Transformasi Warung Pintar Group Sajikan Solusi Ekosistem Warung yang Lengkap Transformasi Warung Pintar Group Sajikan Solusi Ekosistem Warung yang Lengkap ~ Teknogav.com

Transformasi Warung Pintar Group Sajikan Solusi Ekosistem Warung yang Lengkap

Teknogav.com – Warung Pintar resmi bertransformasi menjadi Warung Pintar Group untuk mendukung digitalisasi seluruh pelaku dalam ekosistem warung. Upaya tersebut dilakukan untuk mempersiapkan percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia, apalagi warung merupakan ekosistem distribusi retail terbesar di negara ini. Digitalisasi seluruh komponen dalam ekosistem warung ini dapat mengintegrasikan seluruh pemain di ekosistem ini.

Komponen-komponen ekosistem yang akan diintegrasikan ini mencakup pemilik warung atau toko kelontong, pengusaha grosir, distributor sampai brand. Di masa yang sulit, kerja sama semua pihak sangat penting untuk memulihkan kondisi Indonesia. Apalagi pandemi COVID-19 berdampak sangat signifikan pada warung. Hasil survei internal Warung Pintar Group menunjukkan penurunan penjualan pada 93% pemilik warung di awal pandemi melanda. Besar penurunan tersebut sampai 28%.

Baca juga: DANA Sediakan Fitur Pendataan Warung Demi Dukung Kementrian Koperasi & UKM

Dampak signifikan terhadap warung tersebut tak hanya diatasi Warung Pintar Group dari sisi pelaku bisnis warung. Seluruh komponen ekosistem yang menjadi kontributor utama sektor ritel Indonesia dilibatkan oleh Warung Pintar Group.

Kontribusi Warung dan Permasalahan yang Dihadapi

Channel tradisional mengambil porsi 74% dari bisnis retail Indonesia, nilai porsi ini sekitar USD267 miliar. Persentase warung mencapai 60% dari jumlah channel tradisional tersebut. Warung pun berkontribusi besar pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia.Nilai kontribusi tersebut bahkan empat kali lebih tinggi dibandingkan e-commerce.

salah satu warung pengguna solusi dari Warung Pintar Group

Sistem distribusi yang berlapis merupakan masalah utama pada warung, sehingga efisiensi pun turun sampai 20-25%. Tak adanya visibilitas data diakibatkan oleh informasi yang terfragmentasi dan asimetris, sehingga semua pihak pun pertumbuhannya terhambat. Sebagian besar pemain terkadang hanya berusaha memberikan solusi ke satu pihak saja. Pasar pun terganggu, dan orang makin skeptis pada adopsi digital dalam ekosistem warung.

Baca juga: Rayakan Hari Warung Nasional, GrabKios Siap Dukung Digitalisasi Warung

Pentingnya untuk memberikan solusi digital yang lebih terintegrasi bagi warung ini disadari oleh tim Warung Pintar Group. Integrasi seluruh ekosistem dibutuhkan untuk memperoleh transparansi dan meningkatkan efisiensi bisnis warung. Digitalisasi seluruh ekosistem dilakukan Warung Pintar Group untuk memberikan dampak yang jauh lebih signifikan.

“Solusi digital Warung Pintar Group dirancang sebagai kekuatan fundamental yang sangat dibutuhkan. Hal ini untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi yang lebih signifikan di dalam salah satu channel distribusi terbesar di Indonesia,“ ucap Agung Bezharie Hadinegoro, CEO Warung Pintar Group.

Solusi Warung Pintar Group

empat solusi utama Warung Pintar Group
Saat ini Warung Pintar Group memiliki empat solusi digital utama, yaitu:

  • Warung Pintar – Solusi Belanja Stok Warung
  • Grosir Pintar
  • Warung Pintar Distribusi
  • Bizzy Connect

Setiap aplikasi tersebut bertujuan membantu penguatan kolaborasi secara strategis antara jalur rantai pasok (supply chain) dari hulu ke hilir. Ratusan ribu pemiliki warung aktif telah memanfaatkan aplikasi Warung Pintar untuk memenuhi stok barang. Aplikasi tersebut dapat melakukan pemesanan, pelacakan produk sampai pemantauan kinerja warung. Berikut ini beberapa fitur aplikawi Warung Pintar, yaitu:

  • Catatan Pintar (pencatatan transaksi digital)
  • Iklan Pintar (pemasangan iklan brand untuk pemasukan tambahan warung)
  • Komunitas Pintar (program pengembangan kapasitas pemilik warung berbasis komunitas)

Keandalan aplikasi solusi Warung Pintar Group dapat meningkatkan efisiensi sampai 40%. Beberapa keandalan tersebut mencakup efisiensi waktu, harga yang bersaing, dan aliran pendapatan tambahan seperti produk digital dan Iklan Pintar.

