Qasir Manfaatkan AWS untuk Hadirkan Solusi POS dan Toko Online Qasir Manfaatkan AWS untuk Hadirkan Solusi POS dan Toko Online ~ Teknogav.com

Qasir Manfaatkan AWS untuk Hadirkan Solusi POS dan Toko Online



Teknogav.com –  Segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sangat berperan dalam perekonomian Indonesia. Sayangnya, sejak pandemi berlangsung banyak usaha yang terpukul termasuk UMKM, kemampuan go-digital suatu usaha menjadi penentu keberlangsungan bisnis. Qasir menyediakan solusi untuk go-digital menggunakan sistem point of sale (POS) yang mendukung kegiatan perdagangan yang dilakukan UMKM. Fitur-fitur yang disediakan mencakup pencatatan penjualan, pengelolaan produk, pengawasan stok dan memantau laporan transaksi. Kini sudah lebih dari 450 ribu unit UMKM yang go-digital menggunakan layanan Qasir.  
 
 

Fitur-fitur Qasir

Tak sekadar menyediakan teknologi untuk memudahkan transaksi dan pencatatannya, Qasir pun dapat menghubungkan pelaku usaha dengan penyedia pembiayaan. Hal ini karena akses ke pemodalan juga merupakan faktor penentu keberhasilan UMKM. Selain itu Qasir pun menyediakan akses ke penyedia barang untuk pemenuhan kebutuhan usaha. Kerja sama untuk pembiayaan dilakukan Qasir dengan Qazwa yaiitu platform pembiayaan berbasis syariah. Pemodalan dengan Qazwa ini akan memudahkan UMKM memenuhi permintaan dari pelanggannya karena jumlah pembiayaan sesuai dengan invoice pemenuhan bahan baku.

ekosistem Qasir

Baik fitur-fitur untuk pembiayaan dan pemenuhan kebutuhan tersebut masuk dalam fitur-fitur basic yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha secara gratis. Qasir berusaha membuat ekosistem untuk memudahkan pencatatan transaksi agar mudah dan berkembang, termasuk dukungan digital payment. Layanan ini sudah bisa menerima pembayaran menggunakan dompet digital DANA, Gopay, LinkAja, Shopee Pay dan OVO. QRIS yang digunakan untuk pembayaran merupakan hasil kerja sama dengan Gopay.

Baca juga: Pembayaran Digital dengan QR Code Kini Bisa Lintas Platform

Tak ada batasan waktu untuk bisa menggunakan fitur-fitur basic. Kendati demikian jika pelaku usaha membutuhkan fitur-fitur tambahan untuk lebih mengoptimalkan usahanya akan dikenakan biaya. Skema biaya per tiap fitur tambahan pun berbeda, ada yang cukup sekali bayar, ada juga yang berlangganan. Tambahan fitur ini dapat dipilih pengguna sesuai kebutuhan. Contoh fitur tambahan yang biayanya sekali bayar adalah pencetakan struk. Sekitar 30% pengguna akhirnya membeli fitur tambahan yang disediakan. 

beberapa fitur tambahan Qasir
Selain itu Qasir juga menawarkan layanan seri Pro yang harganya Rp360 ribu. Setiap minggu terjadi pertambahan ribuan pengguna baru model premium yang disediakan. Pada fitur-fitur basic pelaku usaha sudah bisa melihat laporan penjualan seecara real-time. Qasir akan selalu memperbarui laporan setiap terjadi penjualan. Kendati demikian pada fitur basic ini pengguna hanya bisa mendapat laporan 1 bulan ke belakang. Sedangkan versi Pro menyediakan fitur-fitur yang membantu usahawan yang mulai naik kelas. seperti fitur absensi.
 

Pemanfaatan Teknologi Cloud AWS pada Platform Qasir

Novan Andrian, Chief Technology Officer Qasir berbagi wawasan mengenai perjalanan Qasir bersama dengan AWS. Qasir memanfaatkan teknologi cloud AWS untuk membangun platform yang dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi tantangan industri dan pedagang UMKM. Penggunakan layanan AWS sudah dilakukan sejak awal Qasir didirikan, yaitu pada tahun 2017.

