IBM Partner Solutions Summit 2021: Teknologi Percepat Digitalisasi Berbagai Industri IBM Partner Solutions Summit 2021: Teknologi Percepat Digitalisasi Berbagai Industri ~ Teknogav.com

IBM Partner Solutions Summit 2021: Teknologi Percepat Digitalisasi Berbagai Industri



Teknogav.com – IBM Partner Solutions Summit merupakan acara  tahunan yang mempertemukan mitra, pelanggan dan pemegang kepentingan lainnya. Mereka saling berbagi wawasan mengenai perjalanan dalam mengadopsi teknologi dan solusi IBM. IBM Partner Solutions Summit 2021 merupakan acara yang kelima dan diselenggarakan secara virtual untuk kedua kalinya.

Pandemi COVID-19 telah mengubah pendekatan bisnis secara drastis. Transformasi digital di berbagai industri dipercepat seiring peningkatan adopsi teknologi di masa pandemi. Berdasarkan laporan IBM Institute of Business Value (IBV), 59% dari jumlah organisasi yang disurvei telah mempercepat transformasi digital karena pandemi. Di masa depan, adopsi teknologi, khususnya cloud akan meningkat pesat. Data IBV menunjukkan bahwa adopsi hybrid cloud akan meningkat 47% dalam tiga tahun mendatang.

IBM meyakini pentingnya perusahaan di Indonesia membangun landasan teknologi yang kuat untuk memenuhi peningkatan permintaan online dari konsumen. Peningkatan ini akan terus terjadi di tahun-tahun mendatang, khususnya selama masa pemulihan dari pandemi COVID-19.

Baca juga: IBM Indonesia Berbagi Wawasan Bisnis dalam Partner Solutions Summit 2020

“Acara IBM Parner Solutions Summit membuktikan komitmen IBM dan ekosistem partner kami dalam membantu pelanggan melakukan transformasi digital. Dukungan bagi pelanggan ini mencakup berbagai solusi yang memudahkan bisnis pada teknologi IBM. Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi terbaik untuk bisnis di Indonesia. Ekosistem mitra kami telah mengadopsi teknologi ini, termasuk Hybrid Cloud, keamanan, dan sistem berbasis AI. Kami pun membantu bisnis di Indonesia dalam mempercepat transformasi digital, pemulihan dari pandemi dan membangun ketahanan digital bagi bisnis mereka,” ucap Novan Adian, Country Parner & Ecosystem, IBM Indonesia.

Dukungan Mitra IBM bagi Pelanggan

Setiap organisasi berusaha bergerak lebih cepat dalam melakukan transformasi digital. Pendekatan baru pun dibutuhkan, contohnya dengan otomatisasi dan peningkatan berkesinambungan yang didukung algoritma kecerdasan buatan (AI).

Salah satu mitra IBM dalam menjangkau pelanggan di Indonesia adalah Multipolar Technology. Solusi-solusi IBM Cloud Pak diadopsi Multipolar Technology untuk mendukung klien mempercepat transformasi digital mereka. Beberapa solusi tersebut mencakup Cloud Pack for Data, Cloud Pak for Integration dan lain-lain. Pengintegrasian hybrid cloud di suatu perusahaan dapat dipercepat sampai 300% menggunakan IBM Cloud  Pak for Integration. Solusi tersebut juga dapat menghemat biaya lebih dari 33% dan mempertahankan tingkat keamanan, tata kelola dan ketersediaan.

Baca juga: Platform Hybrid Cloud VMware Sajikan Operasi yang Konsisten

“Multipolar Technology terus menyelaraskan inisiatif bisnisnya dengan perkembangan dan strategi IBM. Transformasi digital yang dipercepat pandemi COVID-19 telah mengubah cara kita beraktivitas, baik cara bekerja, berbelanja/bertransaksi, maupun aktivitas sehari-hari lainnya, Seluruh hal tersebebut dapat dilakukan secara aman dan nyaman berkat peran penting teknologi. Dukungan IBM memungkinkan kami terus fokus menghadirkan solusi-solusi pada platform IBM seperti hybrid cloud, big data analytic dan AI. Solusi-solusi tersebut dapat mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia,” ucap Wahyudi Chandra, Presiden Direktur Multipolar Technology.

Keberhasilan Pelanggan Berinovasi Digital

Bank Negara Indonesia (BNI) yang merupakan salah satu klien Multipolar Technology terus berinovasi di dunia perbankan. Teknologi IBM digunakan BNI untuk memodernisasi dan mengintegrasikan  platform sehingga terhindar dari gangguan layanan dan melakukan Minimum Viable Product (MVP). Berikut ini adalah beberapa keberhasilan dengan memanfaatkan teknololgi IBM:
BNI dapat meningkatkan sebagian besar solusi integrasi dalam sembilan bulan

  • Peningkatan keandalan bersaing
  • Peningkatan efisiensi dengan tim digital delivery
  • Percepatan siklus pengembangan dan peluncuran platform


"Pandemi ini memaksa orang untuk berubah. Nasabah dipaksa untuk berubah karena mereka harus menggunakan platform digital seperti mobile banking. Bank juga dituntut untuk melakukan perubahan,” ucap YB Hariantono, Direktur IT dan Operasi BNI.

Baca juga: Red Hat OpenShift Gunakan Pendekatan Cloud-Native Sambil Pertahankan Aplikasi Tradisional 

Selama perbankan melakukan transformasi digital, ada tiga area pengembangan utama bagi bank, yaitu sebagai berikut:

  • Digitalisasi produk yang mencakup pemprosesan produk seperti tabungan, pembukaan rekening, dan pemberikan kredit. Semua itu harus siap digital
  • Digitalisasi platform seperti mobile banking bagi nasabah atau cash management untuk korporasi. Platform ini memungkinkan semua layanan dapat diakses melalui platform ini.
  • Produk dan platform harus terhubung dengan mekanisme Open API atau open banking. Karingan ini memungkinkan terhubung dengan pemilik produk atau bahkan platform lain.

BNI sudah menggunakan layanan open service tersebut dalam empat tahun belakangan ini.

Kegiatan dalam IBM Partner Solution Summit 2021 mencakup pemaparan dari pembicara ahli dan diskusi panel. Selain itu terdapat juga pemaparan 31 solusi dan 22 mitra IBM pada stan virtual. Partisipan acara stan dapat menikmati live talkshow dengan para ahli dan mengunjungi beberapa stan yang menawarkan solusi-solusi dari berbagai industri. Beberapa industri tersebut mencakup asuransi, keuangan, layanan kesehatan, pelayanan publik, perkebunan/pertanian, telekomunikasi manufaktur dan lain-lain.

Share:

Artikel Terkini