Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Pendukung Kreativitas Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Pendukung Kreativitas ~ Teknogav.com

Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Pendukung Kreativitas

Teknogav.com – Keistimewaan laptop gaming ROG Zephyrus Duo 15 SE terletak pada dua layar yang diusungnya. Layar utama tersebut berukuran 15,6 inci lalu ditambah layar kedua yang bisa berfungsi sebagai ScreenPad Plus. Laptop gaming ini hadir ergonomis, desain ScreenPad Plus didukung teknologi  Active Aerodynamic System Plus (AAS+). Ketangguhan Zephyrus Duo 15 SE ini pun tak perlu diragukan karena sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 Series. Sedangkan dari sisi grafis didukung oleh NVIDIA GeForce RTX 3000 Series.

ASUS Zephyrus Duo 15 SE ini tersedia dalam pilihan prosesor AMD Ryzen 9 5900-HX dan AMD Ryzen 7 5800HX. Pada review kali ini, laptop gaming tersebut menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX. Kartu grafis yang digunakan pada laptop adalah NVIDIA GeForce RTX 3070, namun tersedia varian sampai NVIDIA GeForce RTX 3080.

Baca juga: ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551, Seru dengan Layar Ganda

ScreenPad Plus yang merupakan layar kedua dari laptop gaming ini memiliki ukuran 14,1 inci. Layar ini merupakan layar sentuh yang dapat berfungsi kanvas atau alat pengendalian tambahan yang bisa terintegrasi dengan apilkasi kreatif Adobe. Kemampuan ini membuatnya cocok bagi pembuat konten untuk menuangkan kreativitas. Gamer pun dapat memanfaatkan ScreenPad Plus untuk mengendalikan aplikasi streaming secara langsung atau melihat walkthrough dan guide. Sementara layar utama tetap menayangkan tampilan game

integrasi layar kedua dengan software Adobe

Mekanisme AAS+pada ASUS Zephyrus Duo 15 SE akan mengangkat ScreenPad Plus sehingga memperluas rongga udara yang mendukung sistem pendingin. Serunya lagi ada bonus game Dying Light 2 untuk pembelian laptop ini. Game laga tersebut memanfaatkan fitur ScreenPad Plus sepenuhnya sehingga berbagai fitur dapat diakses langsung dari layar tambahan tersebut. Jadi tambah seru kan?

Kerennya lagi, ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE ini memiliki konektivitas yang sangat lengkap dengan menyediakan 4 port USB, RJ45, HMDI, jack audio combo dan slot micro SD. Tentu saja konektivitas nirkabelnya sudah mendukung teknologi terkini Wi-Fi 6.

Desain Zephyrus Duo 15 SE

ROG Zephyrus Duo 15 SE tergolong ringkas memiliki dimensi 360 x 268 x 20,9 mm dan bobot 2,48 kg. Ciri khas dari laptop gaming ini tentu saja penggunaan dua layar yang selain untuk gaming juga menunjang kegiatan pembuatan konten. Layar utama memiliki ukuran 15,6 inci sedangkan layar kedua merupakan layar sentuh berukuran 14,1 inci. Tak perlu khawatir dengan kekuatan layar kedua ini, karena ketangguhannya bisa menahan beban sampai 15 kg per 2 cm2.

Laptop ini dirancang dengan engsel khusus yang akan memiringkan layar kedua sampai 13° saat membuka layar pertama. Mekanisme ini akan memberikan sudut yang nyaman untuk berinteraksi dengan layar sentuh dan menatap layar. Tentu saja juga membuat ruang tambahan untuk sirkulasi udara yang mendukung sistem pendinginan.

Baca juga: Andalkan Keyboard Canggih, Ini Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Zephyrus S17

ScreenPad Plus

Penggunaan ScreenPad Plus ini cocok untuk mendukung gaming, streaming, pembuatan konten dan juga multitasking. ScreenPad Plus ini merupakan layar sentuh dengan resolusi 3840 x 1100 piksel, color gamut sRGB 100% dan dukungan stylus.

Gamer akan merasakan pengalaman imersif saat memainkan game yang dioptimalkan dengan tampilan multi-layar. Layar kedua dapat digunakan untuk menampilkan misi, inventori dan lain-lain pada game AAA seperti Dying Light karya developer Dying Light 2. Game ini bahkan tersedia gratis untuk pembelian ROG Zephyrus Duo 15 lho.

