Terus Dukung Digitalisasi UMKM, DANA Bisnis Hadirkan Fitur Katalog Produk Terus Dukung Digitalisasi UMKM, DANA Bisnis Hadirkan Fitur Katalog Produk ~ Teknogav.com

Terus Dukung Digitalisasi UMKM, DANA Bisnis Hadirkan Fitur Katalog Produk

Teknogav.com – Kendati sangat berperan dalam perekonomian Indonesia, sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia masih menghadapi beberapa kendala. Sayangnya kendala tersebut akan menghambat pertumbuhan dan daya saing. Beberapa kendala tersebut mencakup terbatasnya akses pembiayaan, terbatasnya akses pasar dan promosi, kesulitan bahan baku sampai kapabilitas SDM. Cara untuk mengatasi kendala tersebut salah satunya adalah melalui transformasi digital sehingga terintegrasi denga ekosistem ekonomi digital.

Jika UMKM sudah terhubung dalam ekosistem digital, maka kesempatan untuk mengakses pembiayaan lebih terbuka lebar. Kemampuan SDM pun dapat diasah menggunakan pemanfaatan teknologi yang ada.  Pentingnya UMKM melakukan transformasi digital disadari dompet digital DANA yang memliki misi menjadikan teknologi finansial makin inklusif. DANA pun berkomitmen untuk terus mengembangkan fitur DANA Bisnis dan melakukan pembaruan demi mendukung usaha UMKM.

Baca juga: DANA Dukung Pemulihan Pariwisata dengan Membantu UMKM Go Digital

“UMKM sebagai salah satu pilar perekonomian nasional perlu diperkuat untuk bisa menghadapi tantangan di masa sekarang maupun di masa mendatang. Transformasi digital adalah solusi bagi pelaku usaha termasuk UMKM untuk bisa beradaptasi dengan dinamika yang terjadi. Kami berkomitmen dan terus mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital melalui DANA Bisnis,” ucap Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Dukungan yang diberikan DANA Bisnis tak sebatas kemudahan, keamanan dan kenyamanan proses digital onboarding. DANA Bisnis juga mendampingi UMKM melalui edukasi, pelatihan dan promosi yang saat pandemi terus dilakukan secara virtual. Upaya tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan penyerapan literasi keuangan digital. Hasilnya, jumlah mitra UMKM DANA Bisnis yang melakukan digitalisasi makin tumbuh dan memperkuat literasi keuangan digital mereka.

Baca juga: DANA Gunakan Jurus 3D untuk Digitalisasi UMKM

Pertumbuhan Jumlah Mitra UMKM dan Transaksi

Fitur DANA Bisnis diluncurkan pada tahun 2019 bagi pelaku usaha yang memiliki bisnis online dan offline.  Kini jumlah pengguna DANA Bisnis sudah melampaui 300 ribu mitra yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia. Jumlah tersebut menunjukkan terus tumbuhnya jumlah pengguna DANA Bisnis jika dibandingkan tahun lalu yang berada di kisaran 200.00 mitra.

Pelaku usaha dapat menerima pembayaran melalui berbagai jenis dompet digital yang didukung fitur QRIS tanpa dikenakan biaya menggunakan DANA Bisnis. Konsumen pun lebih mudah bertransaksi dengan para pelaku  usaha. DANA pun dapat terhubung dengan lebih dari 8 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia.

Manfaat lain penggunaan DANA Bisnis adalah dapat menerima pembayaran dan menarik dana secara real-time, serta mendapatkan laporan transaksi terkini. Tersedia juga fitur ‘Nearby’ yang meningkatkan visibilitas UMKM karena memungkinkan pengguna DANA mengetahui keberadaan mitra DANA Bisnis di dekatnya.

DANA Bisnis dapat memicu transaksi selama penerapan PPKM. Selama periode Januari-Juni 2021 terjadi peningkatan lebih dari 35% jika dibandingkan periode Juli-Desember 2020. Jumlah mitra aktif pada Agustus 2021 pun meningkat 133% yoy jika dibandingkan Agustus 2020. Jangkauan DANA Bisnis pun terus meluas tak hanya terpusat di pulau Jawa tetap juga merambah pulau Kalimantan dan Sulawesi. Berdasarkan data DANA, pada September 2021 terdapat lebih dari 1.100 desa baru yang berhasil didigitalisasi DANA menggunakan fitur DANA Bisnis. 

Baca juga: DANA Bersama Jajaran Instansi Pemerintah Gelar Webinar ‘Transformasi Digital UMKM’

Kehadiran Fitur ‘Katalog Produk’

DANA terus mendukung usaha para mitra di tengah persaingan yang makin sengit .Salah satu dukungan tersebut dengan menghadirkan fitur ‘Katalog Produk’ dalam DANA Bisnis terkini. Fitur tersebut me mungkinkan pelaku usaha membuat katalog produk di aplikasi DANA layaknya di marketplace. Mitra DANA Bisnis dapat menampilkan sampai 15 produk dalam katalog mereka dan mengirimkan dalam bentuk tautan ke calon konsumen. Hal ini tentunya memudahkan calon pembeli memilih produk yang sesuai.

Tautan tersebut juga bisa disematkan pada akun profil bisnis di media sosial. Upaya tersebut dapat meningkatkan kehadiran mereka di dunia digital dan memudahkan memperluas potensi pasar baru. Kemudahan promosi tersebut sudah tersedia bagi seluruh mitra DANA Bisnis dan dapat dimanfaatkan mitra DANA Bisnis yang online dan offline.

Share:

Artikel Terkini