IBM Indonesia Berbagi Wawasan Bisnis dalam Partner Solutions Summit 2020 IBM Indonesia Berbagi Wawasan Bisnis dalam Partner Solutions Summit 2020 ~ Teknogav.com

IBM Indonesia Berbagi Wawasan Bisnis dalam Partner Solutions Summit 2020


Teknogav.com – Pada 18 November 2020, IBM Indonesia menyelenggarakan acara tahunan Partner Solutions Summit 2020. Ini adalah acara tahunan yang keempat, namun pertama kalinya digelar secara virtual demi tetap mematuhi protokol kesehatan. IBM Indonesia menyelenggarakan acara tahunan ini sebagai bukti komitmen dan ekosistem mitra untuk membantu pelanggan melakukan transformasi digital.  Tujuan acara ini adalah untuk berbagai wawasan dalam meningkatkan bisnis menggunakan teknologi IBM yang dikemas para mitra IBM di Indonesia. Berbagai solusi peningkatan bisnis pada teknologi IBM mencakup cloud, data, security dan system.

“Pandemi COVID-19 memaksa perusahaan melakukan transformasi digital lebih cepat. IBM percaya ekosistem partner berperan penting dalam membantu transformasi ini. Banyak perusahaan mempercepat upaya memindahkan beban kerjanya ke cloud, sehingga kami membutuhkan partner-partner kami. Mereka harus berkreasi dan berinovasi dalam memenuhi permintaan bisnis yang terus berubah,” ucap Novan Adian, Country Manager Partner & Ecosystem, IBM Indonesia.

Kondisi Indonesia selama COVID-19

Adopsi cloud sudah menjadi fitur utama dalam mengembangkan model bisnis baru yang digerakkan secara digital. Hasil penelitian IBM Institute for Business Value menunjukkan bahwa hybrid multi-cloud menjadi sangat fundamental dalam pengembangan model operasional suatu organisasi. 

Baca juga: Platform Hybrid Cloud VMware Sajikan Operasi yang Konsisten

“Solusi hybrid cloud membantu perusahaan mengawali langkahnya menjadi Perusahaan Kognitif di masa depan. Hybrid cloud memungkinkan peningkatan kinerja bisnis dengan ROI yang lebih besar. Saat ini kami sepenuhnya mengandalkan hybrid cloud karena teknologi ini aman, mudah dioperasikan, terbuka dan bebas dari vendor lock-in,” ucap Tan Wijaya, Presiden Direktur IBM Indonesia.

Prioritas Transformasi Teknologi

IBM Indonesia bersinergi dengan beberapa partner andalan untuk menjangkau pelanggan di Indonesia, baik pelanggan komersial maupun perusahaan. Beberapa partner IBM Indonesia tersebut mencakup PT. Metrodata Electronics Tbk. (Metrodata) dan PT. Sinergi Wahana Gemilang. Metrodata menghadirkan solusi Digital Business Platform Solutions dan Metrodata Managed Service Security Provider yang dibangun pada teknologi IBM.

Baca juga: Red Hat OpenShift Gunakan Pendekatan Cloud-Native Sambil Pertahankan Aplikasi Tradisional 

“Percepatan transformasi digital saat ini memicu kami untuk agile dalam menawarkan solusi-solusi digital yang juga merupakan 8 pilar Metrodata. Teknologi IBM mendukung kami mendukung Aplikasi Mobile Wallet dengan mengintegrasikan back end system yang dijalankan pada platform integrasi IBM. Platform integrasi tersebut mendukung semua transaksi yang sudah bergerak kearah digital (berbasis API). Aplikasi ini merupakan salah satu realisasi sistem pembayaran berbasis API yang sedang dipersiapkan Bank Indonesia. Kami pun memiliki solusi ‘Managed Service Security Provider’ bagi pelanggan Corporata dan Small Medium Business untuk menjaga keamanan bisnisnya,” ujar Sjafril Effendi, Direktur PT. Metrodata Electronics Tbk. 

Solusi Metrodata yang dibangun pada platform IBM

PT. Sinergi Wahana Gemilang (SWG) adalah Value Added Distributor IBM di Indonesia untuk IBM Hardware, Software maupun Services. Inovasi solusi yang dilakukan SWG dibangun pada platform IBM Data & AI: IBM Cloud Pak for Data. Solusi teknologi informasi yang dibangun tersebut untuk mendukung penyebaran bantuan seperti masker dan alat medis. Tujuan dari solusi berbasis analisa data spatial ini untuk mengukur kesiapan menuju kenormalan baru.

“Kami sangat mendukung adanya berbagai inisiatif dan aktifitas bisnis pada berbagai sektor dan Industri. Tentunya dalam menjalankannya, SWG telah dan akan terus berkolaborasi erat dengan IBM Business Partner lain di Indonesia. Kolaborasi ini dilakukan termasuk untuk menghasilkan berbagai inovasi yang menginspirasi baik IBM Business Partner maupun pelaku bisnis di Indonesia. Langkah ini untuk melakukan berbagai adopsi teknologi, sekarang dan di masa yang akan datang,” ucap Chandra Marita Sari, Presiden Direktur Sinergi Wahana Gemilang.

Kiprah IBM Indonesia Bangun Talenta Pendukung Transformasi Digital


Penerapan teknologi canggih membutuhkan talenta-talenta yang kompeten menjalankannya. IBM Indonesia bekerja sama dengan Dicoding sejak September 2020 untuk mencetak talenta-talenta baru. Pada kerja sama tersebut lebih dari 17 ribu peserta yang mendaftar. Sejumlah 6.000 developer baru lulus dalam Create Cognitive Applications, Starting Programming with Phyton dan Machine Learning untuk Pemula.

Baca juga: Huawei Connect 2020 Paparkan Dukungan Transformasi Digital di Berbagai Lini

Fase kedua kolaborasi IBM Indonesia dengan Dicoding adalah kompetisi inovasi bagi para developer muda untuk menciptakan solusi memangaatkan teknologi IBM.Informasi mengenai kompetisi ini dapat dilihat pada situs www.dicoding.com/challenges/640.

Kerja sama juga dilakukan IBM Indonesia dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Dengan menggelar program stimulant Digital Talent Scholarship 2020. Tujuan program ini adalah untuk mempersiapkan talenta andal di bidang data science. Pada program tersebut, angkatan kerja muda dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian di bidang komunikasi dan informatika.

“Kemajuan suatu bangsa dapat berjalan baik jika didukung talenta–talenta terbaik yang mampu berkompetisi dalam era transformasi digital saat ini. Teknologi merupakan sarana pendukung yang bisa terwujud melalui ekosistem yang baik dan talenta yang mumpuni,” lanjut Tan Wijaya.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email