ROG Flow X13, Laptop Ultrathin Convertible Canggih dan Ringan ROG Flow X13, Laptop Ultrathin Convertible Canggih dan Ringan ~ Teknogav.com

ROG Flow X13, Laptop Ultrathin Convertible Canggih dan Ringan


Teknogav.com - ASUS meluncurkan ROG Flow X13 berbarengan dengan jajaran laptop gaming ROG lain yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 Series. Peluncuran tersebut dilakukan pada ajang “ROG Born Champion”. Setiap laptop memiliki keistimewaan tersendiri sesuai dengan slogan yang diusungnya, slogan tersebut mencakup #BornToCreate, #BornToSlash dan #BornToWin. ROG Flow X13 mengusung slogan #BornToCreate, bersama dengan ROG Zephyrus Duo 15 SE. Slogan #BornToSlash disandang ROG Zephyrus G14 dan ROG Zephyrus G15, sedangkan #BornToWin disandang ROG Strix G dan ROG Strix SCAR.

Tagline #BornToCreate bukan hanya sekadar tanda, tapi merupakan komitmen ASUS ROG dalam menghadirkan laptop terbaik untuk para content creator. ROG memiliki pengalaman panjang .dalam menghadirkan inovasi dan laptop berperforma tinggi. Kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang dibutuhkan para content creator di era modern saat ini. ROG Zephyrus Duo 15 SE dan ROG Flow X13 merupakan jawaban atas permintaan tersebut,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. 

Baca juga: ASUS ROG Flow X13, Laptop Gaming 13" Ultraportable Paling Tangguh

Kinerja ROG Flow X13

ROG Flow X13 mengandalkan prosesor sampai AMD Ryzen 9 5980HS yang merupakan AMD Ryzen 5000 Mobile Series terkini. Prosesor tersebut dibangun pada arsitektur Zen 3 yang canggih dengan proses produksi 7 nm. Arsitektur dan proses tersebut menjadikan prosesor ini memiliki kinerja tinggi dan menunjang baterai yang efisien.

Dari sisi grafis, ROG Flow X13 menggunakan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Perpaduan CPU dan GPU yang diusung laptop gaming ini sangat efisien sehingga laptop dapat digunakan sampai 10 jam mengandalkan baterai.

ROG Flow X13 dihubungkan dengan ROG XG Mobile

Laptop convertible ini juga dapat digunakan dengan didampingi ROG XG Mobile yang dibekali chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series. Kinerja chip grafis tersebut meningkat signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Teknologi grafis terkini dari chip grafis tersebut mencakup real-time ray tracing sampai fitur eksklusif seperti NVIDIA DLSS. Ketangguhan NVIDIA GeForce RTX 3000 Series ini disertai fitur GPU acceleration yang mendukung proses rendering pada berbagai aplikasi profesional. Kemampuan tersebut menjadikan laptop gaming convertible ini juga cocok digunakan oleh para pembuat konten.

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Dukung Kreativitas

Sistem Pendingin ROG Flow X13

Kinerja tinggi dari prosesor AMD Ryzen 5000 Mobile Series dan chip grafis NVIDIA tetap dijaga optimal oleh sistem pendingin canggih. Thermal compound pada ROG Flow X13 ini menggunakan liquid metal sebagai sistem pendinginan. Selain itu digunakan juga tiga heatsink khusus untuk mengoptimalkan pembuangan panas.

Kipas Arc Flow terkini pun sanggup mengalirkan udara 15% lebih baik dibandingkan kipas standar dengan tingkat kebisingan sama. Tersedia juga self-cleaning thermal module untuk membuang debu dan partikel yang dapat menyumbat sistem pendingin melalui terowongan khusus. Terowongan khusus ini terintegrasi dengan modul pendingin utama pada laptop. Fitur tersebut tentunya akan memastikan pemakaian jangka panjang tanpa kendala.

Desain ROG Flow X13

ROG Flow X13 merupakan laptop gaming convertible yang sangat ringkas, ringan dan portabel. Bodi laptop gaming ini terbuat dari magnesium alloy, ketebalannya ini hanya 15,8 mm dan bobotnya hanya 1,3 kg. 

desain convertible laptop gaming ASUS ROG Flow 13

Desain convertible laptop ini memungkinkan layar pada ROG Flow X13 diputar sampai 360° sehingga bisa tampil multifungsi. Sebagai laptop convertible, tentu saja laptop gaming ini dapat digunakan dalam mode laptop, tablet, stand dan tent. Kendati dapat dilipat menjadi tablet, laptop gaming ini memiliki mekanisme Ergolift saat digunakan dalam mode laptop.

Port USB tipe-C pada laptop ini sudah didukung Power Delivery. Teknologi tersebut memungkinkan pengisian daya menggunakan adapter USB tipe-C 100 W khusus. Pengisian daya menggunakan adapter tersebut hanya membutuhkan waktu 39 menit untuk mengisi dari kondisi kosong sampai 60% terisi penuh.

ROG Flow X13

Cover belakang layar ROG Flow X13 menggunakan desain gravity wave linear yang menyajikan tampilan alami. Desain tersebut merepresentasikan pemancaran energi dengan cara yang lembut. Unsur estetika ini juga dirancang untuk menghindari kotoran, sidik jari dan bahkan tergelincir. Selain itu di pojok kiri bawah cover belakang tersebut juga terdapat logo stainless signage khusus. Keyboard tampak elegan dengan pancaran LED, di bawah keyboard bagian kanan pun terdapat logo Gravity Wave ROG yang menunjukkan pemancaran energi.

