Pojok Usaha Dukung Digitalisasi UMKM dengan Teknologi AWS dan Midtrans Pojok Usaha Dukung Digitalisasi UMKM dengan Teknologi AWS dan Midtrans ~ Teknogav.com

Pojok Usaha Dukung Digitalisasi UMKM dengan Teknologi AWS dan Midtrans

Sumber: Pojok Usaha

Teknogav.com - Amazon Web Services (AWS) berkolaborasi dengan payment gateway Midtrans yang merupakan bagian dari Gojek Group. Kolaborasi tersebut untuk mengembangkan platform Pojok Usaha yang memudahkan pengadopsian teknologi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Para pelaku UMKM dapat menggunakan layanan cloud AWS dan mengakses berbagai solusi dari Midtrans, serta mitra-mitra keduanya menggunakan platform tersebut.

Midtrans dan AWS memiliki misi yang sama untuk memperluas manfaat pertumbuhan ekonomi digital bagi UMKM yang berdampak positif pada perekonomian. Manfaat ini pun turut berpengaruh pada kehidupan sosial bangsa Indonesia. Platform Pojok Usaha diharapkan dapat mendukung pertumbuhan bagi lebih dari 10 ribu UMKM di Indonesia pada tahun pertama. Dukungan AWS dan Midtrans bagi para para pelaku UMKM mencakup hal-hal berikut ini:

  • Pengembangan bisnis di cloud
  • Peningkatan eksistensi UMKM di ranah online
  • Mendapat peluang pendapatan
  • Efisiensi-efisiensi baru memanfaatkan pendayagunaan teknologi
tangkapan layar Pojok Usaha

Saat ini teknologi berperan besar dalam mendukung bisnis untuk menjalankan operasional, mengembangkan basis pelanggan dan identifikasi peluang-peluang baru. Sayangnya masih banyak UMKM di Indonesia yang masih belum menguasai teknologi dan akses ke peranti-peranti yang terjangkau. Platform Pojok Usaha mengatasi kendala tersebut dengan menyederhanakan pengadopsian teknologi sehingga memudahkan pelaku UMKM berevolusi. Mereka pun bisa menciptakan inovasi-inovasi dan berkembang dengan cepat melalui ketersediaan platform-platform digital.

Baca juga: BCA dan Blibli Dukung Digitalisasi UMKM dalam Program Desa Binaan

“Midtrans bersama AWS berkomitmen untuk mendukung ribuan UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi operasional agar mereka dapat terus meningkatkan pertumbuhannya. Para pelaku usaha diharapkan bisa memperkokoh terciptanya inovasi dengan mempercepat perjalanan cloud mereka. Hal ini pun sekaligus mendorong terbangunnya perekonomian yang inklusif di Indonesia,” ucap Gunawan Susanto, Country Manager, AWS Indonesia.

Berbagai solusi yang relevan, terjangkau dan sudah dikurasi ditawarkan oleh platform Pojok Usaha yang dikelola Midtrans. Platform ini dirancangn untuk memudahkan transformasi digital operasional UMKM dengan cepat di berbagai bagian. Transformasi digital ini bisa dilakukan di bagian akuntansi, marketing, logistik, SDM, pembayaran dan kolaborasi online.

Layanan-layanan AWS di Platform Pojok Usaha

Platform Pojok Usaha ini menyediakan sejumlah layanan AWS bagi UMKM. Layanan-layanan tersebut mencakup berikut ini:

  • Amazon Lightsail (virtual private server yang menawarkan semua kebutuhan untuk membangun aplikasi dan situs web)
  • Amazon WorkDocs (layanan kreasi konten, storage, dan kolaborasi yang aman dan dikelola secara penuh)
  • Amazon Chime (layanan komunikasi untuk bertatap muka, mengobrol, sampai melakukan panggilan bisnis).

Beberapa layanan AWS pun melandasi platforom Pojok Usaha, yaitu:

  • Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), yaitu layanan web dengan kapasitas komputasional yang aman dan bisa diskalakan ulang di cloud
  • Amazon Relational Database Service (Amazon RDS) yang memudahkan pengguna dalam menentukan, mengoperasikan, dan melakukan penskalaan database relasional di cloud

Baca juga: Qasir Manfaatkan AWS untuk Hadirkan Solusi POS dan Toko Online

“Teknologi cloud tidak saja mendorong terlaksananya transformasi bisnis di perusahaan-perusahaan besar yang telah mapan, namun lebih dari pada itu. Peluang-peluang baru bagi perusahaan-perusahaan di industri konsumsi dibuka oleh teknologi cloud. Perusahaan-perusahan tersebut pun dapat cepat dalam berinovasi, bertumbuh, dan memperluas bisnis mereka hingga ke kancah internasional,” lanjut Gunawan.
 

Layanan-layanan Midtrans dan Melaju Bersama Gojek di Platform Pojok Usaha

Komitmen Midtrans adalah mendukung usaha di berbagai tahap pertumbuhan melalui solusi-solusi pembayaran yang komprehensif. Hal ini penting, apalagi di masa pandemi, di mana masyarakat sangat tergantung pada layanan-layanan digital, termasuk pembayaran nontunai.

UMKM yang menggunakan Midtrans sebagai fasilitas pemrosesan pembayaran pun mudah mengaksesnya dengan Pojok Usaha. Berbagai solusi dalam naungan prakarsa Melaju Bersama Gojek ditawarkan Pojok Usaha, yaitu:

  • GoBiz (aplikasi satu pintu untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM)
  • GoSend (layanan antar barang berbasis moda beroda dua).
  • Moka (penyedia layanan point-of-sale berbasis cloud)
  • Selly (aplikasi papan ketik cerdas yang komprehensif bagi penjual daring)

Baca juga: Niagahoster Ungkap Pentingnya Branding Bagi UMKM dalam Hadapi Produk Impor

“Kehadiran solusi-solusi bisnis melalui Pojok Usaha memudahkan pelaku usaha kecil dan menengah dalam mendigitalisasikan operasional mereka, memperkokoh dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka, terlepas dari skala bisnis yang mereka jalankan,” ucap Leonard Haidy, Chief Operating Officer Midtrans.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email