ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Stylish yang Tangguh ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Stylish yang Tangguh ~ Teknogav.com

ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Stylish yang Tangguh

Teknogav.com - ASUS meluncurkan jajaran laptop gaming ROG bertenaga AMD Ryzen 5000 Mobile Series pada ajang “ROG Born Champion”. Jajaran laptop tersebut terbagi dalam beberapa tagline, yaitu #BornToCreate, #BornToSlash dan #BornToWin. Sebelumnya Teknogav.com telah mengulas ROG Zephyrus Duo 15 SE dan ROG Flow X13 yang mengusung slogan #BornToCreate. Lalu ada ROG Strix G dan ROG Strix SCAR dengan slogan #BornToWin. Nah, kini saatnya mengulas ROG Zephyrus G14 yang mengusung slogan #BornToSlash bareng dengan ROG Zephyrus G15.

“Gaming bukan hanya sekadar kegiatan bermain, tetapi sudah menjadi budaya modern. Budaya gaming pun kini telah merambat ke bidang lain, termasuk fesyen. ROG Zephyrus G15 dan Zephyrus G14 hadir dengan tagline #BornToSlash yang berarti keduanya adalah pendobrak. Kedua laptop gaming tersebut merupakan pelopor bahwa laptop gaming dapat tampil powerful sekaligus stylish,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Dukung Kreativitas

Segmen pasar ROG Zephyrus G14 adalah mereka yang berada dalam rentang usia 15 tahun sampai 25 tahun. Penggunaan laptop gaming ini bisa untuk gaming, streaming, berkarya dan juga bekerja. ROG Zephyrus G14 cocok bagi mereka yang gemar bermain game dengan pengaturan tinggi. Pembuat konten bisa memanfaatkan laptop gaming ini untuk stream setiap saat dengan kamera eksternal, menyunting video, dan membuat konten 3D.

ROG Zephyrus G14 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020 dan langsung mendapat sambutan positif. Laptop gaming yang tangguh ini pun telah meraih banyak penghargaan dunia dan merupakan yang pertama mengadopsi fitur AniMe Matrix. Fitur tersebut dapat menampilkan animasi, grafis dan berbagai efek tampilan di belakang layar yang menjadikannya tampil stylish. Kini laptop gaming tersebut hadir dengan berbagai peningkatan, baik dari segi perangkat keras maupun fitur. 

Baca juga: Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401) dan Harganya

Desain ROG Zephyrus G14

Laptop gaming ini dirancang sangat ringkas dengan dimensi 32,4 x 22,0 x 1,99 cm. Dimensi tersebut lebih ringkas dibandingkan laptop gaming sekelasnya dan mudah dibawa bepergian menggunakan tas laptop standar.  Bodinya pun cukup ringan dengan bobot 1,7 kg dan mengadopsi struktur bodi honeycomb yang menjadikannya lebih kokoh dan ringan. Demi melindungi dari bekas sidik jari saat digunakan, ROG Zephyrus G14 ini menggunakan bahan magnesium alloy yang diproses secara khusus.

EcoShine Paint pada ROG Zephyrus G14 memberikan tampilan yang lebih bersih dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pengecatan berbasis minyak. Warna yang tersedia adalah Eclipse Gray dan Moonlight White. Tombol daya pada ROG Zephyrus G14 terintegrasi dengan sensor sidik jari yang memungkinkan untuk login dengan cepat dan aman. Kecepatan untuk menggunakan sensor sidik jari ini sampai 0,1 detik.

Baca juga: ROG Flow X13, Laptop Ultrathin Convertible Canggih dan Ringan

Gamer yang senang melakukan upgrade pada laptop gaming mereka pun akan dimudahkan dengan fitur pop-open screw. Mereka bisa dengan mudah mencopot sekrup di bagian bawah sasis dengan obeng standar. Sekrup pop-open khusus akan menaikkan satu sudut di panel bawah sehingga memudahkan untuk memisahkannya.

ROG Zephyrus G14 (GA401) pun kembali mengusung fitur unik AniMe Matrix yang menjadikannya lebih unik dan personal. Kini fitur tersebut hadir dengan Virtual Pet bernama Omni yang bisa tampil dengan animasi keren di AniMe Matrix. Jika diaktifkan, Omni pun bisa berinteraksi di desktop sehingga membuatnya makin unik. Fitur AniMe Matrix ini terdiri dari 1215 mini LED yang memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan gaya hidup mereka. Tampilan pada fitur tersebut bisa digunakan untuk menunjukkan status sistem, ekualiser audio, animasi dan teks.

