Sampoerna Academy Berkolaborasi dengan Hello Library Gelar Literacy Club Sampoerna Academy Berkolaborasi dengan Hello Library Gelar Literacy Club ~ Teknogav.com

Sampoerna Academy Berkolaborasi dengan Hello Library Gelar Literacy Club

Teknogav.com – Sampoerna Academy bekerja sama dengan komunitas Read Aloud dan pecinta buku Hello Library dalam menyelenggarakan Literacy Club. Pada Literacy ini dilakukan kegiatan diskusi buku ‘Elidi and the Anchester’s Garden’, sesi membaca dan permainan literasi. Literacy Club merupakan bagian dari rangkaian program Literacy Festival ‘Reading Open Doors’. Minat yang tinggi pada acara ini terlihat dari begitu banyaknya peserta yang hadir. Mereka mencakup orang tua dan anak dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada diskusi buku ‘Elidi and the Ancestor’s Garden’ dilakukan pembahasan isi buku dan proses pembuatannya. Para penulis buku tersebut adalah para siswa Sampoerna Academy dan tim editor dipimpin oleh Adelina Holmes. Karya mereka membuktikan bahwa usia muda tak menghalangi untuk berkarya. Buku tersebut mendapat respon positif dari peserta acara Literacy Club. 

Baca juga: Sampoerna Academy Berkolaborasi dengan Buumi PlayScape Gelar STEAM PlayDay

Adelina Holmes, Head of English Department Sampoerna Academy Schools

“Sampoerna Academy meyakini kemampuan literasi sangat berkaitan dengan pengembangan kecakapan anak, baik dari sisi performa akademis maupun non-akademis. Kemampuan literasi dapat membuka wawasan anak dan membantu anak memahami konsep, menganalisa, mengkomunikasikan, serta menerapkannya dalam kehidupan. Literasi dan STEAM berkontribusi besar bagi kompetensi lima hal, yaitu karakter, kreativitas, komunikasi, berfikir kritis, dan kolaborasi. Kelima hal ini berperan sangat penting bagi masa depan anak dan perlu dikembangkan sejak dini. Sesi membaca nyaring atau Read Aloud dapat menjadi alternatif untuk anak belajar membaca dengan memperkenalkan kosa kata baru. Kegiatan ini sekaligus mengajarkan nilai atau moral dari cerita, serta menjadi momen bonding mempererat hubungan orang tua dengan anak,” ucap Adelina Holmes, Head of English Department Sampoerna Academy Schools.

Adelina juga mengungkapkan bahwa orang tua harus meyakini potensi anak-anak yang luar biasa. Dia menyarankan agar memberi kebebasan pada anak dan kesempatan untuk berkembang. Caranya dapat dilakukan dengan memberikan ruang lebih besar untuk berliterasi seperti memperkenalkan anak dengan lebih banyak buku dari berbagai topik.

Baca juga: Yuk Lakukan 5 Cara Ini untuk Rayakan Bulan Gemar Membaca! 

“Sampoerna Academy bisa berkontribusi dalam upaya membangun semangat membaca anak Indonesia serta mendorong tumbuhnya budaya literasi sejak dini. Upaya ini dilakukan dengan peluncuran buku dan berbagai program literasi yang kami hadirkan. Pada akhirnya hal ini akan mewujudkan generasi masa depan unggul kebanggan Indonesia,” lanjut Adelina.

Buku ‘Elidi and the Ancestor’s Garden’ merupakan karya yang ditulis oleh para siswa Sampoerna Academy berikut ini:

  • Cassia Florentine Basuki (Grade 3)
  • Victoria Elizabeth Frenco (Grade 5)
  • Charlie Wijaya Zhang (Grade 9) 
Baca juga: Sampoerna Academy Luncurkan e-Book ‘Elidi and The Ancestor Garden’
Brenda Ayu Pangemanan, Founder Hello Library Professional Story Teller

Pada sesi membaca, dilakukan pembacaan secara nyaring atau Read Aloud. Sesi ini diisi oleh Brenda Ayu Pangemanan, yang merupakan pendiri Hello Library Professional Story Teller. Brenda mengatakan bahwa Sampoerna Academy Literacy Club mendukung peningkatan literasi bangsa.

“Upaya Sampoerna Academy dalam mendukung siswanya menulis karya literasi harus diapresiasi, karena menulis buku merupakan proses yang sangat menantang. Apalagi buku ini ditulis oleh tiga siswa dari jenjang kelas berbeda di tiga kampus berbeda, serta dikerjakan hanya secara online. Saya berharap dapat melihat lebih banyak lagi terobosan Sampoerna Academy. Kami pun berharap bisa berkolaborasi lagi ke depannya demi memajukan literasi di Indonesia,” ucap Brenda.

Buku ‘Elidi and the Ancestor’s Garden’ tersedia dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin. Bagi yang ingin membaca karya mereka dapat mengunduhnya di situs resmi Sampoerna Academy.

Share:

Artikel Terkini