TikTok Meriahkan Ramadan dengan Program #SamaSamaBerbagi TikTok Meriahkan Ramadan dengan Program #SamaSamaBerbagi ~ Teknogav.com

TikTok Meriahkan Ramadan dengan Program #SamaSamaBerbagi


Teknogav.com – Ramadan tahun ini dihadapi lebih optimis dibandingkan tahun lalu, karena masyarakat sudah terbiasa dengan gaya hidup online. Demi menghadirkan kebersamaan dan kebahagiaan di bulan Ramadan bagi komunitas TikTok dengan video singkat, TikTok menyelenggarakan program #SamaSamaBerbagi. Program ini dikemas dalam bentuk festival online di aplikasi dan digelar mulai 5 April 2021 lalu sampai 16 Mei 2021. Berbagai kalangan penguna bisa ikut serta untuk sama-sama berbagi kegiatan menarik di TikTok.

Berdasarkan data internal TikTok per Desember 2020, 71% pengguna merayakan Ramadan dengan caranya sendiri di rumah. Jika dibandingkan hari biasa, tampak peningkatan engagement sampai 29%. Ini berarti terjadi peningkatan pengguna yang mencari hiburan dan inspirasi dengan video singkat di TikTok.

Baca juga: Dukung Internet Positif, TikTok Gandeng Sudah Dong Kampanyekan #SamaSamaNyaman 



"Ramadan identik dengan kemeriahan, biasanya kita berbagi kegembiraan di momen-momen bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Sebagai platform berbasis kreatif, TikTok ingin membawa kemeriahan tersebut ke dalam aplikasi melalui berbagai virtual booth. Tujuannya agar masyarakat bersama komunitas global TikTok bisa sama-sama berbagi dengan cara menyenangkan, sambil mengekspresikan kreativitas mereka selama bulan Ramadan," ujar Angga Anugrah Putra, Head of Content and User Operations TikTok Indonesia.

Angga Anugrah Putra, Head of Content and User Operations TikTok Indonesia

Program #SamaSamaBerbagi

Komunitas TikTok dapat menjadikan serangkaian program #SamaSamaBerbagi ini sebagai alternatif merayakan ibadah shaum dan lebaran dari rumah yang menyenangkan. TikTok menyediakan fitur-fitur kreatif untuk saling berbagi kebersamaan dan kebahagiaan antar pengguna. Beberapa online booth yang mengemas program #SamaSamaBerbagi ini mencakup sebagai berikut:

  • Inspirasi Ramadan berupa berbagai konten video, seperti #GayaRamadan untuk kategori fesyen, #InspirasiRamadan untuk kategori edukasi, #KulinerRamadan untuk kategori kuliner, dan lain-lain. Selain itu tersedia juga Ramadan TikTok Live yang mengusung topik-topik inspiratif dari selebriti sampai pemerintah.
  • Stiker dan musik special Ramadan mendukung untuk mengekspresikan kreativitas dan menikmati momen Ramadan seperti mudik online dengan unik
  • Ramadan Live Sales Sessions memberikan kesempatan bagi brand dan UMKM untuk memberikan promosi bagi pengguna TikTok. Para pelaku bisnis dari kategori dapat berinteraksi dengan pengguna saat Ramadan dan lebaran berkat dukungan ekosistem TikTok dan layanan livestream. Mereka pun bisa memenuhi kebutuhan para pengguna

Baca juga: TikTok Berusaha Ciptakan Tren dengan Kampanye Sama-sama dari TikTok 

Pengalaman Para Kreator

Salah satu kreator yang merasakan keseruan Ramadan di Tiktok ini adalah Dimas (@dimsthemeatguy) yang sering berbagi konten kuliner. Menurutnya program #SamaSamaBerbagi menyemangatinya untuk menginspirasi orang-orang dengan berbagai resep daging. Dimas mengatakan bahwa dirinya dapat memberikan pilihan memasak menu sahur dan iftar dari rumah. Kendati demikian perlu diingat ya bahwa daging merupakan hasil pembunuhan makhluk hidup yang bernyawa.

Dimas (@dimsthemeatguy)

Hal senada pun diungkapkan oleh kreator TikTok di kategori Fesyen, yaitu Jihan Sahira (@hundji). Dia berharap konten-konten karyanya dan kreaetor lain bisa menjadi referensi dan menyemangati pengguna TikTok dalam menjalani Ramadan. Menurutnya selama menjalankan ibadah shaum dan lebaran perlu mengenakan busana yang dapat meningkatkan mood.

Jihan Sahira (@hundji)

Baca juga: TikTok Ajak Kreator Gelar Kampanye Positif Melalui Video Pendek Kreatif

"Misi TikTok adalah membawa kebahagiaan di berbagai momen melalui format video singkat. Di bulan Ramadan kali ini, harapannya pengguna, kreator, hingga pelaku bisnis punya rumah yang nyaman dan menyenangkan di TikTok. Mereka pun dapat  sama sama berekspresi dan berkreasi," ucap Angga Anugrah.

Harapannya berbagai inisiatif TikTok selama bulan Ramadan dapat mengakomodasi berbagai kalangan pengguna. Keseeruan program #SamaSamaBerbagi dapat dilihat melalui tautan ini.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email