Film James Bond Terkini Dicatut Pelaku Kejahatan Siber, Yuk Waspada! Film James Bond Terkini Dicatut Pelaku Kejahatan Siber, Yuk Waspada! ~ Teknogav.com

Film James Bond Terkini Dicatut Pelaku Kejahatan Siber, Yuk Waspada!

Teknogav.com – Film James Bond terkini, ‘No Time to Die’ yang sudah dinanti-nantikan sejak ditunda tahun lalu akhirnya tayang di bioskop. Sayangnya pelaku kejahatan siber memanfaatkan fenomena ini untuk menjebak penggemar film yang lengah saat berusaha menggali informasi mengenai film ini. Kegiatan yang intensif dari para penipu online menjelang pemutaran perdana film ini berhasil diamati para ahli Kaspersky.

Para ahli Kaspersky menganalisis file berbahaya dan phishing pada web yang disamarkan dengan informasi terkait film terbaru. Terdapat adanya upaya untuk menginfeksi pengguna dengan berbagai jenis malware dan perangkat lunak berbahaya yang berkedok film James Bond terkini. 

Jumlah pengguna yang mencoba mengunduh file-file ini memang tak banyak, tetapi ancaman ternyata tak sebatas adware saja, tetapi juga trojan. Program berbahaya tersebut berisiko memberikan akses ke data sensitif bagi pelaku kejahatan siber. Trojan PSW bahkan dapat mengumpulkan data login dan rasomware.

Baca juga: Tips Menghindari Malware Saat Nonton Film atau Serial dari Web

Contoh situs web phishing yang menawarkan streaming 'No Time to Die'

Sejumlah web phishing yang dibuat untuk mencuri data bank pengguna pun ditemukan oleh para pakar Kaspersky. Situs web tersebut menayangkan beberapa menit pertama dari film ‘No Time to Die’. Kemudian web tersebut meminta melakukan pendaftaran dengan memasukkan data kartu kredit untuk bisa melanjutkan menonton. Sayangnya selesai transaksi dilakukan, pengguna tetap tak dapat melanjutkan menonton. Pelaku kejahatan mendapat uang dari transaksi tersebut, sekaligus mendapat data kartu kredit yang digunakan untuk melakukan pembayaran.

“Berbagai sumber hiburan, termasuk film, selalu menjadi daya pikat penjahat dunia maya untuk menyebarkan ancaman dan halaman phishing. Pemutaran perdana film dan serial TV baru secara online telah memicu minat bioskop dan para penipu online. Tak pelak, pemutaran perdana yang telah lama ditunggu-tunggu seperti 'No Time to Die' menyebabkan kegemparan. Penonton yang terburu-buru untuk menonton film, membuat mereka melupakan keamanan internet. Pengguna harus waspada terhadap halaman yang dikunjungi, tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi dan berhati-hati membagikan informasi pribadi,” ucap Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan di Kaspersky.

Baca juga: Gelar Cyber Security Training 101 Indonesia, Kaspersky Kupas Tuntas Ancaman Siber

Tips Terhindar dari Program Berbahaya dan Penipuan Berkedok Film

Berikut ini adalah beberapa saran dari Kaspersky agar dapat terhindar dari program berbahaya dan penipuan berkedok film populer.

  • Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV. Jika ragu terhadap keaslian konten, maka hubungi penyedia hiburan yang dimiliki
  • Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi. Hanya gunakan laman web resmi dan tepercaya untuk menonton atau mengunduh film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan
  • Perhatikan ekstensi file yang diunduh karena file video tidak menggunakan ekstensi .exe atau .msi
  • Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Security Cloud, yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing

Baca juga: Tips Hindari Jebakan Phishing Saat Work From Home

Demikianlah beberapa tips dari Kaspersky agar terhindar dari ancaman kejahatan siber. Nah, selamat menonton film James Bond ‘No Time to Die’ dari jalur resmi ya.


Share:

Artikel Terkini