Layar ROG Zephyrus G14

Layar laptop ini berukuran 14 inci yang memiliki bezel sangat tipis, yaitu hanya 6,9 mm. Bezel yang tipis ini membuat rasio layar-ke-bodi sampai 85%. Layar laptop ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu WQHD dengan refresh rate 120 Hz atau FHD dengan refresh rate 144 Hz. Jika membutuhkan resolusi tinggi, maka pilih panel dengan resolusi WQHD. Sedangkan jika membutuhkan gerakan dan animasi yang lebih mulus, pilih panel IPS dengan resolusi FHD yang memiliki refresh rate lebih tinggi.

ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS mengkalibrasi layar dengan teknologi ProArt TruColor untuk menyajikan warna dengan standar PANTONE Validated dan menyajikan 100% DCI-P3 color gamut. Kaibrasi warna juga bisa dilakukan melalui Armoury Crate dengan alat kalibrasi warna X-Rite i1 Display PRO yang didukung ROG GameVisual.

Desain Ergolift pada ROG Zephyrus G14 memungkinkan untuk memutar layar sampai membentuk sudut 140° dan mengangkat bodi utama sampai 15 mm. Mekanisme ini mendukung pengetikan yang lebih nyaman, meningkatkan kinerja audio dan mengoptimalkan sistem pendinginan.

Kinerja ROG Zephyrus G14

Kinerja ROG Zephyrus G14 mengandalkan prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HS  yang merupakan prosesor AMD Ryzen 5000 Mobile Series terkini. Produksi prosesor ini dilakukan dengan metode 7 nm pada arsitektur Zen 3 dan dirancang khusus agar tak menghasilkan panas berlebih. ASUS juga bekerjasama dengan AMD untuk menghadirkan prosesor tangguh yang dapat bekerja secara optimal di bodi laptop ultraslim 14 inci. Ini karena bodi yang ringkas tersebut tidak memiliki banyak ruang untuk pendinginan.

Prosesor Ryzen™ 9 5900HS terdiri dari delapan inti dan 16 thread dengan kecepatan dasar clock 3,1 GHz. Kecepatan tersebut bisa di-boost sampai 4,5 GHz. Kinerja prosesor tersebut terbaik di kelasnya dan mendukung daya pada baterai yang lebih awet. RAM DDR4 3200 MHz berkapasitas 16 GB mendukung kinerja prosesor tersebut, yang terbagi menjadi dua slot RAM 8 GB.

ASUS ROG Zephyrus G14

Dari sisi grafis,  ROG Zephyrus G14 ditenagai prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX 3060. Prosesor grafis tersebut merupakan salah satu chip grafis terkini NVIDIA GeForce RTX 3000 Series. Jika dibandingkan generasi sebelumnya chip grafis tersebut dirancang dengan peningkatan kinerja yang signifikan. Berbagai teknologi grafis terkini telah disematkan pada chip tersebut, mulai dari real-time ray tracing sampai fitur eksklusif NVIDIA DLSS. Perpaduan prosesor dan chip grafis ini akan memaksimalkan pengalaman bermain game dan menunjang pembuatan konten.

Sistem Pendingin

Kinerja komponen-komponen pada ROG Zephyrus G14 dijaga agar tetap optimal menggunakan sistem pendingin terbaru. Berbagai fitur eksklusif seperti kipas Arc Flow dan Self Cleaning Cooling melengkapi sistem pendingin tersebut. Transfer panas dari komponen-komponen utama ke sistem pendingin pun lebih efektif menggunakan liquid metal sebagai thermal compound.

Sistem pendingin pada ROG Zephyrus G14 menggunakan dua kipas yang masing-masing memiliki 84 bilah untuk membangkitkan aliran udara. Perangkat lunak ROG Armoury Crate dapat mengalihkan antar mode untuk mengoptimalkan kinerja dan akustik pada laptop ini.

Empat heat pipe di bawah permukaan akan menarik panas dari CPU, GPU dan rangkaian yang memasok daya ke dua komponen tersebut. Mekanisme ini akan menurunkan suhu dan meningkatkan kestabilan dan keandalan jangka panjang. CPU, GPU dan VRM memiliki pipa masing-masing yang terhubung untuk penggunaan heatsink bersama. Hal ini akan menjamin pendinginan yang efisien untuk segala beban kerja.

