Review ASUS VivoBook Ultra 15 (K513), Layar Lebih Lebar Review ASUS VivoBook Ultra 15 (K513), Layar Lebih Lebar ~ Teknogav.com

Review ASUS VivoBook Ultra 15 (K513), Layar Lebih Lebar



Teknogav.com
– Pada bulan Juni 2021, ASUS meluncurkan tiga laptop terkini dengan layar yang lebih lebar, yaitu 15 inci. Ketiga laptop tersebut adalah VivoBook 15 A516, VivoBook Ultra 15 (K513), dan ZenBook Pro Duo 15 (UX582). Prosesor Intel Core Generasi ke-11 menjadi andalan dalam mentenagai ketiga laptop tersebut. Layar yang lebar pada laptop pun tak lantas membuat dimensi laptop ikut membesa, laptop ini tetap tampil ringkas dan stylish. Kini mari simak fitur-fitur lengkap VivoBook Ultra 15 (K513) beserta benchmarkingnya.

Jika dibandingkan dengan VivoBook Ultra 14 (K413), tentu saja VivoBook Ultra 15 (K413) memiliki layar yang lebih besar. Kendati demikian, dimensi kedua seri laptop tersebut tak terpaut jauh. Ketebalannya bahkan sama, hanya 1,79 cm. Bobotnya pun hanya selisih sekitar 400 gram, yaitu 1,8 kg. Pilihan warna yang tersedia juga masih sama, terdiri dari Hearthy Gold, Indie Black dan Transparent Silver.

VivoBook Ultra 14 (K413) dan VivoBook Ultra 15 (K513)

Baca juga: Review ASUS VivoBook Ultra 14 K413, Laptop Ringan Penuh Warna

Keringkasan dimensi VivoBook Ultra 15 (K513) tentu saja tak lepas dari desain layar yang menggunakan teknologi NanoEdge Display. Beralih ke keyboard, masih menggunakan aksen warna kuning di sekeliling tombol enter. Perbedaan dengan keyboard pada VivoBook Ultra 14 (K413) adalah adanya tambahan tombol angka pada VivoBook Ultra 15 (K513). Numpad key ini terletak di sisi kanan keyboard, sehingga memanfaatkan ruang lebih dari dimensi yang sedikit lebih lapang.

Konektivitas nirkabel pada VivoBook Ultra 15 (K513) sudah menggunakan Wi-Fi 6, sedangkan untuk koneksi kabel, terdapat port yang lengkap. Dari sisi kinerja, laptop ini mengandalkan Intel Core i5-1135G7 yang merupakan prosesor Intel generasi ke-11 atau terkini. Sementara itu dari sisi grafis menggunakan dua prosesor grafis, Intel UHD Graphics yang terintegrasi dan GPU diskret Nvidia GeForce MX350.

Desain Ringkas  ASUS VivoBook Ultra 15 (K513)

ASUS mengemas laptop dengan layar 15 inci dalam bodi yang begitu ringkas. Dimensi ASUS VivoBook Ultra 15 (K513) hanya 359 x 235 x 17,9 mm dan bobotnya 1,8 kg. Bagian belakang layar laptop tampak minimalis dengan banyak ruang polos yang memungkinkan pengguna untuk mendekorasinya. ASUS pun menyertakan seperangkat stiker eksklusif pada paket pembelian laptop ini. Desain laptop ini mengacu pada seri VivoBook S yang hadir dengan desain yang simpel tapi tetap stylish.

ASUS VivoBook Ultra 15 (K513)

Bagian belakang layar VivoBook Ultra 15 (K513) terbuat dari bahan metal yang lebih kokoh, sehingga lebih tangguh saat dibawa-bawa travelling. Layar berukuran 15 inci pada VivoBook Ultra 15 (K513) ini memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Teknologi NanoEdge Display menyertai layar tersebut, sehingga memiliki bezel yang tipis yang turut menjadi faktor dimensi laptop yang ringkas. Rasio layar-ke-bodi laptop ini sampai 85%. Di bezel atas, tersemat HD Web Camera yang mendukung konferensi video atau melakukan panggilan video.

Baca juga: ASUS VivoBook 15 (A516), Laptop Bagi yang Membutuhkan Kepraktisan 

Seperti telah disinggung sebelumnya, keyboard pada laptop ini memiliki tambahan numpad key pada sisi kanan keyboard. Keyboard ini dilengkapi dengan backlit untuk memudahkan mengenali karakter saat pencahayaan kurang. Kenyamanan mengetik pada keyboard didukung keytravel berjarak 1,4 mm.
Di bawah keyboard terdapat touchpad yang dilengkapi dengan sensor sidik jari pada pojok kanan atas touchpad. Sensor sidik jari tersebut terintegrasi dengan Windows Hello yang merupakan fitur keamanan biometrik dari Microsoft di Windows 10. Fitur tersebut memudahkan untuk mengakses sistem hanya dengan menggunakan sidik jari. Beralih ke audio, speaker pada VivoBook Ultra 15 (K513) sudah menyandang sertifikasi Harman Kardon. 

