Prosesor Desktop Intel® Core Generasi ke-11 Sajikan Kinerja Overclocking Terbaik Prosesor Desktop Intel® Core Generasi ke-11 Sajikan Kinerja Overclocking Terbaik ~ Teknogav.com

Prosesor Desktop Intel® Core Generasi ke-11 Sajikan Kinerja Overclocking Terbaik

Teknogav.com - Intel meluncurkan inovasi terkininya, yaitu prosesor desktop Intel® Core™ seri S Generasi ke-11. Prosesor ini juga memiliki nama sandi ‘Rocket Lake-S”. Kinerja varian hero SKU core i9-11900K dari lini prosesor tersebut bahkan dapat memiliki kecepatan clock sampai 5,3 GHz. Kecepatan tersebut berkat dukungan fitur Intel Thermal Velocity Boost. Peningkatan kinerja tersebut tentu saja cocok bagi gamer dan para PC enthusiast. Intel mengklaim bahwa prosesor dengan SKU berakhiran K tersebut dapat memberikan kinerja overclocking yang lebih baik.

Antusiasme konsumen pun sangat tinggi pada prosesor tersebut karena memiliki kapabilitas yang dapat memberikan kinerja terbaik bagi gamer. Berikut ini adalah beberapa pembaruan yang diberikan Intel pada prosesor terkini mereka.

  1. Peningkatan kinerja IPC sampai 19%.
  2. Kinerja grafis terintegrasi yang lebih baik hingga 50% dengan grafis Intel UHD yang menampilkan arsitektur grafis Intel Xe
  3. Teknologi Intel® Deep Learning Boost dan Vector Neural Network untuk mempercepat inferensi kecerdasan buatan (AI). Metode ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja prosesor dalam deep learning
  4. Peningkatan fitur overclocking untuk fleksibilitas kinerja dan pengalaman overclocking dan tuning.

Prosesor desktop Intel Core seri S generasi ke-11 dirancang pada arsitektur Cypress Cove yang baru.  Peningkatan kinerja gaming pada prosesor tersebut berkat perancangan prosesor yang dilakukan untuk efisiensi perangkat keras dan perangkat lunak. Intel Core i9-11900K Generasi ke-11 terdiri dari delapan inti, 16 thread, dan 16 megabyte Intel® Smart Cache. Kecepatan clock tersebut sampai 5,3 GHz sehingga memberikan kinerja yang tak tertandingi. Kinerja prosesor juga didukung oleh RAM DDR-3200 yang berkecepatan tinggi demi memperlancar multitasking dan menyajikan gameplay mulus.

Baca juga: Ini Jajaran Prosesor AMD yang Diungkap pada CES 2021

Aplikasi dan fitur overclocking terkini digunakan pada prosesor Intel® Core™ S Generasi ke-11 agar lebih fleksibel untuk melakukan tuning. Kapabilitas tersebut dapat digunakan untuk mencapai kecepatan yang diinginkan sehingga dapat memecahkan rekor kecepatan yang tak tertandingi. Hal ini untuk menyajikan kinerja game yang superior.

Baca juga: AMD Ryzen 5000 dan Radeon RX 6000 Hadir di Indonesia 

Overclocking memori real-time pada prosesor ini juga memungkinkan perubahan frekuensi DDR4 secara real-time. Fitur tersebut memperluas dukungan overclocking memori untuk chipset H570 dan B560. Pengguna pun bisa melakukan overclocking, Advanced Vector Extensions (AVX) 2 dan AVX-512 voltage guard band override. Pengendalian memori terintegrasi pun dapat dilakukan dengan pengaturan waktu yang lebih luas dan dukungan Gear 2 (selain dukungan Gear 1).

Intel juga mengklaim keandalan Rocket Lake-S dalam menunjang kegiatan penyuntingan video. Selain prosesor flagship, tersedia juga prosesor kelas menengah Intel Core i5-11600K yang memiliki 6 inti CPU dan 12 thread. Kecepatan clock dasar prosesor tersebut adalah 3,9 GHz dan dapat di-boost dengan Intel® Single Core Turbo Frequency sampai 4,9 GHz.

Intel Core S Generasi ke-11 tak hanya dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman gaming. Prosesor ini juga ditujukan untuk menyajikan pengalaman multimedia penggunanya ke level selanjutnya dengan berbagai fitur-fitur tambahan. Beberapa fitur tersebut mencakup sebagai berikut:

  • Teknologi DDR4-3200 MHz
  • 20 jalur PCIe 4.0
  • Intel Quick Sync Video
  • Peningkatan media (10bit AV1 / 12bit pengkodean video efisiensi tinggi dan kompresi dari hulu ke hilir)
  • Tampilan yang disempurnakan (HDMI 2.0, HBR3 Terintegrasi)
  • Teknologi Thunderbolt™ 4
  • Intel Wi-Fi 6E yang terpisah.

Kehadiran fitur-fitur tersebut tak heran mampu menyajikan tampilan streaming dengan definisi tinggi.

Baca juga: AMD dan Para Mitra Pamerkan Dunia Digital-First di CES 2021 

Kolaborasi pun dilakukan Intel dengan lebih dari 200 pengembang game teratas. Tujuan kolaborasi tersebut tentu saja untuk menghadirkan sejumlah game, engine, middleware, dan pengoptimalan rendering ke aplikasi. Upaya ini dilakukan agar mereka dapat memanfaatkan prosesor seri Intel® Core™ S Generasi ke-11 untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang menarik.

Informasi lebih lanjut mengenai prosesor desktop Intel Generasi ke-11 Intel® Core™ S-series dapat dilihat pada laman newsroom.intel.com atau melalui tautan ini.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email