OPPO A74 Hadir dengan Snapdragon 662 dan Tampilan Stylish OPPO A74 Hadir dengan Snapdragon 662 dan Tampilan Stylish ~ Teknogav.com

OPPO A74 Hadir dengan Snapdragon 662 dan Tampilan Stylish

Teknogav.com – OPPO seri A merupakan smartphone yang memadukan kinerja teknologi dan tren terbaru secara imbang. Nah, OPPO A74 kali ini dibekali dengan chipset Snapdragon 662 dan baterai berkapasitas 5000 mAh, serta tampilan yang stylish. Demi menghargai waktu penggunanya, baterai tersebut didukung pengisian cepat 33 W. OPPO A74 ini ditujukan bagi anak muda yang aktif menggunakan media sosial dan main game. Kini mari simak fitur-fitur apa saja yang tersedia pada smartphone ini.

Slogan yang diusung pada OPPO A74 adalah “Game for Everyone”. Sesuai dengan slogan tersebut, OPPO A74 dilengkapi teknologi canggih yang menunjang kinerja untuk bermain game dengan nyaman. Chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 662 yang kinerjanya didukung RAM LPDDR4X berkapasitas 6 GB. RAM ini memiliki peningkatan kinerja 10% dibandingkan generasi sebelumnya. 

Baca juga: Tiga Chipset Smartphone 4G Qualcomm Terkini Unggulkan Konektivitas dan AI

OPPO A74

OPPO A74 juta menggunakan perangkat lunak pengendali suhu yang menyesuaikan frekuensi CPU, mendeteksi suhu dan mengoptimalkan aplikasi yang sering digunakan. Media penyimpanan pada OPPO A74 menggunakan teknologi UFS 2.1 berkapasitas 128 GB. Kapasitas ini masih bisa diperluas menggunakan micro SD sampai 256 GB. Selain itu digunakan juga teknologi perpaduan aluminium die-casting sehingga bagian tertebal penutup motherboard hanya 0,21 mm.

Seluruh teknologi pada OPPO A74 tersebut dikemas dalam bodi yang tipis dengan ketebalan hanya 7,95 mm dan bobot 175 gram. Desain cover belakang smartphone ini pun stylish dengan 3D curved di bagian belakang yang membuatnya nyaman digenggam. Smartphone ini tersedia dalam pilihan warna biru es Midnight Blue dan hitam futuristik Prism Black.

OPPO A74

Baterai OPPO A74

Kemampuan bermain game pada smartphone juga ditunjang oleh baterai berkapasitas 5000 mAh yang didukung pengisian daya cepat 33 W. Teknologi tersebut dapat mengisi daya dari kosong sampai penuh hanya dalam 72 menit.

Jika sisa daya pada baterai sudah tiris, maka Super Power Saving Mode siap memaksimalkan daya tersebut. Fitur ini akan menurunkan frekuensi CPU, mengubah lampu latar dan menyesuaikan aplikasi messenger yang sudah dipilih sexara efektif.  Ketika daya pada baterai tinggal 5%, smartphone masih bisa digunakan untuk melakukan panggilan 2,7 jam atau WhatsApp selama 1,3 jam. 

Baca juga: Spesifikasi Lengkap realme 7 dan 7i yang Dibanderol Rp3 Jutaan

Daya pada perangkat pun akan dihemat pada malam hari menggunakan fitur Super Nighttime Standby. Pada mode tersebut, baterai hanya akan berkurang 2% dalam kondisi tak dicatu. Sedangkan ketika dilakukan pengisian daya baterai, fitur AI Night Charge akan membatasi pengisian daya sampai 80% dari kapasitas penuh. Hal ini akan melindungi baterai dari pengisian daya berlebih dan panas berlebih. Pada 60 menit sebelum pengguna bangun, pengisian daya akan kembali dilanjutkan.

Tambahan keamanan pun dilakukan oleh Charging Heat Control yang mengatur suhu dengan menyesuaikan frekuensi CPU dan memakai tabung grafit. Penyesuaian kecepatan prosesor tersebut dilakukan ketika ada gejala kenaikan suhu tinggi pada perangkat. Baterai smartphone pun diperkuat pada kedua sisi.


Layar dan Tampilan

Teknologi layar yang digunakan pada OPPO A74 adalah AMOLED berukuran 6.43 inci dengan resolusi FHD+ dan desain punch-hole. Kenyamanan mata pengguna sepanjang hari ditunjang oleh teknologi All-day Eye Care yang sudah pernah diterapkan pada Reno5. Lampu latar akan disesuaikan secara otomatis oleh fitur AI Smart Backlight dengan mempelajari kebiasaan pengguna mengatur kecerahan.