Baca juga: AWS Prediksi 8 Cara Teknologi Terus Mengubah Kehidupan Manusia

Lebih dari 600 mitra pengusaha grosir juga telah bekerja sama dengan Warung Pintar Group. Setiap mitra tersebut melayani sekitar 200-300 pemilik warung dalam platform Grosir Pintar. Aplikasi tersebut memungkinkan toko grosir terhubung langsung dengan ratusan pemilik warung dalam radius sekitar 5-10 km. Mitra pengusaha grosir pun bisa melakukan pengadaan inventaris dengan layanan Bisnis Pintar.

Warung Pintar juga menyediakan solusi Warung Pintar Distribusi yang sudah ada sejak mereka berdiri. Solusi ini merupakan sistem pergudangan dan inventaris untuk mendukung distribusi berbagai kebutuhan stok barang bagi pemilik warung.

Layanan terkini Warung Pintar Group adalah Bizzy Connect yang menghubungkan brand dan distributor langsung ke pemiliki warung. Warung Pintar Group mengakuisisi Bizzy Digital pada awal tahun 2021 untuk melengkapi solusi perniagaan tradisional. Bizzy Connect didukung aplikasi manajemen sales person sampai sistem pelacakan pengiriman yang efektif melalui distribusi digital yang terintegrasi.

Manfaat Digitalisasi bagi Pelaku Bisnis dalam Ekosistem Warung

Brand dan distributor berhasil meningkatkan efisiensi mereka sampai 80% lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan Bizzy Connect. Keberhasilan ini berkat kemampuan menghubungkan langsung brand dan distributor dengan warung. Berkat hubungan tersebut, warung juga bisa memiliki banyak sumber produk dengan harga bersaing, bahkan 20-25% lebih murah.

Bizzy Connect telah berhasil mendukung transformasi digital sistem distribusi sejumlah brand berskala global, seperti Coca Cola Europacific Partners dan Reckitt. Distribusi barang mereka dapat dipantau secara live menggunakan dashboard khusus yang tersedia pada layanan tersebut. Selain itu tersedia juga insight berbasis data untuk dijadikan acuan dalam menentukan langkah bisnis strategis di channel tradisional.

Baca juga: DANA Hadirkan Miniservice Warung Pangan Berkolaborasi dengan BGR Logistics

Digitalisasi setiap pelaku bisnis dalam ekosistem warung memungkinkan keterlibatan makin banyak pihak untuk mempercepat ekonomi selama pandemi. Warung Pintar Group telah berhasil menggandeng lebih banyak warung untuk merasakan manfaat langsung menggunakan solusi yang terintegrasi. Sejak awal tahun 2020, Warung Pintar Group mengalami pertumbuhan jumlah warung yang dilayani 100 kali lipat. Ini berarti dari 5.000 warung menjadi 500.000 warung. Satu dari 7 warung yang ada di Indonesia berada dalam jaringan Warung Pintar Group. Jumlah warung yang aktif melakukan transaksi setiap bulan adalah 106.000 pengguna.

Kerja sama juga dilakukan Warung Pintar Group dengan semua dompat digital atau e-wallet sesuai misi untuk mempercepat ekonomi ke konsumen. Selain itu warung juga bisa menerima pembayaran digital, sesuai misi dan visi untuk financial inclusion.

Konsumsi Masyarakat Picu Perekonomian Indonesia

Data McKinsey memprediksi lebih dari 90 juta masyarakat Indonesia akan dikategorikan dalam consuming class pada tahun 2030. Lembaga penelitian tersebut juga mengungkap bahwa digitalisasi berperan penting bagi warung untuk menargetkan pasar dengan 168 juta masyarakat. Besarnya transaksi pasar tersebut sebesar Rp3,6 triliun setiap tahun.

“Kami percaya bahwa dalam beberapa tahun ke depan konsumsi akan menjadi katalis bagi perekonomian Indonesia. Saat ini, lebih dari 70% konsumsi terjadi di warung melalui transaksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, Warung Pintar Group hadir untuk merevolusi setiap pelaku industri di channel retail tradisional dengan menghadirkan solusi-solusi digital. Solusi ini berperan sebagai fondasi yang kuat untuk bersama-sama bergotong royong mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu juga menyediakan akses digital yang lebih baik bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap Agung.

Warung Pintar Group merupakan penghubung dari jutaan komunitas dan populasi di Indonesia. Misi dari Warung Pintar Group adalah memberdayakan inklusivitas digital dan ekonomi bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Andrew Mawikere, Presiden Warung Pintar Group

“Kami berkomitmen untuk terus gotong royong #TumbuhBareng warung, pengusaha grosir, distributor, brand, hingga nantinya #TumbuhBareng Indonesia. Warung kami jadikan pintu gerbang utama dalam meningkatkan consuminc class yang sedang bekembang di seluruh Indonesia tanpa terkecuali,” ucap Andrew Mawikere, Presiden Warung Pintar Group.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email