Kini Kaspersky Interactive Protection Simulation Tersedia dalam Format VR Kini Kaspersky Interactive Protection Simulation Tersedia dalam Format VR ~ Teknogav.com

Kini Kaspersky Interactive Protection Simulation Tersedia dalam Format VR


Teknogav.com - Kaspersky Interactive Protection Simulation (KIPS) adalah pelatihan yang menempatkan tim keamanan TI pada simulasi lingkungan bisnis untuk menghadapi ancaman-ancaman siber. Penanganan harus dapat dilakukan sambil tetap memaksimalkan laba dan menata kepercayaan diri. Pelatihan ini merupakan cara yang efektif untuk membangun kesadaran mengenai keamanan siber di antara para manajer puncak dan pengambil keputusan. KIPS ini merupakan bagian dari portofolio Kaspersky Security Awareness, yang menggabungkan teknik pembelajaran modern dengan keahlian Kaspersky dalam keamanan siber. Kini Kaspersky menghadirkan KIPS dalam format virtual reality (VR) yang menyajikan game simulasi bisnis strategis.

Teknologi VR tersebut memungkinkan pengambil keputusan dalam perusahaan dan senior manager (SM) dapat bekerja sebagai spesialis keamanan informasi. Mereka dapat belajar dengan mengalami langsung bagaimana keputusan yang terkait keamanan siber mempengaruhi bisnis. KIPS dalam format VR ini juga menunjukkan hubungan antara keamanan siber dan efisiensi perusahaan.

Baca juga: Palo Alto Networks Paparkan Kebijakan Keamanan Siber CIO di Indonesia

Sektor bisnis yang berbeda memiliki indikator kinerja utama (KPI) dan prioritas yang berbeda. Hal ini dapat menyulitkan perusahaan untuk memahami persyaratan khusus dan peran unit bisnis lain. Masalah tersebut dapat mengakubatkan penundaan persetujuan atau pemotongan anggaran secara sepihak. 

Data hasil survei Kaspersky menunjukkan bahwa lebih dari 330 perusahaan industri di seluruh dunia menghadapi masalah birokrasi. Masalah birokrasi tersebut mencakup panjangnya proses persetujuan (31%) dan terlalu banyak pengambil keputusan (23%). Biasanya masalah birokrasi tersebut merupakan hambatan yang umum dalam meperkenakan proyek keamanan informasi.

“Setelah lockdown, kami memindahkan Kaspersky Interactive Protection Simulation ke dalam format online. Kendati hal ini cukup berhasil, kami menyadari bahwa partisipan kekurangan perlengkapan fisik dari game ini. Contohnya adalah mereka luput melihat anggota tim mereka atau kartu game secara fisik. VR menyediakan ini, bahkan lebih. Kini mereka tak hanya mendengar ketika terjadi ledakan di pembangkit. Mereka pun bisa pergi ke jendela untuk melihatnya. Game VR ini memberikan pengalaman mendalam yang meningkatkan efektivitas pelatihan,” ucap Denis Barinov, Head of Kaspersky Academy.

Baca juga: APAC Online Policy Forum Bahas Strategi Keamanan Siber

Game VR

Kaspersky menawarkan game simulasi bisnis khusus untuk menyampaikan potensi implikasi keamanan siber kepada para eksekutif bisnis. Game ini juga bisa membantu mereka memahami topik keamanan siber dengan lebih baik. VR adalah teknologi yang paling menjanjikan dalam edukasi perusahaan.  Penerjemahan skenario pembangkit tenaga listrik pada game VR menjadikannya lebih ilustratif lagi. Para manajer puncak pun kini dapat sepenuhnya tenggelam dalam kerja departemen keaman informasi.

Seluruh peserta game dibagi ke dalam beberapa tim yang berlawanan yang akan bermain game secara paralel. Mereka kini menjadi karyawan dari departemen keamanan informasi berbeda di pembangkit listrik. Kacamata VR akan membantu pemain ‘dipindahkan’ ke pusat kendali. Pada tempat tersebut, mereka bisa melihat anggota tim dalam bentuk avatar dan model pembangkit. Mereka dapat melihat fasilitas pembangkit dan kota yang disediakan listrik oleh perusahaan dari jendela.

Tangkapan layar Kaspersky Interactive Protection Simulation

Tugas mereka adalah membuat dan melaksanakan strategi keamanan informasi yang menjaga pembangkit listrik bekerja dan menghasilkan pendapatan. Mereka juga harus menanggapi peristiwa keamanan siber yang terjadi dalam game. Pemain harus memilih kartu dengan tindakan proaktif dan reaktif. Contohnya adalah untuk melakukan audit keamanan, beli solusi perlindungan endpoint atau memberikan penyataan publik jika terjadi suatu kesalahan.

Baca juga: Tips Kaspersky Amankan Sistem Kendali Industri dari Serangan Siber

Setiap reaksi yang diperbuat tim mempengaruhi anggaran perusahaan dan sikap keamanan, serta mengubah plot game. Setelah setiap giliran, pelatih game menunjukkan hasil untuk setiap tim. Pihak yang memperoeh pendapatan tertinggi di akhir permainan menjadi pemenang. Jika strategi tak memadai, pemain akan melihatnya sendiri. Contohnya penyerang dapat merusak peralatan dengan mengeksploitasi kerentangan dalam infrastruktur TI perusahaan sehingga menyebabkan pemadaman. Penyerang juga bisa merusak saringan pemurnian sehingga menimbulkan udara beracun.

Hasil dari simulasi game VR ini adalah eksekutif bisnis dapat memahami lebih baik mengenai dampak inisiatif keamanan siber pada bisnis mereka. Juga dampak pada bisnis mereka jika keamanan buruk. Mereka juga bisa mempertimbangkan anggaran keamanan siber sebagai investasi strategis. Informasi lebih lanjut mengenai Kaspersky Interactive Protection Simulation dapat dilihat pada tautan ini.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email