Novan Andrian, Chief Technology Officer Qasir

Layanan AWS yang digunakan mencakup Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), Amazon ElastiCache dan Amazon RDS for MySQL. Selain itu digunakan juga Amazon Simple Queue Services, Amazon Simple Email Service, dan Simple Storage Service (Amazon S3). Selain itu digunakan resource terpisah dengan pengaturan beban yang dilakukan menggunakan Elastic Load Balancing dari AWS.

Baca juga: AWS Ungkap Pencapaian Tahun 2020 dan 8 Tips Kunci Reinvent 

Penggunaan Amazon EC2 dilakukan seiring dengan makin bertambahnya pengguna Qasir.  Pertumbuhan pengguna begitu tinggi, sekitar 30 ribu, sehingga pola yang terjadi pun berbeda dan tak bisa ditebak. Transisi dari layanan yang statis ke elastic compute ini membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari. Proses tersebut pun dapat diatur dengan load balancer sehingga dapat menghindari downtime saat transisi.

Keunggulan dari penggunaan Amazon EC2 adalah kemampuan untuk penambahan kapasitas sesuai kebutuhan sehingga lebih hemat biaya. Sebelumnya Qasir harus membayar biaya yang sama ketika penggunaan berkurang. Infrastruktur lengkap yang disediakan AWS memudahkan efisiensi biaya. Kemudahan ini dalam hal menambah kapasitas saat pengguna meningkat dan mengurangi kapasitas ketika jumlah pengguna turun. Qasir menggunakan Auto Scalling group yang terdiri dari sekumpulan Amazon EC2 instances. Tujuannya adalah agar bisa menaikkan dan menurunkan skala, serta pengelolaan secara otomatis

Baca juga: Adroady Manfaatkan Teknologi Cloud AWS untuk Hadirkan Inovasi Iklan OOH

Teknologi Cloud AWS yang digunakan Qasir

Pengelolaan sistem AWS pun mudah, karena tidak perlu melakukan pemantauan setiap saat. AWS juga menyediakan keamanan yang memudahkan melacak jika terjadi suatu kejanggalan. Tentu saja ini memudahkan Qasir untuk terus berinovasi dari jumlah tim yang sedikit di awal.

“AWS merupakan sistem yang sangat fleksibel yang bisa mendukung startup apa pun skalanya. Ketika memulai sesuatu bisa dilakukan dengan AWS dan jangan takut ketika melakukan kesalahan. Kami selalu berkomunikasi dengan konsultan bisnis yang ada di AWS untuk menghindari kesalahan yang terjadi. Contohnya adalah ketika ingin mencoba service yang baru. Saat kami merasa kesulitan, kami menghubungi konsultan, maka migrasi bisa dilakukan dengan cepat,” ucap Novan.


Kiprah Qasir Bagi UMKM Selama Pandemi

Berbagai fitur disediakan Qasir bagi UMKM untuk membantu beradaptasi selama pandemi dengan fitur-fitur yang fokus ke ranah online. Qasir juga menyediakan website usaha yang memudahkan pelanggan untuk membeli dari website usaha tersebut langsung ke Qasir. Bentuk website usaha tersebut berupa mini-ecommerce yang menampilkan produk-produk dari toko merchant.

Baca juga: DANA Bersama Jajaran Instansi Pemerintah Gelar Webinar ‘Transformasi Digital UMKM’ 

Qasir juga menghubungkan UMKM dengan Grabfood dan bekerja sama dengan WeCare.id. Program dengan WeCare.id ini mengumpulkan donasi untuk dibelanjakan ke UMKM yang terdampak pandemi untuk kemudian dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan. Disburstmen program di WeCare.id sudah ada dua tahap, yaitu ke kampung pemulung di Bantar Gebang (Bekasi) dan Tangerang Selatan.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email