Layar kedua juga bisa digunakan untuk tetap terhubung dengan chat bersama tim, streaming, dan lain-lain. Aplikasi yang dioptimalkan seperti Xsplit Gamecaster pun akan memudahkan untuk main sambil streaming kualitas tinggi.

Pembuat konten akan mendapatkan ruang lebih saat berkarya dengan menggunakan layar kedua untuk memuat menu-menu kontekstual seperti timeline, layer dan lain-lain. Berbagai kegiatan seperti menyunting foto sampai pemodelan 3 dimensi dapat dilakukan dengan mudah berkat dukungan ScreenPad Plus ini.

Tentu saja multitasking pun jadi lebih efisien. Berbagai kegiatan seperti streaming video, menjelajahi website dan berinteraksi dengan messenger bisa dilakukan secara bersamaan di layar kedua.

ROG Zephyrus Duo 15 SE

Layar Utama Zephyrus Duo 15 SE

ROG Zephyrus Duo 15 SE memiliki layar berukuran 15,6 inci dengan dua opsi layar, yaitu layar 4K/UHD dan FHD. Keduanya menggunakan panel IPS dengan bezel yang tipis, sertifikasi PANTONE Validated yang menjamin akurasi warna dan waktu respon 3 milidetik. Panel IPS ini menggunakan struktur kristal sehingga menyajikan warna yang kaya dengan akurasi luar biasa di setiap sudut pandangan. 

Baca juga: ROG Zephyrus M16 Hadirkan Pengalaman Imersif dengan Rasio Layar-ke-Bodi 94%

Layar dengan sertifikasi PANTONE Validated juga menjami akurasi reproduksi warna yang memungkinkan desainer dan pembuat konten membuat karya profesinalnya. Gamer pun bisa merasakan visual yang lebih kaya. Kedua pilihan layar tersebut juga sama-sama memiliki rasio 16:9.

Pilihan Layar 4K memliki resolusi yang sangat tinggi yaitu UHD atau 3840 x 2160 piksel dengan refresh rate 120 Hz. Layar ini memberikan pengalaman yang baik dan kedalaman visual lebih besar dengan color gamut Adobe RGB 100%. Sementara itu pilihan layar FHD memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel dengan refresh rate 300 Hz dan color gamut sRGB 100%.

Laptop gaming ini juga didukung fitur Armoury Crate yang bisa digunakan untuk kalibrasi warna. X-Rite i1 Display PRO merupakan alat untuk mengkalibrasi warna layar bagi para pembuat konten yang ingin bekerja cepat namun tetap yakin dengan hasil yang akurat. Alat tersebut juga didukung oleh ROG Game Visual yang memungkinkan untuk megkalibrasi layar laptop sendiri untuk akurasi warna.

Kinerja ROG Zephyrus Duo 15 SE

Seperti telah disebutkan di awal, ROG Zephyrus Duo 15 SE ini dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX. Produksi prosesor tersebut dilakukan dengan metode 7 nm dan dibangun pada arsitektur Zen 3. Prosesor ini memiliki delapan inti dan 16 threads dengan kecepatan clock dasar 3,3 GHz tetapi bisa diboost sampai 4,6 GHz. Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM DDR4 3200 MHz. Pada laptop yang Teknogav.com review ini kapasitas RAM yang digunakan adalah 32 GB atau 2 x 16 GB.

Beralih ke grafis, ROG Zephyrus Duo 15 SE yang diuji ini menggunakan dua prosesor grafis. Kedua prosesor grafis tersebut adalah AMD Radeon RX Vega 8 yang terintegrasi dan NVIDIA GeForce RTX 3070. Kendati demikian tersedia varian dengan kartu grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 3080.

Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3070 dibangun berdasarkan arsitektur Ampere. Arsitektur tersebut menggabungkan fitur streaming multiprosesor terkini dengan RT Core generasi kedua dan Tensor Core generasi ketiga. Teknologi AI terkini menyertai fitur real-time ray tracing yang didukung oleh perpaduan fitur tersebut. Hasilnya adalah tampilan game dengan frame rate tinggi berjalan lancar dengan kualitas visual yang baik.

NVIDIA GeForce RTX 3070 ini dapat bekerja dengan kecepatan clock 1390 MHz dan daya 80 W berkat fitur ROG Boost. Sementara fitur Dynamic Boost dapat memberi daya tambahan sampai 20 W untuk GPU saat CPU tidak sedang dalam beban penuh. Selain itu tersedia juga fitur NVIDIA Broadcast untuk mendukung streaming game. Lalu ada fitur NVIDIA Reflex untuk mengurangi latensi dalam game multiplayer tertentu.

Media penyimpanan pada ROG Zephyrus Duo 15 SE menggunakan SSD NVMe PCIe 3.0 yang mampu mengakses file dan memuat aplikasi dengan cepat.

Sistem Pendingin

Kinerja ROG Zephyrus Duo 15 SE tetap prima berkat sistem pendingin yang menjaga suhu laptop tetap dingin. Di awal telah disinggung juga bahwa AAS+ turut andil dalam pendinginan dengan memperluas rongga udara untuk memperlancar aliran udara.

Fitur AAS+ ini membuka lubang udara besar 28,5 mm di belakang kemiringan layar kedua. Rongga udara yang dihasilkan akan meningkatkan aliran udara sampai 30%. Ventilasi yang menghadap ke atas ini akan menarik udara dingin dari atas. Ruangan yang lebih besar juga dapat menurungkan tingkat kebisingan di bawah 43 dB pada mode performance sehingga pengalaman gaming pun bisa lebih hening.

Selain itu sistem pendinginan pada laptop gaming ini juga mengandalkan kipas Arc Flow dengan 84 bilah kipas. Jumlah bilah yang lebih banyak ini dapat sampai 13% dan menurunkan kebisingan sampai 2 dB dibandingkan generasi sebelumnya. Desain kipas ini aerodinamis layaknya bulu burung mengarahkan udara dan menjaga keseimbangan saat terbang. Keseluruhan desai kipas mengurangi turbulans dan mengatur aliran udara dengan kebisingan rendah, serta meningkatkan keandalan jangka panjang.

Tersedia juga modul pendingin baru dengan lima heatpipe dan penggunaan liquid metal sebagai thermal compound. Liquid metal dari Thermal Grizzly dapat mengurangi suhu pada CPU sampai 10°C jika dibandingkan dengan thermal paste standar. Blok pada CPU juga memiliki pagar internal yang mencegah liquid metal ini bocor seiring berjalannya waktu.

Pembuangan panas dilakukan oleh 4 heatsink yang masing-masing memiliki sirip tembaga sangat tipis, hanya 0,1 mm. Penghantaran panas pun bisa lebih cepat sampai 1,69 kali jika dibandingkan dengan bahan aluminium. Sirip ini berukuran setengah dari solusi umum sehingga memperluas wilayah pembuangan panas. Jumlah sirip ini sampai 222 sehingga menghasilkan luas permukaan 112,357 mm2. Sistem pedginginan yang menyeluruh tersebut menjaga kinerja pendinginan ROG Zephyrus Duo 15 SE lebih baik dari generasi sebelumnya.

Keyboard

Desain keyboard pun turut mendukung sistem pendinginan dengan ventilasi pada tombol WASD yang memungkinkan kipas di bawahnya untuk membangkitkan aliran udara yang mendinginkan. 

ROG Zephyrus Duo 15 SE

Pada barisan atas keyboard terdapat ruang di antara tombol fungsi. Selain itu juga tersedia tiga hotkeys yaitu Armoury Crate, mengaktifkan layar kedua, dan tombol untuk mengalihkan antara Page Up/Page Down dan tombol panah. beralih ke barisan bawah, terdapat tombol spasi yang besar dan tombol panah yang terisolasi.

Baterai dan Konektivitas

Laptop gaming ROG Zephyrus Duo 15 SE dibekali dengan baterai 90 Wh yang mampu bertahan sampai 8,15 jam saat layar kedua menyala. Sedangkan ketika layar kedua dimatikan bisa bertahan lebih lama lagi, yaitu sampai 10,22 jam.

Kerennya lagi, pengisian daya baterai pun bisa dilakukan melalui port USB berkat dukungan teknologi 100 W Power Delivery. Adapter Power Delivery 100 W ini pun berukuran lebih kecil, hanya 75 x 75 x 28,8 mm dengan bobot 300 gram. Ringkasnya adapter ini memudahkan untuk dibawa ke mana-mana.

Baterai pada laptop gaming ini pun didukung teknologi pengisian daya cepat. Teknologi ini memungkinkan untuk mengisi daya baterai dari kosong sampai 50% hanya dalam 30 menit dalam kondisi laptop mati.

sisi kanan ROG Zephyrus Duo 15 SE

sisi kiri ROG Zephyrus Duo 15 SE

ROG Zephyrus Duo 15 SE ini menyediakan port konektivitas di ketiga sisinya. Pada sisi kanan terdapat dua port USB 3.2 Gen 2 tipe A dan satu port USB 3.2 Gen 2 tipe C. Beralih ke sisi kiri terdapat slot microSD 4.0, port daya DC dan jack audio kombo. Di bagian belakang pun tersedia port, yaitu port LAN RJ45, USB 3.2 Gen 2 tipe-A dan port HDMI 2.0.

Baca juga: Review ASUS ZenBook Duo (UX482), Optimalkan Produktivitas dengan Dua Layar

bagian belakang ROG Zephyrus Duo 15 SE

Port HDMI 2.0 dan DisplayPort 1.4 mendukung keluaran 4K UHD pada 60 fps. Laptop ini bisa juga dihubungkan ke TV UHD, monitor dan perangkat lain yang memiliki resolusi sampai 8K.

Sementara untuk konektivitas nirkabel, laptop gaming ini sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6. Teknologi ini dapat meningkatkan kecepatan jaringan dan efisiensi sehingga memberikan koneksi internet yang lebih baik di ruang padat. Mekanisme TWT dan standar keamanan WPA3 pun memungkinkan gaming dengan daya baterai lebih awet dan keamanan nirkabel lebih baik.

Audio

Sistem audio pada ROG Zephyrus Duo 15 SE ini sudah didukung Dolby yang membuat konten terdengar lebih baik. Dolby Atmos akan memberikan pengalaman penuh pada soundtrack game, sehingga permainan terasa lebih hidup. Ketika menonton, suara terasa seperti obyek yang dapat ditempatkan secara tepat dan digerakkan di sekitar dalam ruang tiga dimensi sehingga seperti berada dalam adegan.

Laptop gaming ini juga disertai dengan fitur Two-Way AI Noise Cancellation yang akan menyingkirkan suara yang tak diinginkan dari upstream dan downstream. Audio pun lebih hernih untuk mikrofon dan mikrofron rekan satu tim. Pengaturan juga bisa dikustomisasi berdasarkan aplikasi untuk menyaring aplikasi khusus seperti voice chat tanpa menyentuh audio game. Teknologi ini berjalan pada CPU, sehingga GPU tetap bebas untuk memaksimalkan frame rate.

Benchmark

Kini saatnya menguji ROG Zephyrus Duo 15 SE dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, skor keseluruhan yang diperoleh ROG Zephyrus Duo 15 SE adalah 7235. Angka ini luar biasa tinggi jika dibandingkan ZenBook Duo UX482EG yang meraih skor 4832.

Nilai Essential dari ROG Zephyrus Duo 15 SE juga tinggi, yaitu 10.536 yang menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Skor ini di atas ZenBook Duo UX482EG yang meraih skor 8.853.Keduanya masih luar biasa tinggi jika dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100. Jika dilihat dari kategori jenis kerja, berikut ini adalah rincian skornya.

PC Mark 10
Pada pengujian benchmarking menggunakan PassMark, nilai yang diperoleh cukup lumayan yaitu 6153, sedangkan skor rata-rata hanya 2711. Jika dilihat dari benchmarking PassMark ini, kinerja ROG Zephyrus Duo 15 SE di atas ZenBook Duo UX482EG yang berada di angka 5348. Jika dilihat dari benchmarking CPU, nilai yang diperoleh ROG Zephyrus Duo 15 SE adalah 22939. Sementara nilai rata-rata kinerja CPU secara global hanya 6872.

skor uji kinerja dengan PassMark
skor uji kinerja dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja AMD Ryzen 9 5900HX berada di posisi teratas.

peringkat dengan CPU Mark

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ROG Zephyrus Duo 15 SE adalah 824. Nilai di atas rata-rata perangkat secara global, yaitu 602. Sedangkan untuk 3D Mark nilai yang diperoleh adalah 12159, jauh lebih tinggi dari nilai rata-rata dunia 3607. 

Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D

Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh adalah 2192, lebih tinggi dari rata-rata 1743. Terakhir dalam pengujian di PassMark adalah DiskMark, skornya 20555 yang jauh di atas rata-rata dunia 3184.

Uji Memori
Uji disk mark

Ketika melakukan uji coba dengan GeekBench, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 6348 dan multi core 35275. Sementara itu untuk uji OpenCL dilakukan dua kali untuk masing-masing prosesor grafis. Pada pengujian menggunakan prosesor yang terintegrasi, hasil yang diperoleh adalah 5791. Sedangkan untuk pengujian OpenCL menggunakan prosesor NVIDIA GeForce RTX 3070 hasilnya adalah 338418.

Benchmarking CPU dengan GeekBench
Benchmarking Open CL AMD Radeon Vega

Benchmarking Open CL NVIDIA GeForce RTX 3070

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU - Z

Harga yang dibanderol pada ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE ini adalah Rp50.999.000. Nampaknya harga ini sepadan dengan kinerja luar biasa yang diusungnya, bahkan ketangguhan tersebut pun terbukti pada hasil benchmark. Pembelian ROG Zephyrus Duo 15 SE dapat dilakukan pada beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Zephyrus Duo 15 SE di Blibli 
Klik untuk membeli ROG Zephyrus Duo 15 SE di Shopee
Klik untuk membeli ROG Zephyrus Duo 15 SE di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Zephyrus Duo 15 SE di Bukalapak

Kelebihan

Keistimewaan ROG Zephyrus Duo 15 SE tentu saja pada ScreenPad Plus yang diusungnya dan penggunaan prosesor tercanggih saat ini. Prosesor grafis yang diusung pun terbaik dengan NVIDIA GeForce RTX 3070. Keandalan ROG Zephyrus Duo 15 SE ini tak hanya ditujukan bagi gamer, tetapi juga para pembuat konten. Apalagi kapasitas RAM yang menunjang kinerja prosesor juga tinggi. Media penyimpanan dan konektivitas pun sudah menggunakan teknologi terkini.

Mekanisma AAS+ pada layar membuat posisi menggunakan laptop gaming ini lebih ergonomis dan menunjang sistem pendinginan. Sistem pendingin pun ditingkatkan dengan banyak teknologi canggih yang mampu menjaga suhu komponen-komponen penting tetap rendah.

Tampilan pada layar terlihat jernih dan tajam, nyaman untuk menyunting video dan rendering pun tak berat. Bermain game pun tetap lancar walau menggunakan laptop berukuran ringkas ini.

Kekurangan

Layar utama ROG Zephyrus Duo 15 SE ini tidak menggunakan layar sentuh. Bobotnya pun cukup berat untuk ditenteng ke mana-mana.

Spesifikasi ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551)

CPU

AMD Ryzen™ 9 5900HX Processor 3.3 GHz (16MB Cache, up to 4.6 GHz)

AMD Ryzen™ 7 5800H Processor 3.2 GHz (16MB Cache, up to 4.4 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

2 x RAM DDR4 3200M Hz 8 GB

2 x RAM DDR4 3200M Hz 16 GB DDR4

Media Penyimpanan

SSD PCIe® NVMe™ M.2 1TB

2 x SSD PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 1TB

Layar

Layar Utama

15,6" (16:9) IPS-Level 4K UHD (3840 x 2160), 100% Adobe RGB, 120Hz, 3 ms, Adaptive Sync, PANTONE Validated

15,6" (16:9) IPS-Level FHD (1920x1080), 100% sRGB, 300Hz, 3 ms, Adaptive Sync, PANTONE Validated

 

ScreenPad Plus

Layar sentuh 14.1" 3840 x 1100 piksel (32:9)

Layar sentuh 14.1" 1920x550 piksel (32:9)

Grafis

NVIDIA GeForce RTX 3080

NVIDIA GeForce RTX 3070

NVIDIA GeForce RTX 3060

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 3x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort / power delivery, 1x RJ45 LAN port, 1x card reader (microSD)

Kamera

ROG GC21 External Webcam, 1080p 60fps

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Audio by Dolby Atmos, Built-in array microphone, 2x 4W speaker with Smart Amp Technology, 2x 2W tweeter

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

36.0 x 26.8 x 2.09 ~ 2.09 cm

Bobot

2,48 kg

Warna

Hitam

Harga

Rp35.999.000 (Ryzen 7 / RTX 3060 / FHD / 1TB SSD / 2x8GB RAM)

Rp50.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3070 / FHD / 1TB SSD / 2x16GB RAM)

Rp70.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3080 / 4K UHD / 2x1TB / 2x16GB RAM)

Garansi

2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty


Share:

Artikel Terkini