Sistem pendingin pada ROG Zephyrus G14 menggunakan empat heatsink dengan sirip yang terbuat dari tembaga. Totalnya ada 201 sirip heatsink yang menghasilkan area permukaan 63.606 mm2.

Baterai dan Pengisian Daya

ROG Zephyrus G14 terkini mengandalkan baterai berkapasitas lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu 70 WHr. Kapasitas yang lebih besar tersebut memungkinkan laptop gaming stylish ini bertahan sampai lebih dari 13 jam pemakaian. Dalam kondisi penuh, baterai tersebut mampu memutar video 1080 p selama 12,5 jam dan menjelajahi internet dengan koneksi Wi-Fi selama 13,7 jam.

Baterai tersebut didukung juga oleh fitur USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya menggunakan port USB tipe-C. Fitur ini tentu saja membuat ROG Zephyrus G14 makin portabel. Ini karena pengisian daya baterai bisa memanfaatkan adapter charger berukuran kecil atau bahkan power bank.

Teknologi pengisian daya cepat memungkinkan untuk mengisi baterai dari kondisi kosong menjadi 50% penuh hanya dalam 30 menit. Pada penggunaan adaptor 100 W, baterai bisa diisi 60% dalam 48%, sedangkan untuk mengisi penuh dibutuhkan waktu 129 menit. 

Baca juga: ROG Strix G Series Dukung Gamer Jadi Juara, Ini Spesifikasinya!

Konektivitas

ROG Zephyrus G14 dibekali dengan konektivitas yang sangat lengkap. Pada sisi kiri terdapat port daya, HDMI 2.0b, USB 3.2 Gen Tipe-C dengan dukungan DisplayPort dan Power Delivery serta jack audio 3,5 mm. Di sisi kanan terdapat slot Kensington Lock, dua port USB 3.2 Gen 1 tipe-A dan USB 3.2 Gen 2 tipe-C. Sementara konektivitas nirkabel sudah didukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1.

Audio

ROG Zephyrus G14 dilengkapi dengan empat speaker untuk mendukung sistem audionya. Teknologi Dolby Atmos yang mendukung virtual 5.1.2-channel surround sound siap memposisikan pengguna berada di pusat aksi. Sistem audio ini didukung oleh dua tweeter dan dua Smart Amp woofer. Tersedia 6 mode preset untuk mengoptimalkan pengaturan berdasarkan jenis game dan media, bisa juga membuat modifikasi manual sesuai selera.

Teknologi Dolby Atmos ini akan menyajikan detail penuh dan nuansa musik game yang memperkaya pengalaman gaming. Saat menonton film, teknologi ini akan menyajikan arah dan kedalaman suara yang menempatkan obyek di sekitar dalam ruang tiga dimensi.

Fitur Two-Way AI Noise Cancellation pun siap meredam suara kebisisngan yang tak diinginkan, baik upstream maupun downstream. Suara pun lebih jernih di mikrofon pengguna dan mikrofon rekan satu tim. Pengaturan fitur ini dapat dilakukan berdasarkan aplikasi untuk menyaring aplikasi khusus seperti voice chat tanpa menyentuh audio game. Teknologi ini berjalan pada CPU sehingga GPU bebas untuk memaksimalkan frame rate.

Harga dan Ketersediaan

ROG Zephyrus G14 ini dibanderol dengan harga Rp33.999.000 dan dapat dibeli melalui beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G14 di Blibli
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G14 di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G14 di Shopee

Spefisikasi ROG Zephyrus G14

CPU

AMD Ryzen™ 9 5900HS Processor 3.1 GHz (16M Cache, up to 4.5 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

2x8GB DDR4 3200MHz RAM

Media Penyimpanan

1TB M.2 NVMe™ PCIe® SSD

Layar

14" (16:9) IPS-Level FHD (1920x1080), 100% sRGB 144Hz, 3ms, Adaptive Sync, PANTONE Validated Display, AniMe Matrix

Prosesor Grafis

NVIDIA GeForce RTX 3060

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort and power delivery

Kamera

ROG GC21 External Webcam, 1080p 60fps

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Audio by Dolby Atmos, AI mic noise-canceling, Built-in array microphone, 2x 0.7W tweeter, 2x 2.5W speaker with Smart Amp Technology

Baterai

76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

32,4 x 22,0 x 1,99 ~ 1.99 cm

Bobot

1.7 kg

Warna

Moonlight White, Eclipse Gray

Harga

Rp33.999.000

Garansi

2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini