Platform SaaS Quincus Dukung Logistik Berbagai Sektor Usaha Platform SaaS Quincus Dukung Logistik Berbagai Sektor Usaha ~ Teknogav.com

Platform SaaS Quincus Dukung Logistik Berbagai Sektor Usaha

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Teknogav.com – Quincus adalah perusahaan penyedia teknologi supply chain management atau rantai pasok asal Singapura yang didirikan pada tahun 2014. Platform SaaS yang disediakan Quincus ini fokus untuk mengatasi masalah logistik di berbagai bidang industri. Beberapa bidang tersebut mencakup logistik, e-commerce, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), maskapai penerbangan, dan lain-lain.

Berbagai perusahaan telah bekerja sama dengan Quincus sejak didirikan oleh Jonathan Savoir dan Katherina-Olivia Lacey pada tahun 2014. Solusi pengelolaan rantai pasok diberikan Quincus dengan dukungan QModules yang merupakan integrasi teknologi dengan visibilitas dan pengoptimalan jaringan secara real-time. Pengembangan solusi tersebut dilakukan Quincus dengan berlandaskan platform cloud computing dari Amazon Web Services (AWS).

Baca juga: Solusi Lynx Dukung Distribusi Makanan dan Vaksin Tetap Aman 

Ekspansi Quincus terus dilakukan sejak mendapat pendaan Seri A pada kuartal pertama tahun 2021. Investasi dilakukan Quincus pada pengembangan tim dan teknologi untuk mendukung jaringan rantai pasok agar lebih kuat dan berkelanjutan. Quincus telah bekerja sama dengan lebih dari 10 perusahaan di Indonesia. Dalam waktu satu bulan, Quincus telah melakukan kerja sama dengan tiga perusahaan logistik di Indonesia, yaitu:

  • MGXpress yaitu perusahaan jasa pengiriman via udara, perantara bea cukai dan berbagai layanan pergudangan
  • Westbike Messenger yaitu pelopor bisnis kurir sepeda
  • SimpliDOTS yaitu layanan berbasis komputasi awan yang membantu pendistribusian barang

Kolaborasi yang dilakukan dengan Quincus ini bertujuan untuk mendorong pengiriman domestik e-commerce yang lebih baik dan efisien. Perkembangan industri e-commerce yang berkembang cepat, didorong Quincus dengan mengoptimalkan operasional. 

Quincus sudah memiliki 10 kantor yang tersebar secara global. Kantor pusat Quincus berada di Singapura. Sedangkan untuk kantor regional ada di Amerika Serikat, Indonesia, Inggris, Malaysia, Uni Emirat Arab dan Vietnam. Pada kuartal ketiga tahun 2021 nanti, Quincus juga akan melakukan ekspansi ke Thailand. Platform Quincus sendiri telah diadopsi dan dijalankan di lebih dari 48 negara.

Keandalan Platform Quincus

Platform Quincus menyediakan visibilitas rantai pasokan dari hulu ke hilir yang bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa keandalan dari Quincus:

  • Visibilitas rantai pasokan dari hulu ke hilir bagi sumber daya internal dan eksternal
  • Memungkinkan mitra pihak ketiga untuk menggunakan platform umum yang menjamin akuntabilitas jelas di setiap tahap
  • Mengoptimalkan perjalanan dan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi secara real-time sehingga klien selalu terinformasikan
  • Operasi otomatis, mulai dari tarif, pesanan untuk pengantaran, mengumpankan seluruh data ke dalam satu platform inti
  • Modul Quincus ini fleksibel dan dapat dengan mudah diterapkan. Pelanggan dapat melakukan konfigurasi dan merancang alur kerja untuk setiap modul

modul-modul Quincus
Strategi Quincus untuk berekspansi adalah dengan melakukan pendekatan penawaran modul pelengkap. Jika suatu perusahaan sudah menggunakan platform lain, maka akan dicoba untuk berkolaborasi dengan menawarkan modul yang sesuai.

Kiprah Quincus di Indonesia

Indonesia membutuhkan bantuan dalam hal logistik karena biaya logistiknya merupakan yang tertinggi di Asia. Besar biaya logistik mencapai hampir 25% pendapatan domistik bruto (PDB). Persentase penduduk Indonesia yang tinggal di pedalaman pun mencapai 45%. Alamat juga sering tidak akurat di kota. Armada pengiriman di Indonesia sering kali dikelola secara manual tanpa optimisasi, misalnya kendaraan dengan muatan penuh hanya untuk perjalanan keluar.

Olivier Adam, Chief Revenue Officer, Quincus

”Kami sangat senang tentang peluang yang ada di depan kita di Indonesia saat ini. Pandemi menimbulkan banyak dampak pada sistem rantai pasok tradisional, terutama di Asia Tenggara. Meski demikian, Quincus bersikeras untuk bekerja sama dengan mitra untuk mengidentifikasi solusi pada berbagai tantangan rantai pasok. Contoh solusi adalah navigasi di tengah informasi jalan yang kurang memadai dan memaksimalkan penggunaan sumber daya dengan  lebih efisien,” ucap Olivier Adam, Chief Revenue Officer, Quincus.

Baca juga: Ritase Tawarkan Solusi Logistik B2B Mengandalkan Teknologi Cloud AWS

Setiap bulan, Quincus berhasil mendukung lebih dari 70 juta pengiriman di Indonesia. Dua fitur solusi paling populer di antara mitra Quincus adalah GeoEngine dan Logistics Engine. GeoEngine berfungsi membantu mengoptimalkan waktu tim pengirim dengan melakukan koreksi, verifikasi dan validasi alamat pengiriman secara otomatis. Sedangkan Logistics Engine membantu mengoptimalkan jadwal rute dan alokasi multi-mil secara otomatis dan real-time di seluruh operasional.

Keuntungan Penggunaan Platform Quincus Bagi Perusahaan Logistik

Penggunaan modul Quincus akan memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan logistik, yaitu:

  • Peningkatan 35% dalam pengiriman per kendaraan
  • Pengurangan 37% sumber daya armada yang dibutuhkan
  • Peningkatan 51% pada akurasi geocoding (pengkodean geografis)
  • Return on Investment (ROI) kurang dari enam bulan
  • Perusahaan-perusahaan pun bisa meningkatkan jumlah pengiriman dan saluran distribusi ke berbagai wilayah untuk memicu pertumbuhan bisnis.

Baca juga: Jaringan Logistik Blibli yang Kuat Siap Layani Pelanggan Saat PSBB

Muhammad Ali Arafat, Business Development Director Indonesia, Quincus
“Ranah logistik dan rantai pasok telah diperkuat dengan perkembangan e-commerce yang pesat saat ini. Kami yakin, Quincus dapat mendukung terjaganya pengalaman pengiriman yang lebih efisien dan mulus bagi para mitra rantai pasok dan logistik. Dampak baiknya adalah memungkinkan masyarakat menerima barang mereka secara tepat waktu,” ucap Muhammad Ali Arafat, Business Development Director Indonesia, Quincus.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email