ASUS Chromebook C214 Dukung Kegiatan Belajar dengan Google for Education ASUS Chromebook C214 Dukung Kegiatan Belajar dengan Google for Education ~ Teknogav.com

ASUS Chromebook C214 Dukung Kegiatan Belajar dengan Google for Education


Teknogav.com – Laptop Merah Putih yang menggunakan sistem operasi Chrome OS sempat santer jadi perbincangan. ASUS pun menghadirkan tiga Chromebook  baru yang mengadopsi Chrome OS sebagai sistem operasinya. Ketiga Chromebook tersebut adalah Chromebook C214, Chromebook Flip C434 dan Chromebook C436. Chromebook C214 ini memiliki ukuran layar yang berbeda dengan kedua Chromebook lainnya, yaitu hanya 11,6 inci yang dilengkapi fitur anti-glare. Yuk simak fitur lengkap dari Chromebook C214 ini.

Chrome OS yang digunakan pada Chromebook C214 ini memiliki antarmuka yang simpel dan mudah digunakan anak-anak. Keberadaan fitur anti-glare pada layar pun memungkinkan penggunaan di luar ruangan. Anak-anak pun bisa bebas melakukan kegiatan sambil belajar. Jangan khawatir laptop rusak, karena layaknya laptop edukasi ASUS lain, Chromebook C214 dilengkapi dengan rubber bumper. Fitur ini berfungsi untuk mencegah kerusakan jika anak ceroboh menjatuhkan perangkat tersebut. Secara keseluruhan, Chromebook C214 dirancang dengan desain tangguh dan ringan, serta fitur-fitur yang simpel.

Baca juga: Chromebook Kokoh HP Cocok untuk Pendidikan

Layar tersebut menggunakan teknologi layar sentuh yang mendukung sampai 10 titik sentuh untuk meningkatkan pengalaman penggunaan. Perlindungan layar pun didukung oleh Gorilla Glass Class 3. Fitur layar sentuh memungkinkan anak belajar lebih interaktif dengan gesture tubuh yang sudah didukung Chrome OS. Berbagai aplikasi dan layanan khusus edukasi yang banyak digunakan, seperti Google Classroom sudah tercakup pada Chrome OS. Sistem operasi ini juga bisa menjalankan aplikasi Android melalui Google Play Store sehingga cocok dipadukan dengan teknologi layar sentuh. Kemudahan penggunaan dan dukungan layanan Google menjadikan Chromebook 214 cocok digunakan sebagai perangkat edukasi anak.

Durabilitas dan Desain ASUS  Chromebook C214

ASUS Chromebook C214 juga hadir dengan desain convertible. Desain ASUS Chromebook C214 ini begitu ringkas dan ringan, bobotnya hanya 1,2 kg sehingga tak membebani anak saat membawanya bepergian. Dimensinya yang ringkas memungkinkan anak memasukkannya dalam tas sekolah jika sudah dilakukan pembelajaran secara hybrid. Berbagai fitur proteksi pun telah dibekali pada laptop ini untuk menghindari kerusakan karena kegiatan anak-anak yang aktif. Berikut ini adalah beberapa fitur perlindungan tersebut:

  1. Spill resistant dan tamper resistant yang melindungi laptop dari tumpahan air. Selain itu key caps pun lebih kuat sehingga tak mudah dicongkel jari anak-anak. Keyboard pada Chromebook ini juga sudah lolos uji ketahanan ekstrem. Setiap tombol pada keyboard dapat bertahan sampai 10 juta kali tekan.
  2. Bodi 3D-textured finish yang membuat lebih tahan terhadap goresan dibandingkan dengan brushed finish yang biasanya digunakan pada laptop konsumen. Polesan akhir pada bodi Chromebook C214 juga dirancang tak mudah meninggalkan bekas sidik jari setelah dipegang.
  3. Lapisan pelindung berbahan karet di sekeliling bodi atau rubber bumper untuk melindungi bodi  
Baca juga: ASUS Luncurkan Dua Laptop Khusus Pelajar, BR1100CKA dan BR1100FKA 

Chromebook C214 ketika terjatuh atau terbentur. Bagian dalam Chromebook C214 diperkuat dengan struktur khusus berbahan logam sehingga secara keseluruhan bodi lebih tahan banting. Durabilitas perangkat ini pun sudah teruji dengan menyandang sertifikasi dengan standar militer Amerika Serikat (MIL-STD-810H).

