alibaba Cloud Academic Empowerment Program (AAEP) yaitu program kemitraan dengan beberapa anggota institusi untuk memberikan dukungan dari Alibaba Cloud. Dukungan tersebut mencakup server gratis, pelatihan dan sertifikasi gratis, peluang kompetisi AI, dan akses ke program pelatihan kepemimpinan.

Program-program ini dapat membantu para pelaku bisnis, wirausahawan dan para pelajar di Indonesia untuk menghadapi tantangan di era ekonomi digital. Alibaba Group juga memiliki inisiatif lain sebagai kompilasi program yang menyeluruh. Inisiatif tersebut mencakup Alibaba Netpreneur Training dan Alibaba Global Digital Talent Network yang dibentuk oleh Alibaba Business School.

Share:

Artikel Terkini