Produktivitas pengguna saat melakukan konferensi video pun didukung oleh AI Noise-Canceling Audio. Fitur ini menghasilkan suara pengguna yang lebih jelas dan mengurangi suara kebisingan di latar. Kemampuan ini berkat teknologi penyingkir kebisingan yang menggunakan AI.

sisi kanan VivoBook Ultra 15 (K513)

sisi kiri VivoBook Ultra 15 (K513)

Sisi kiri dan kanan VivoBook Ultra 15 (K13) dilengkapi port yang mendukung konektivitas cukup lengkap. Pada sisi kanan terdapat slot micro SD reader, jack audio 3,5 mm, USB tipe-C, USB 3.2 Gen 1 tipe A, dan port HDMI. Sedangkan pada sisi kiri terdapat dua port USB 2.0 tipe-A. Keberadaan port USB tipe-C mendukung untuk terhubung ke berbagai perangkat modern.

Konektivitas VivoBook Ultra 15 (K513)

VivoBook Ultra 15 (K513) tentu saja juga didukung oleh konektivitas nirkabel dengan teknologi terkini. Koneksi nirkabel tersebut mencakup Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, tentu saja teknologi Wi-Fi 6 memiliki kecepatan lebih tinggi. Modul Wi-Fi 6 ini sudah mendukung fitur dual-band dengan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Sementara itu koneksi Blueooth 5.0 memungkinkan laptop untuk terhubung dengan berbagai aksesori nirkabel. Beberapa aksesori tersebut mencakup mouse dan headphone.

ASUS mendukung teknologi Wi-Fi 6 dengan fitur Wi-Fi Smart Connect. Fitur ini memungkinkan untuk beralih otomatis ke jaringan Wi-Fi yang konektivitasnya lebih baik. Koneksi pun terasa lebih mulus dengan memprioritaskan untuk terhubung ke jaringan hot-spot yang sudah pernah terhubung sebelumnya.

Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan perangkat lunak Link to MyASUS. Software ini memudahkan untuk transfer file atau tautan, menduplikat antarmuka smartphone ke laptop, dan akses file jarak jauh. Pengguna bahkan bisa menelpon dengan hands-free menggunakan laptop ini dan menjadikan layar laptop sebagai layar tambahan bagi perangkat lain.

Kinerja ASUS VivoBook Ultra 15  (K513)

VivoBook Ultra 15 (K513) mengandalkan Intel Core i5-1135G7 yang merupakan prosesor Intel Core generasi ke-11 untuk menunjang kinerjanya. Prosesor tersebut memiliki empat inti prosesor dan delapan thread. Kecepatan dasar clock prosesor tersebut adalah 2,4 GHz dan bisa di-boost sampai 4,2 GHz. Kebutuhan komputasi sehari-hari dijamin dapat dipenuhi oleh kecepatan pemrosesan prosesor tersebut. Beberapa kebutuhan komputasi tersebut mencakup bekerja, belajar, menikmati hiburan digital dan juga berkarya.

Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM DDR4 berkapasitas 8 GB. Dukungan memori ini dapat mendukung kerja VivoBook Ultra 15 (K513) lebih gesit, bahkan saat digunakan multitasking. Kapasitas RAM tersebut masih bisa ditingkatkan sampai 16 GB berkat keberadaan satu slot SODIMM tambahan.

Baca juga: ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582), Lapang Bagi Profesional

Media penyimpanan pada VivoBook U?ltra 15 (K513) sudah mengandalkan teknologi SSD PCIe 3.0 M.2.  Teknologi ini lebih tahan banting jika dibandingkan dengan HDD karena mengandalkan chip NAND Flash dan tidak menggunakan piringan. Kecepatan untuk mengakses file yang tersimpan di dalamnya dan memuat aplikasi pun bisa lebih cepat. Kapasitas media penyimpanan tersebut 512 GB. Selain itu tersedia juga slot SATA 2,5 inci yang bisa digunakan untuk menambah HDD atau SSD SATA.

Beralih ke segi grafis, VivoBook Ultra 15 (K513) didukung oleh dua GPU. Pertama adalah GPU yang terintegrasi dengan prosesor, yaitu prosesor grafis Intel UHD Graphics. Kedua adalah kartu grafis Nvidia GeForce MX350 yang memiliki kinerja 2,5 kali ltbih tinggi dari kinerja Intel Iris Plus Graphics. Kartu grafis ini dilengkapi dengan memori video terdedikasi (VRAM) dengan kapasitas 2 GB. Dukungan prosesor grafis tersebut membuat laptop ini lebih canggih dalam pemrosesan grafis. VivoBook Ultra 15 (K513) bahkan masih bisa digunakan untuk bermain game kasual.

