OPPO A74 5G, Smartphone 5G Rp3 Jutaan OPPO A74 5G, Smartphone 5G Rp3 Jutaan ~ Teknogav.com

OPPO A74 5G, Smartphone 5G Rp3 Jutaan

Teknogav.com – Pada 25 April 2021 dini hari pukul 00.00 WIB, OPPO menggelar flash sale OPPO A74 5G yang kedua. Sebelumnya OPPO juga telah menggelar flash sale pertama pada 23 April 2021. Bagi yang ketingglan mengikuti flash sale ini, jangan khawatir, karena OPPO masih akan menggelar flash sale smartphone ini di Shopee. Jadwalnya adalah 28 April 2021 pukul 12 siang, lalu 31 April 2021 dan 5 Mei 2021, masing-masing pukul 13.00 WIB. OPPO A74 5G ini merupakan smartphone 5G termurah saat ini, hanya Rp3 jutaan, yuk simak dulu spesifikasinya.

OPPO A74 5G diperkenalkan di Indonesia bersama dengan OPPO A74 dalam acara OPPO 5G Academy yang digelar 21 April 2021. Peluncuran OPPO A74 5G mempertegas komitmen OPPO dalam mendukung ekosistem 5G di Indonesia dengan menghadirkan smartpohone 5G yang terjangkau. OPPO A74 5G merupakan seri A pertama yang didukung jaringan 5G. Selain itu juga merupakan smartphone pertama yang memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 480 5G.

Baca juga: OPPO A74 Hadir dengan Snapdragon 662 dan Tampilan Stylish

Kinerja OPPO A74 5G

Seperti telah disinggung sebelumnya, chipset yang digunakan pada OPPO A74 5G ini adalah Qualcomm Snapdragon 480 5G. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kinerja prosesor pada chipset ini meningkat 100%. Chipset ini terdiri dari delapan inti yang mencakup dua ARM Cortex-A76 dan enam Cortex-A55. Kecepatan yang dimiliki ARM Cortex-A76 adalah 2,0 GHz, sedangkan ARM Cortex-A55 kecepatannya 1,8 GHz. Grafis pada OPPO A74 5G ini didukung GPU Adreno 619 650 MHz. Kinerja prosesor ini didukung oleh RAM LPDDR4X berkapasitas 6 GB dan media penyimpanan UFS 2.1 berkapasitas 128 GB.

Spesifikasi Snapdragon 480 5G

Chipset Snapdragon 480 5G mendukung konektivitas yang kencang sehingga mendukung pengunduhan film atau file hanya dalam hitungan detik. Jaringan yang didukung mencakup Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA), sehingga jika operator beralih ke jaringan SA, tak berlu ganti smartpone. Panas yang ditimbulkan akibat penggunaan koneksi 5G dapat dikurangi dengan Multi-Cooling System yang menggunakan tabung grafit tebal. Sistem ini memungkinkan smartpone untuk mengendalikan suhu mandiri dan efisien dalam membuang panas.

Baca juga: Enam Smartphone Baru Nokia Perkaya Portofolio di Tiga Lini Berbeda

Konektivitas menggunakan jaringan 5G dianggap sangat mengonsumsi daya, OPPO pun membekali baterai berkapasitas besar pada OPPO A74 5G. Kapasitas baterai ini adalah 5000 mAh, sehingga daya di dalamnya mampu bertahan digunakan selama 1,5 hari.

Baterai ini didampingi juga dengan fitur Battery Guard yang bisa menyesuaikan pengisian daya dengan kebiasaan tidur pengguna. Fitur ini juga mendukung keamanan pengisian daya dengan memastikan smartphone tidak panas saat pengisian daya. Pengisian daya cepat juga sudah didukung Fast Charging 18 W. Fitur tersebut hanya membutuhkan waktu 60 menit untuk mengisi daya dari kosong sampai 68% penuh.

Penghematan daya dilakukan dengan fitur All-around Smart Power Saving. Serangkaian strategi penghematan daya dilakukan oleh fitur Super Power Saving Mode. Strategi tersebut mengurangi penggunaan CPU, mencakup penyesuaian lampu latar dan berbagai pilihan pengelolaan daya. Saat malam hari, fitur Super Nighttime Standby akan mengurangi konsumsi daya ponsel sesuai dengan kebiasaan tidur pengguna yang dipelajari. Fitur ini dapat membuat smartphone hanya menghabiskan 2% daya saat pengguna tidur 8 jam.

Baca juga: Qualcomm dan Smartfren Sosialisasikan 5G di OPPO 5G Academy

Layar OPPO A74 5G

Panel LCD berukuran 6,49 inci pada OPPO A74 5G ini memiliki desain single punch hole sehingga layar terasa lebih lapang. Resolusi layar ini FHD dengan refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz dan rasio layar-ke-bodi 90,5%. Kecepatan refresh rate dan touch sampiling rate yang tinggi tersebut meningkatkan respon sentuhan ketika bermain game atau menjelajahi media sosial. Tampilan foto dan video bisa lebih cerah dan jernih berkat layar Hyper-Color. Jika dibandingkan dengan layar pada seri A sebelumnya, saturasi dan akurasi warna lebih tinggi pada OPPO A74 5G ini.

Kenyamanan mata pun dapat dijamin dengan fitur All-day AI Eye Comfort yang mengurangi cahaya biru pada layar. Pengurangan cahaya biru ini dapat mencegah ketegangan pada mata. Saat layar terpapar terik matahari, visibilitas tetap baik berkat fitur Sunlight Screen. Sedangkan saat malam hari atau pencahayaan kurang, fitur Moonlight Screen akan otomatis mengurangi kecerahan layar sampai 2 nits.