Layar flip pada Chromebook C214 bisa diputar sampai 360˚, shingga bisa digunakan layaknya tablet. Perangkat ini bahkan dapat berperan sebagai papan gambar digital dengan menggunakan stylus khusus yang tersedia secara opsional. 

Chromebook 214 ideal sebagai perangkat belajar online karena sudah dilengkapi kamera HD. Dua kamera yang disematkan pada Chromebook C214 dapat digunakan sebagai sarana observasi kreatif. Ketika layar diputar sampai 360˚, kamera kedua yang posisinya di dekat keyboard bisa menangkap gambar di depan pengguna layaknya smartphone.

Kinerja dan Konektivitas

Prosesor yang digunakan Chromebook C214 adalah Intel Celeron N4000 yang cukup memadai untuk menjalankan aplikasi edukasi ada Chrome OS. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM DDR4 berkapasitas 4 GB sehingga memungkinkan untuk multitasking. Media penyimpanan pada perangkat mengandalkan teknologi eMMC dengan kapasitas sampai 32 GB. Kebutuhan penyimpanan data juga diakomodasi dengan menyediakan gratis berlangganan Google One selama setahun dengan kapasitas cloud storage sampai 100 GB.

Port yang tersedia pada Chromebook C214 cukup lengkap, mencakup USB tipe-A, USB tipe-C, jack audio combo dan slot MicroSD. Kerennya, teknologi power delivery sudah disematkan pada port USB tipe-C tersebut sehingga mendukung pengisian daya baterai melalui port tersebut. Baterai pada Chromebook C214 ini dapat bertahan sampai 11 jam pemakaian, sehingga dapat mendampingi kegiatan belajar anak-anak seharian. Selain itu port USB tipe-C juga bisa digunakan sebagai display output.

port pada ASUS Chromebook C214

Beralih ke konektivitas nirkabel, Chromebook C214 dibekali dengan Wi-Fi 5 (802.11ac) yang memudahkan terhubung dengan internet. Selain itu tersedia juga Bluetooth 5.0 untukk menghubungkan dengan perangkat tambahan lain. 

Perawatan Chromebook C214 juga sangat mudah karena hampir seluruh komponen inti laptop mudah diakses. Kemudahan tersebut menjadikan laptop ini cocok sebagai sarana pembelajaran di sekolah. Hal ini dengan mempertimbangkan bahwa rata-rata institusi pendidikan memiliki akses terbatas terhadap teknisi Teknologi Informasi (TI) jika dibandingkan perusahaan.

Harga dan Ketersediaan

ASUS Chromebook C214 dibanderol dsekitar Rp4 jutaan. Pembelian dapat dilakukan melalui e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS Chromebook C214 di Blibli
Klik untuk membeliASUS Chromebook C214 di Bhinneka
Klik untuk membeli ASUS Chromebook C214 di Tokopedia
Klik untuk membeli ASUS Chromebook C214 di Bukalapak
Klik untuk membeli ASUS Chromebook C214 di Shopee
Klik untuk membeli ASUS Chromebook C214 di Lazada

Spesifikasi ASUS Chromebook 214

CPU

Intel® Celeron™ N4000 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Sistem Operasi

Chrome OS

Memori

RAM 4 GB

Media Penyimpanan

eMMC 5.1 32 GB

Layar

11.6" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare, Touchscreen

Grafis

Intel HD Graphics 600

Input/Output

1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 2 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1) with display and power delivery support, 1 x micro SD card

Kamera

User-facing HD 720p camera, world-facing 5MP AR camera

Konektivitas

Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), Bluetooth 5.0

Audio

Built-in 2 W Stereo Speakers with Microphone

Baterai

3 -Cell 50 Wh Battery

Dimensi

292 x 199 x 19,5 ~20,1 mm (WxDxH)

Bobot

1,2 kg

Warna

Dark Grey

Harga

Mulai dari Rp5.609.000

Garansi

3 tahun

Share:

Artikel Terkini