Layar ROG Flow X13

Layar pada ROG Flow 13 ini berukuran 13,4 inci dengan bezel yang sangat tipis, hanya 4,9 mm. Laptop gaming ini menawarkan dua opsi layar, pertama adalah Ultra HD yang menawarkan resolusi tinggi 4K. Pilihan kedua adalah FHD yang refresh rate layar yang tinggi, yaitu 120 Hz. Layar tersebut memiliki rasio aspek 16:10 yang memberikan 120 piksel lebih banyak secara vertikal ketimbang rasio 16:9. Kelebihan ini akan memberikan tinggi layar tambahan untuk bekerja dengan excel, word, PDF, dan berselancar di internet. Membaca dan menggulir dokumen pun jadi lebih mudah, sehingga hidup lebih efisien. 

ROG Flow X13
Kedua pilihan panel layar dilindungi oleh Corning Gorilla glass, dan layar sentuhnya mendukung penggunaan stylus. Akurasi dan reproduksi warna pada layar terjamin oleh sertifikasi PANTONE Validated sehingga bisa diandalkan untuk pembuatan konten. Layar ini pun sudah didukung oleh teknologi Adaptive Sync yang membuat tampilan game bisa terlihat mulus.

Audio ROG Flow X13

ROG Flow X13 dilengkapi dengan dua down-firing speaker yang ditenagai teknologi Dolby Atmos untuk menghadirkan pengalaman audio lebih baik. Audio ini tak hanya memberikan pengalaman imersif saat bermain game, tetapi juga kegiatan multimedia lain. Saat bermain game atau bekerja, komunikasi pun dapat lebih lancar berkat fitur Two-Way AI Noise-Cancellation.

Baca juga: ROG Strix G Series Dukung Gamer Jadi Juara, Ini Spesifikasinya!

Dukungan GPU Eksternal ROG XG Mobile

ROG XG Mobile adalah perangkat GPU eksternal yang ditenagai chip grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 3080 terkini. Laptop gaming ROG Flow X13 merupakan laptop gaming pertama yang mendukung ROG XG Mobile ini. Ketika laptop gan ROG XG Mobile dihubungkan, maka ROG Flow X13 akan menyajikan kinerja grafis yang tinggi.

ROG XG Mobile dan ROG Flow X13

Konektivitas khusus digunakan ROG XG Mobile sehingga GPU ekstenal ini memiliki jalur koneksi PCIe 8x independen. ROG XG Mobile bisa memperoleh bandwidth sampai 63 Gbps secara eksklusif tanpa harus membagi dengan komponen lain melalui konektivitas tersebut. Mekanisme ini akan mencegah erkurangna kinerja ROG XG Mobile ketika dihubungkan ke ROG Flow X13.

Serangkaian I/O juga dihadirkan pada ROG XG Mobile untuk memperkaya pengalaman pengguna. ROG XG Mobile memiliki adapter terintegrasi dengan daya 280 W yang juga bisa berfungsi sebagai adapter untuk ROG Flow X13. Jadi bagi yang menginginkan kinerja grafis terbaik untuk gaming dan pembuatan konten, maka ROG XG Mobile merupakan perangkat tambahan yang tepat.

Harga dan Ketersediaan

ROG Flow X13 dibanderol dengan harga mulai dari Rp21.999.000 untuk varian yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7. Tersedia juga paket ROG Flow X13 yang menggunakan AMD Ryzen 9 dan dibundling dengan ROG XG Mobile. Paket bundling tersebut dibanderol dengan harga Rp60.999.000.

paket ROG Flow X13 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7

paket ROG Flow X13 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan bundling dengan ROG XG Mobile

Bagi yang tertarik, bisa melakukan pembelian di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Flow X13 di Blibli
Klik untuk membeli ROG Flow X13 di Bhinneka
Klik untuk membeli ROG Flow X13 di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Flow X13 di Bukalapak
Klik untuk membeli ROG Flow X13 di Shopee
Klik untuk membeli ROG Flow X13 di Lazada

Spesifikasi ASUS ROG Flow X13

CPU

AMD Ryzen™ 9 5980HS Processor 3.1 GHz (16M cache, up to 4.8GHz)

AMD Ryzen™ 7 5800HS Processor 3.0 GHz (16M Cache, up to 4.3 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

16GB LPDDR4X RAM

32GB LPDDR4X RAM

Media Penyimpanan

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Layar

13.4" (16:10) IPS-Level WUXGA (1920x1200), Touchscreen with stylus input (included), 120Hz, 3ms, 100% sRGB, PANTONE Validated, Corning Gorilla Glass

Grafis

ROG Flow X13

NVIDIA GeForce GTX 1650

ROG XG Mobile

NVIDIA GeForce RTX 3080

Input/Output

ROG Flow X13

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Type C USB 3.2 Gen 2 with Power Delivery and Display Port, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

ROG XG Mobile

4x USB Type-A 3.2 Gen1, 1x HDMI 2.0, 1x DisplayPort 1.4, 1x RJ-45 Jack, SD Card reader

Kamera

720p HD camera

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, DAC, Audio by Dolby Atmos, AI mic noise-canceling, Built-in array microphone, 2x 1W speaker with Smart Amp Technology

Baterai

62WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

29.9 x 22.2 x 1.58 ~ 1.58 cm

Bobot

1,3 Kg

Warna

Gravity Wave Black

Harga

Rp21.999.000 (Flow X13 / Ryzen 7 / 512GB SSD / 16GB RAM)

Rp60.999.000 (Flow X13 + XG Mobile / Ryzen 9 / RTX 3080 / 1TB SSD / 32GB RAM)

Garansi

2 tahun garansi global

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email