Lebih Cepat dan Hemat Daya dengan AIPT

VivoBook Ultra 15 (K513) sudah dilengkapi dengan teknologi ASUS Intelligence Performance Technology (AIPT). Teknologi ini memadukan sistem pendingin dengan berbagai sensor untuk mengoptimalkan kinerja, daya tahan baterai dan konfigurasi sistem pendinginan.  Kinerja laptop ini dapat meingkat sampai 40% pada mode Performance jika dibandingkan laptop VivoBook generasi sebelumnya. Peningkatan kinerja tersebut juga membuat laptop lebih efisien.

AIPT juga memungkinkan kinerja tetap maksimal sepanjang waktu. Laptop lain biasanya menggunakan prosesor dengan Thermal Design Power (TDP) yang dibatasi sekitar 15 W. Nah, AIPT memungkinkan prosesor di laptop berjalan sampai TDP 28 W secara terus menerus. Metode ini memungkinkan kinerja laptop dapat didongkrak lebih tinggi demi memenuhi kebutuhan komputasi yang lebih berat.

Peningkatan kinerja tak hanya dilakukan ASUS dengan meningkatkan batas TDP saja. Kestabilan sistem pun dilakukan dengan menghadirkan VRM untuk memasok daya secara stabil ke seluruh komponen. Kestabilan pasokan daya ini bahkan terjadi ketika CPU berjalan di TDP 28 W.

Panas yang dihasilkan akan terpengaruh juga oleh peningkatan TDP. ASUS berusaha mengatasi hal tersebut dengan menghadirkan sistem pendingin khusus berupa kipas IcaBlades terkini. Kipas IceBlades ini dibuat dari bahan Liquid Crystal Polymer (LCP) yang lebih kokoh dibandingkan plastik biasa. Bahan ini bahkan bisa menhadirkan bilah yang sangat tipis, hanya 0,2 mm saja. Tipisnya bilah tersebut memungkinkan ruang yang tersedia bisa memuat lebih banyak bilah. Hasilnya putaran yang sama dengan kipas laptop standar bisa menghasilkan aliran udara lebih baik sehingga kinerja pendinginan pun lebih baik.

Benchmark

Pengujian ASUS VivoBook Ultra 15 (K513) ini dilakukan menggunakan PC Mark 10, nilai yang diperoleh adalah 4.827. Nilai ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan VivoBook Ultra 14 (K413) yang menggunakan Intel Core i7-10510U yang nilainya 3.948. Nilai Essential dari VivoBook Ultra 15 (K513) pun cukup tinggi, yaitu 8.114. Hasil ini berbeda tipis dengan nilai Essential yang diperoleh VivoBook Ultra 14 (K413) sebesar 8.008. Nilai ini menunjukkan keandalan laptop dalam mengerjakan tugas-tugas sederhana.

Benchmark VivoBook Ultra 15 (K513) dengan PC Mark 10

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Core i5-1135G7 ini masih di atas AMD Ryzen 5 3500U. Sayangnya jika dibandingkan AMD Ryzen 5 4500U, peringkat prosesor ini masih di bawahnya.

peringkat dengan CPU Mark

Harga yang dibanderol pada ASUS VivoBook Ultra 15 (K513) ini adalah Rp11.999.000. Pembelian bisa dilakukan di beberapa e-commerce berikut ini.

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli VivoBook Ultra 15 (K513) di Blibli
Klik untuk membeli VivoBook Ultra 15 (K513) di Lazada

Kelebihan ASUS VivoBook Ultra 15 (K513)

Keistimewaan VivoBook Ultra 15 (K513) ini terletak pada layar yang lebar, yaitu 15 inci tetap masih mengusung desain yang ringkas. Bobotnya pun masih cukup ringan, yaitu 1,8 kg sehingga masih cukup ringan untuk dibawa bepergian.  Kinerjanya pun tinggi dengan mengandalkan prosesor Intel Core generasi terkini.

Kemampuan untuk upgrade RAM dan menambah media penyimpanan internal pada laptop juga merupakan kelebihan tersendiri pada laptop ini. Keyboard pun dilengkapi dengan Numberpad Key yang mendukung kerja dengan banyak angka-angka. Kepraktisan dan keamanan tetap diperhatikan ASUS dengan menghadirkan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan fitur Windows Hello pada Windows 10.

Kekurangan ASUS VivoBook Ultra 15 (K513)

Kamera pada ASUS VivoBook Ultra 15 (K513) ini belum disertai dengan slide fisik untuk menutup kamera.

Spesifikasi VivoBook Ultra 15 (K513) 

CPU

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10

Memori

RAM DDR4 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe 3.0 M.2  512 GB

Extra housing for 2.5” SATA drive

Layar

15.6" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare

Grafis

NVIDIA GeForce MX350

Intel UHD Graphics

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 2x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, Micro SD card reader

Kamera

HD Web Camera

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker certified by harman/ kardon, built in microphone

Baterai

42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimensi

35.90 x 23.50 x 1.79 ~ 1.79 cm

Bobot

1,8 Kg

Warna

Transparent Silver, Indie Black, Hearty Gold

Harga

Rp11.999.000

Garansi

2 tahun garansi global

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email