Kecerdasan buatan pada fitur AI Backlight akan mempelajari perilaku pengguna dalam menyesuaikan lampu latar. Kecerahan layar sesuai selera pengguna tersebut direkam dan akan menyesuaikan secara otomatis sesuai preferensi yang dipelajari.

Desain

Tekstur matte pada desain OPPO A74 5G ini dapat memantulkan kilauan warna metalik dengan gradasi warna halus dan bebas silau. Warna yang tersedia adalah fluid black dan space silver. Warna fluid black memiliki gradasi hitam yang halus dan elegan hasil dari proses dip dye coating. Sedangkan Space Silver tampil dalam polesan akhir matte dengan gradasi warna perak yang halus.

OPPO A74 5G

Dimensi OPPO A74 5G tampak ringkas dengan ketebalan 8,42 mm dan bobot 190 gram. Kesan tipis dan modern disajikan oleh desain 3D curved pada penutup baterai yang ketebalannya 0,55 mm. Pelat grafit dengan tebal 0,1 mm akan membuang panas layar dan melindungi komponen struktural.

Kamera

Fotografi dan videografi pada OPPO A74 5G didukung oleh konfigurasi empat kamera dengan kamera utama 48 MP di bagian belakang. Resolusi kamera utama yang tinggi ini didukung algoritma resolusi super guna untuk menghasilkan foto 108 MP yang sangat jernih. Kamera utama didampingi kamera sudut lebar 8 MP, kamera B/W 2 MP dan kamera makro 2 MP. Beralih ke depan terdapat kamera 16 MP yang bisa digunakan untuk swafoto dan konferensi video.

kamera OPPO A74 5G

Kecerdasan buatan pada fitur AI Scene Enhancement 2.0 dapat menyesiaikan saturasi dan kontras warna dengan mengenali setiap skenario pemotretan. Fitur ini menyajikan foto tanpa bantuan perangkat lunak pihak ketiga atau post-processing. Wajah pun dapat otomatis dipercantik dengan mengidentifikasi wajah dan menyesuaikan lingkungan sekitar dengan fitur AI Beautification. Selain itu tersedia juga 15 filter pada Sylishing Filters untuk meningkatkan warna atau mencerahkan kulit. Pemotretan pada malam hari bisa tetap jelas dengan fitur Ultra-Night Mode.

Perangkat Lunak dan Fitur-fitur Lain

Sistem operasi Android pada OPPO A74 5G dikemas dengan antarmuka ColorOS 11.1 yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Assistant Privacy merupakan fitur privasi yang akan menjaga data pribadi. Penyimpanan file dan data di OPPO HeyCloud pun mudah dilakukan dengan Private Safe sehingga file bisa dipulihkan saat perangkat hilang.

Jika smartphone sering dihubungkan ke proyektor atau televisi untuk menonton film bareng atau presentasi, maka pesan-pesan pribadi berisiko terbaca. Nah, OPPO Screencast Privacy Shield dapat memblokir pesan dan pemberitahuan sensitif agar tak tampil saat smartphone dihubungkan ke display lain. Tersedia juga fitur App Lock untuk mengunci aplikasi dengan kata sandi jika smartphone sering digunakan juga oleh teman dan keluarga.

Sementara itu spam dan file sampah dapat dianalisis otomatis oleh Idle Time Optimizer yang akan membersihkannya di malam hari. Fitur ini akan mengoptimalkan kondisi smartphone sehingga dapat lancar digunakan keesokan harinya. OPPO A74 5G  juga dilengkapi teknologi Dirac 2.0 yang menyajikan kualitas suara seperti efek Dolby.

Harga

Penjualan OPPO A74 5G dilakukan secara online di e-commerce Shopee.co.id yang juga akan menyediakan beberapa kali flash sale. OPPO A74 5G hadir dalam kampanye Shopee Big Ramadhan Sale yang diselenggarakan selama 25 April 2021 sampai 5 Mei 2021. Harga yang dibanderol adalah Rp3.699.000. Selama program Big Ramadhan Sale tersebut, tersedia berbagai promo tambahan seperti COD, gratis ongkir Rp0, dan koleksi  Murah Lebay.

Promo OPPO Official Store di Shopee

Spesifikasi OPPO A74 5G

Prosesor

Qualcomm® Snapdragon™480 5G

RAM + ROM

LPDDR4X 6 GB

Storage

UFS 2.1 128 GB

Berat & Ketebalan

Sekitar 180 gram dan 8,42 mm

Layar

LCD 6,49-inci FHD+ punch-hole

2400 x 1080 piksel; 405 ppi;

Refresh rate 90 Hz;

Rasio layar-ke-bodi 90,5%

Kamera Depan

16 MP F/2.0

Kamera Belakang

48 MP Main Camera F/1.7

8 MP Wide-angle Camera F/2.2

2 MP Mono Camera F/2.4

2 MP Macro Camera F/2.4

Sensor sidik jari

Side Fingerprint Sensor

Baterai

Kapasitas 5000 mAh

18W Fast Charge

Jaringan

Dual-mode 5G, 4G LTE, VoLTE

Konektivitas

Jack audio 3,5 mm, Bluetooth, NFC

Antarmuka

ColorOS 11.1

Warna

Fluid Black & Space Silver

Harga

Rp3.699.000

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email