Fitur DC Dimming dapat mengendalikan kecerahan dengan mengubah daya yang dicatu ke layar. Flicker atau kedipan pada layar pun akan dikurangi oleh fitur ini sehingga mata tak mudah lelah. Penyesuaian layar ini dilakukan sampai 2048 tingkat redupan.

OPPO A74 dilengkapi dengan teknologi Hyper Boost yang dapat merespon lebih cepat dan lancar.  Teknologi ini meningkatkan kepekaan sentuhan, daya respon game, frame rate dan scene loading time, serta mengurangi jeda. Kinerja game favorit pun bisa ditingkatkan dengan memasukkan game tersebut dalam Game Space untuk meningkatkan kinerja permainan.

Pengaturan game juga bisa diakses menggunakan Game Assistant hanya dengan cara menarik sisi layar ke atas. Agar main game lancar, bisa memlih pemblokiran gangguan, sehingga pengguna bisa fokus penuh pada game. Pemblokiran notifikasi dan panggilan bisa diakses menggunakan fitur Game Focus Mode. Jika masih perlu menerima pesan penting, maka bisa menggunakan Bullet Notification untuk menampilkan pesan dengan menggulirkan langsung dari layar permainan.

Konfigurasi Tiga Kamera

OPPO tetap berusaha memenuhi kebutuhan fotografi bagi pengguna muda. Konfigurasi tiga kamera digunakan pada bagian belakang OPPO A74 yang dilengkapi juga dengan kecerdasan buatan (AI). Keberadaan AI akan memudahkan mengabadikan momen dan membagikannya.

Konfigurasi kamera terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera bokeh 2 MP dan kamera makro 2 MP untuk memotret lebih detail. Posisi ketiga kamera tersebut disusun dalam formasi persegi panjang dengan sudut membulat, sehingga terlihat lebih premium.

Baca juga: Andalkan Keamanan dan Pembaruan Software, Nokia 5.4 Dibanderol Rp3 Jutaan

Kamera dapat mengenali opjek yang terlihat dengan pintar berkat fitur AI Scene Enhancement. Fitur ini akan otomatis menyesuaikan kodisi cahaya, warna dan kontras dalam setiap objek bidikan. Objek-objek tersebut mencakup bunga, lanskap, makanan, matahari terbit dan terbenam, pantai, tanaman dan lain-lain. Para pemotretan malam, tersedia fitur Night Mode agar hasil foto jernih walau pencahayaan kurang.

Di bagian depan terdapat kamera dengan resolusi 16 MP yang dilengkapi fitur AI Beautification untuk mempercantik sesuai warna kulit. Penyesuaian ini juga didukung kemampuan mengukur cahaya sekitar.

Perangkat Lunak

Sistem operasi pada OPPO A74 menggunakan Android 11 yang dikemas dengan antarmuka 11.1 yang menyediakan fitur-fitur keamanan dan privasi. Data pribadi pada aplikasi tertentu dapat dilindungi dengan kode sandi menggunakan fitur App Lock. Foto pribadi, video, dokumen dan lain-lain pun bisa dilindungi agar tak diakses orang lain dengan Private Safe. Tersedia juga fitur darurat All-Scenario SOS yang akan menghubungi nomor layanan darurat hanya dengan mengetuk tombol daya lima kali berturut-turut.

Harga dan Ketersediaan

OPPO A74 akan dijual secara online dan offline dengan harga resmi Rp3.499.000.. Penjualan secara online dilakukan melalui OPPO Official Store di e-commerce dan aplikasi OPPO Store . Sementara untuk penjualan secara offline dilakukan di toko-toko peritel modern di seluruh Indonesia. Penjualan smartphone ini akan dilakukan pada akhir April 2021.

Promo OPPO Official Store di Shopee

Spesifikasi OPPO A74

Prosesor

Qualcomm® Snapdragon™ 662

RAM

LPDDR4X 6 GB

Media Penyimpanan

UFS 2.1 128 GB

Bobot & Ketebalan

Sekitar 175 gram dan 7,95 mm

Layar

AMOLED 6.43-inch FHD+ punch-hole

2400 x 1080 piksel; 409 ppi;

Refresh Rate 60 Hz

Rasio layar-ke-bodi 90.8%

Kamera Depan

16 MP F/2.0

Kamera Utama

48 MP Main camera F/1.7

2 MP Depth Camera F/2.4

2MP Macro Camera F/2.4

Sensor Sidik Jari

In-Display Fingerprint 3.0

Baterai

Kapasitas: 5000mAh

33W Fast Charge

Jaringan

4G LTE, VoLTE

Port

3.5 mm Audio Jack, Bluetooth

Antarmuka

ColorOS 11.1

Warna

Prism Black & Midnight Blue

Harga

Rp3.499.000


Share:

Artikel Terkini

Follow by Email