DANA Hadirkan Miniservice Warung Pangan Berkolaborasi dengan BGR Logistics DANA Hadirkan Miniservice Warung Pangan Berkolaborasi dengan BGR Logistics ~ Teknogav.com

DANA Hadirkan Miniservice Warung Pangan Berkolaborasi dengan BGR Logistics


Teknogav.com - Kolaborasi DANA dan BGR Logistics kini diperkuat lagi dengan menghadirkan miniservice Warung Pangan dalam aplikasi DANA. Menu ini menegaskan komitmen DANA dalam mendukung UMKM agar go digital. Di lain pihak, DANA mendukung masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus pergi berbelanja dan dengan harga terjangkau. Tentu saja langkah ini juga merupakan dukungan gerakan #BelanjadiWaringTetangga yang diprakarsai pemerintah.

Sebelum meluncurkan miniservice Warung Pangan, dukungan DANA ke UMKM juga dilakukan dengan menghadirkan fitur Pendataan Warung untuk mendukung program pemerintah. Menu baru di aplikasi DANA ini juga merupakan kelanjutan sinergi DANA dengan PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics.

BGR Logstics merupakan pengembang aplikasi “Warung Pangan” dan “Mitra Warung Pangan”. Pada kedua aplikasi tersebut, DANA pun sudah bersinergi untuk menjadi metode pembayarannya. Aplikasi Mitra Warung Pangan bertujuan memudahkan UMKM atau pemilik warung mendapat stok bahan pangan dengan harga yang stabil. Sedangkan aplikasi “Warung Pangan” memudahkan masyarakat membeli bahan pangan dengan harga yang normal dan terjangkau.

Kedua aplikasi tersebut tentu saja dikembangkan BGR Logistics untuk mendukung percepatan digitalisasi warung tradisional. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BGR Logistics membuat aplikasi tersebut untuk memulihkan UMKM di Indonesia yang terkena dampak pandemi. Baik kedua aplikasi tersebut, maupun miniservice Warung Pangan di aplikasi DANA masih terbatas digunakan di beberapa daerah. Lokasi yang tercakup layanan ini adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“DANA mengusung teknologi yang memungkinkan untuk bersinergi dengan berbagai pihak. Teknologi ini mampu menghadirkan inisiatif maupun solusi yang inklusif dan adaptif, sehingga warung dan UMKM dapat menghadapi berbagai kondisi sekaligus. Hal ini memungkinkan warung dan UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka,” ucap Vincent Iswara, CEO DANA.
Gerakan #BelanjadiWarungTetangga
Vincent yang juga merupakan salah satu pendiri DANA pun menambahkan bahwa DANA berkomitmen dalam mendukung target pemerintah. Target tersebut adalah menghubungkan dua juta UMKM dengan ekosistem digital sampai akhir tahun 2020. Kedua aplikasi yang dikembangkan BGR Logistics yang didukung DANA sebagai mitra pembayaran dapat membantu UMKM dan masyarakat. Vincent berharap akan semakin banyak warung yang bergabung dalam Mitra Warung Pangan dan semakin banyak yang berbelanja melalui Warung Pangan.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tiga komoditi yang akan terus dibutuhkan manusia adalah makanan, air dan energi. Ketiga hal tersebut merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat bertahan hidup. Sementara data Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 memberikan tren peningkatan harga bahan pangan dan makanan. Rata-rata pengeluaran rumah tangga untuk produk pangan dan makanan pada tahun 2018 rata-rata Rp487 ribu per bulan di DKI Jakarta.

Kantar Insight dan IRI Inc. Melakukan penelitian di beberapa negara yang terkena dampak COVID-19. Hasil studi tersebut mengungkapkan bahwa produk pangan tetap dibutuhkan, baik saat krisi atau bukan. Bedasarkan data tersebut dapat disimpulkan pentingnya jaminan pada ketersediaan dan kelancaran distribusi pangan. Selain itu penting juga memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tersebut.
Share:

Follow by Email